Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yanuarajadehAvatar border
TS
yanuarajadeh
Peluang Usaha Susu Kedelai Yang Menggiurkan
Usaha Susu Kedelai

Peluang bisnis yang menggiurkan dengan modal kecil, misalnya usaha susu kedelai mungkin pas dikerjakan oleh usaha rumahan yang baru memulai bisnis. Terlebih bisnis ini termasuk rendah resiko dikarenakan dapat dikerjakan dengan modal kecil.

Walaupun peluang bisnis susu kedelai kecil-kecilan ini terlihat sepele akan tetapi andai mau menjalankannya, maka usaha di rumah tanpa modal besar yang menggiurkan ini bisa cukup membantu memperoleh penghasilan sampingan.

Susu kedelai adalah satu dari hasil olahan dari bahan baku kedelai. Susu kedelai banyak sumber protein dengan susunan asam amino yang sama dengan kandungan protein yang terdapatdi susu sapi. Hal ini membuat susu kedelai sebagai pengganti dari susu sapi, lebih-lebih bagi para konsumen yang alergi pada protein dari susu sapi.

Susu kedelai ini memang bagus untuk kesehatan serta menjadi susu yang amat populer bagi kalangan vegetarian. Banyak kalangan yang suka minum minuman ini dimulai dari anak-anak sampai yang dewasa. Minuman ini mempunyai kelebihan bagi orang-orang yang meminumnya yaitu mengandung sumber protein yang bagus untuk kesehatan badan dan untuk tulang. Selain itu minuman ini juga mampu menangani kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Susu kedelai menjadi minuman yang memiliki nutrisi yang tinggi terlebih untuk kandungan protein. Selain memiliki protein yang tinggi minuman ini juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Mengkonsumsi susu kedelai sama baiknya dengan mengkonsumsi susu sapi. Meskipun bila dibanding dengan susu sapi, harga dari susu kedelai ini lumayan murah.

Minuman ini dapat dibuat dengan cara yang mudah memakai alat juga teknologi sederhana. Ketika membuatnya pun tidak membutuhkan keahlian khusus.

Karena banyak khasiat pada minuman kedelai ini, maka dapat dimanfaatkan sebagai lahan usaha demi memperoleh pundi-pundi rupiah. Peluang dalam usaha susu kedelai ini sangat menjanjikan jika dikerjakan dan gampang untuk dipelajari. Bahan baku dalam membuat susu kedelai ini bisa ditemukan dengan gampang sehingga untuk memulai bisnis susu kedelai ini cukup sederhana.


Persiapan dan Cara Mengawali Usaha Susu Kedelai

Secara umum tak ada persiapan yang rumit dalam membuat susu kedelai. Karena peralatan yang digunakan biasanya berupa alat-alat dapur yang pasti ibu rumah tangga sudah mempunyai alat tersebut. Bahkan banyak yang sudah terbiasa menggunakannya dalam aktivitas masak-memasak di rumah. Alat-alat ini diantaranya:

Blender
Alat yang satu ini wajib dimiliki sebagai modal usaha yang nantinya untuk dipakai tiap kali membuat susu kedelai. Pastinya pilih blender berkualitas baik agar penggunaannya bisa awet. Siapkan dana maksimal 500 ribu maka bisa diperoleh blender dengan merek yang bagus dan awet.

Baskom dan Saringan
Ini juga cukup perlu untuk dimiliki. Penyaring digunakan sebagai alat menyaring susu kedelai biar lembut serta nikmat untuk diminum. Kalau wadah digunakan untuk wadah simpanan sementara hasil saringan susu kedelai. Dengan dana kurang dari 100 ribu untuk bisa mendapatkan dua alat ini.

Corong
Dibutuhkan corong untuk menyajikan susu kedelai yang telah jadi untuk mencegah tumpahnya susu kedelai.

Sendok sayur
Sendok sayur digunakan untuk menyendok bermacam bahan yang digunakan pada langkah produksi susu kedelai agar selalu higienis serta susu bisa tahan lama.

Perlengkapan
Meja
Tempat es
Plastik kemasan
Sedotan

Bahan-bahan
Kedelai 5 kg
Untuk usaha awal cukup siapkan kedelai sebanyak 5 kilogram. Harga kedelai termahal berkisar 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu terpakai untuk membeli bahan kedelai.

Gula dan bahan-bahan lain.
Siapkan dana sekitar 100 ribu untuk membeli gula dan bahan -bahan lain.
Bila ditotal kesemua alat, perlengkapan juga bahan itu maka akan menghabiskan budget tidak sampai 1 juta rupiah saja.

Langkah Membuat Susu Kedelai
Merendam
Cuci bersih biji kedelai dari kulitnya dan setelah itu rendam dalam air bersih selama semalaman.

Menggiling
Setelah direndam, lalu giling biji kedelai menggunakan blender dan saringlah hasil gilingan tersebut untuk memperoleh air kedelainya yang berwarna putih. Sampai tahap ini prosesnya telah 75% selesai.

Merebus
Rebuslah air saringan kedelai tersebut dengan ditambahkan gula dan daun pandan sebagai penyedap. Aduk terus-menerus hingga mendidih selama 10-15 menit dan dinginkan. Susu kedelainya sudah siap untuk dijual dengan memakai plastik yang tadi telah disediakan.

Dalam membuat susu kedelai ini bisa dipermudah dengan menggunakan mesin susu kedelai. Mesin susu kedelai tersebut dapat menggiling kedelai jadi sari kedelai serta menyisihkan kedelai dari sepahnya. Mesin susu kedelai tersebut begitu praktis untuk dipakai juga mempunyai harga yang hemat. Dengan adanya mesin ini pasti pembuatan susu kedelai bisa dijalankan dengan gampang dan cepat.

Mesin pembuat susu kedelai ini bisa ditemukan di Ramesia Mesin. Dapat dengan menghampiri tokonya secara langsung, bisa juga melalui web Ramesia Mesin. Bagi para wirausaha yang akan memulai usaha susu kedelai, kami rekomendasikan untuk menggunakan mesin susu kedelai ini. Mesin dibuat dari komponen yang aman bagi makanan atau food grade dan dapat memproduksi susu kedelai yang steril.

Demikian info tentang peluang usaha susu kedelai. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan mencoba merintis bisnis utamanya usaha susu kedelai di kota purwokerto.

Sedikit tips untuk bisa mendapatkan susu kedelai yang berkualitas, maka pilih juga bahan baku kedelai berkualitas bagus.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.8K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan