Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fintarashihabAvatar border
TS
fintarashihab
Cara memandikan kucing
Sebelum kita memulai memandikan si kucing, kita siapkan alat-alat mandinya seperti di bawah ini.

Persiapan wajib :
Ember berisi air hangat
Sampo kucing, BUKAN sampo manusia. Cek rekomendasi shampo kucing.
Bedak khusus kucing.
Sisir
Blower atau Hair dryer (tergantung kucingnya suka yang mana)
Handuk
Cottonbuds
Handuk lembut/khusus
Opsional :

Baby Oil
Bedak bayi (alternatif bedak)
Kanebo (alternatif handuk)

Siapkan Peralatan Mandi
Sama halnya manusia yang akan mandi, kucing yang akan dimandikan juga perlu dipersiapkan apa saja yang bisa membuat badannya kembali segar dan bersih. Siapkan handuk bersih, sabun, dan sampo kucing di sebelah Anda memandikan kucing. Jangan lupa untuk menyiapkan ember yang sedang sebagai tempat kucing berendam sesaat.

Melihat Kondisi Kucing
Sebelum memandikan kucing kesayangan anda di bak mandi, pastikan kaki belakangnya sudah berpijak pada bak mandi. Peganglah tengkuknya secara perlahan agar kucing dalam posisi tenang di bak mandi. Apabila catlovers mengalami kesulitan, bisa mengajak orang lain untuk membantu.
Lakukan Secara Bertahap
Untuk mengatasi kucing berontak saat dimandikan, coba melakukannya secara bertahap seperti membasahi pada bagian kaki dulu lalu di diamkan sebentar. Setelah itu bahasahi pada bagian lainnya. Saat melakukan proses ini, jangan gugup karena kucing dapat merasakannya dan membuatnya tak nyaman dan ikut gugup juga.

Mencuci Bulu Kucing
Setelah membasahi semua tubuh kucing, hal selanjutnya yakni mencuci bulu kucing dengan shampoo. Mulailah dari bagian leher hingga ekor serta beri beberapa pijatan lembut agar kucing tenang dan memberontak. Hindari menggunakan shampoo di daerah kepala seperti mulut, hidung, mata dan telinga. Karena akan berdampak buruk bagi hewan peliharaan anda. Untuk membersihkan bagian kepala, lebih baik menggunakan lap basah.

Membilas Hingga Bersih
Hal selanjutnya yakni membilas shampoo yang masih menempel pada tubuh kucing dengan air bersih. Setelah itu lakukan membilas kedua kalinya dengan air hangat, agar tak ada sisa-sisa shampoo yang menempel pada bulu kucing.
Proses Mengeringkan Bulu
Proses ini cukup penting agar kucing tak sakit setelah di mandikan. Ambilah handuk bersih dan keringkan semua bagian tubuh kucing dengan menggosok secara perlahan. Lakukan proses ini secara berulang-ulang hingga bulu kucing benar-benar kering dan bersih.

Pastikan bahwa semua bagian tubuh si kucing benar-benar kering dan bersih sebab kalau masih ada bagian yang belum kering atau lembap bisa mendatangkan bakteri atau kutu
0
1.8K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan