si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Kakao, Bahan Baku Coklat Yang Rasanya Nanonano
Halo Brayemoticon-Hai
Siapa yang disini pernah makan buah kakao? Gw yakin paling baru 10% yang pernah makan. Buah kakao ini bisa lo temuin didaerah pergunungan bray. Buat yang belom tau rasanya, rasanya tuh nanonano. Kenapa gw bilang nanonano? Karena gw sendiri ga bisa ngedefinisiin rasa dari buah ini.

Sumber: Google Image

Pas lo gigit daging buahnya bakalan kerasa asin, manis, asem, kecut, dan nyegerin. Kalo ga percaya cobain deh langsung. Saran gw pilih yang warna kuning biar lebih nikmat. Karena kalo lo makan yang warnanya hijau atau keungu-unguan itu tuh masih belom mateng. Walaupun sebenernya menurut gw yang warnanya ungu juga udah enak.

Sumber: bukal*pak.com

Kakao ini yang dijadiin coklat adalah bijinya bukan daging buahnnya. Kalo lo suka makan coklat, pasti yang pertama dipikiran lo adalah rasanya yang manis. Kenapa? Karena dari 100 gram coklat yang lo suka beli di Indoapril atau alfaapril, kandungan gulanya itu sebesar 42,2 gram. Padahal kalo lo tau, biji kakao ini pahit bray. Makanya yang dijemur orang-orang adalah bijinya.

Sumber: beritadaerah.co

Biasanya dijemur sama daging buahnya. Tujuannya biar daging buahnya itu lepas dari biji kakao. Karena daging buah kakao ini susah dilepasin kalo masih basah. Nah biji yang udah kepisah dari daging buahnya bakalan dijadiin bubuk untuk dijadiin coklat.

Dalam 100 gram kakao, mengandung 228 kalori, 20g protein dan 14g lemak total bray. Proteinnya hampir sama kayak 100 gram tempe. Berdasarkan sumber dari Wikipedia kita adalah negara ketiga sebagai pengekspor kakao ini setelah pantai gading dan ghana.

Sumber: Google Image

Tapi ya gitu, entah pemerintahnya yang bloon atau gw yang bloon karena cuma bisa nyinyirin doang. Kakao ini diekspor dalam kondisi mentah. Tau sendirilah kalian, apa yang kita ekspor mentah, bakalan diolah sama negara lain, dan ujung-ujungnya diimpor lagi ke negara kita dengan harga yang lebih mahal emoticon-Hammer2.

Itu aja sih yang pengen gw kasih tau bray, karena biasanya orang-orang mikir kalo coklat itu enak pasti bahan bakunya juga enak. Ya karena pemikiran yang salah itu, gw sebagai penikmat buah ini kalo lagi mudik pengen ngebenerin pikiran yang salah itu. Kalo dari agan sista ada yang pernah ngerasain nanonanonya buah kakao ga? kalo ada tulis di komen ya nanti gw taroh pejwan emoticon-Toast.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh si.pemikir 04-12-2017 00:35
0
7.8K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan