Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Mau Ngekost? Ini Yang Wajib GanSis Pertimbangkan

HOT THREAD KE 77
*27 November 2017*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi

Rumah adalah tempat kita kembali. Kemanapun kita pergi pasti akan kembali ke rumah. Namun jika karena suatu keadaan, bekerja/ kuliah di luar kota misalnya, mau tidak mau kita harus mencari tempat tinggal sementara. Kalau untuk jangka waktu yang pendek sih kita bisa tinggal di losmen atau hotel, tapi jika untuk jangka waktu yang lama, untuk lebih mengirit biaya biasanya kita mencari kontrakan atau kos - kosan.

Ternyata mencari tempat kost yang sesuai dengan keinginan itu nggak mudah loh. Banyak faktor yang harus di pertimbangkan agar nantinya kita nyaman dan betah tinggal di sana. Lalu faktor apa sih yang sebaiknya kita pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan tempat kost?





Lokasi.


Nampaknya faktor utama yang mesti menjadi pertimbangan kita memilih tempat kost adalah lokasinya. Lokasi di sini selain haruslah dekat dengan tempat kerja/ sekolah, tapi juga harus dekat dengan fasilitas penunjang, misalkan kalau kita memasak makanan sendiri ya mesti dekat dengan pasar supaya untuk belanja keperluan dapur lebih mudah. Atau jika kita makan di luar, dalam artian tidak memasak sendiri, tentu harus dekat dengan orang yang jual makan, sehingga kalau sewaktu - waktu lapar tidak perlu repot jauh - jauh mencari tempat makan.

Fasilitas.


Fasilitas menjadi pertimbangan kedua dalam memilih kost. Karena ini yang akan menentukan kenyamanan dan kekerasanan kita. Kita musti memastikan dulu fasilitas apa yang akan kita dapat. Selain fasilitas utama, juga fasilitas pendukung, semisal tersedia wifi gratis atau tidak, biaya listrik sudah include dengan biaya sewa atau belum, menggunakan AC atau kipas angin, dan sebagainya.

Biaya sewa.


Sebenarnya faktor dalam memilih tempat kost serba saling terkait. Biasanya semakin tinggi biaya sewa yang kita bayarkan, makin bagus tempat yang kita dapatkan, meskipun tidak selalu juga sih. Mahal bisa jadi karena letaknya yang strategis, atau fasilitas yang di tawarkan, misalkan jika ada kamar mandi dan dapur di dalam ruangan biasanya harga sewanya lebih mahal di banding dengan yang fasilitas dapur dan kamar mandinya di luar. Bisa jadi mahal karena tempatnya yang nyaman.

Keamanan.


Satu hal yang juga tidak kalah penting yaitu faktor keamanan. Di lingkungan tempat kost tersebut sering terjadi kehilangan atau tidak, ada satpamnya atau tidak, atau juga terdapat fasilitas pendukung seperti CCTV yang bisa merekam segala gerak - gerik penghuni ataupun tamu kost. Jadi kalaupun kita meninggalkan kamar kost kita untuk beraktifitas, akan terasa lebih aman. Dan jika kita punya kendaraan, keamanan tempat parkir juga harus di pertimbangkan.

Tetangga kost.


Sebelum memutuskan untuk memilih kost, ada baiknya menyelidiki dulu orang - orang yang akan berinteraksi dengan kita nantinya. Ini yang sering di abaikan oleh kebanyakan orang. Misal, kalau kita butuh ketenangan, sudah barang tentu jangan dekat dengan tetangga kost yang punya balita. Atau juga faktor X lainnya. Misalkan jangan sampai kita punya tetangga kost yang suka ngutang tapi susah bayarnya. Atau punya tetangga yang sukanya nyinyir.

Campur atau tidak?


Buat kalian terutama sista, kebanyakan nggak nyaman kalau harus tinggal serumah (baca: se-kost) dengan cowok. Jika demikian, ada baiknya memilih kost yang khusus hanya menerima cewek saja. Karena kadang ada saja pemilik kost yang menerima siapapun yang berminat ngekost di tempatnya, yang penting kost penuh. Tidak peduli cowok atau cewek atau bahkan mereka yang sudah berumah tangga.






Tinggal di kost memang tidak senyaman di rumah sendiri. Dengam tempat yang terbatas, kita musti pintar - pintar mengkondisikan seolah - olah kita sedang tinggal di rumah sendiri. Apalagi buat anak kost yang belum berpenghasilan dan cuman bisa mengharap kiriman dari orang tua, mesti lebih pinter lagi memanage keuangan agar jangan sampai kalau di hari biasa makan 3 hari sekali tapi di akhir bulan jadi 3 hari sekali. emoticon-Ngakak (S) So, memilih kost menjadi salah satu cara agar bisa tetap survive di akhir bulan. Kalau sudah tau budget dari orang tua pas - pasan, ya nggak perlu cari kost ber - AC, atau yang ada fasilitas wifi gratis. Dan yang bisa jadi salah satu pertimbangan lain, ada baiknya GanSis meminta rekomendasi teman / rekan kerja yang sebelumnya sudah ngekost di daerah setempat sebelumnya. Semoga bermanfaat.

:monggo




emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Opini dan pengamatan TS




Diubah oleh powerpunk 27-11-2017 10:30
0
12.6K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan