Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
INILAH DOKUMEN PENTING YANG JARANG DIBACA ORANG

Quote:

Berdasarkan 3 definisi di atas, dapat dipahami bahwa dokumen adalah SURAT PENTING DAN BERHARGA, yang seharusnya DIBACA dan DIPAHAMI, lalu disimpan dan diingat dengan sebaik-baiknya.

Namun sadarkah Agan-Agan, bahwa kita sering TIDAK MEMPERHATIKAN apalagi MEMBACA dokumen-dokumen penting yang sangat berguna dalam keseharian kita itu?

Apa saja dokumen penting yang sering terabaikan tersebut? Cekidot, Gan!

1. Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan, atau istilah kerennya Terms and Conditions, atau License Agreement, adalah semacam MoU yang harus ditandangani secara manual atau digital sebagai sebuah perjanjian sepihak, bahwa user tunduk kepada syarat dan aturan yang dibuat oleh pihak kedua.

Terms and Conditions ini selalu disodorkan setiap kali kita mau menginstal sebuah aplikasi PC maupun Android, atau ketika akan membuat sebuah Akun pada sebuah situs Web, seperti FB, Kaskus, dan lain-lain.

Pada umumnya user langsung menandatangani dengan mencentang pada kotak SETUJU untuk menginstall atau membuat akun tersebut, tanpa membaca dengan cermat isi Syarat dan Ketentuan tersebut. Padahal ini sangat penting untuk dibaca, agar jangan sampai Akun diblokir/ditutup karena telah melanggar Syarat dan Ketentuan yang telah disetujui itu.

2. User Guide Manual

Jika Agan-Agan memberi peralatan eletronik termasuk Gadget, biasanya selalu disertakan buku panduannya yang biasa disebut User Manual atau User Guide. Buku itu sangat penting, karena di dalamnya berisi petunjuk instalasi, cara pemakaian, informasi fitur, warning, troubleshot, dan sebagainya. Namun buku petunjuk ini juga sangat jarang dibaca orang, bahkan tidak pernah dikeluarkan dari kardusnya. Padahal, jika terjadi kerusakan ringan pada perangkat, biasanya cara memperbaikinya sudah ada dalam buku panduan tersebut.

3. Struk ATM

Setelah bertransaksi melalui ATM, biasanya ada Struk yang menjadi bukti atas transaksi yang telah dilakukan. Kebanyakan orang tidak membaca isi Struk tersebut, bahkan langsung membuangnya. Padahal ini adalah dokumen penting yang harus disimpan. Jika terjadi masalah dengan transaksi yang barusan terjadi, Agan-Agan bisa menunjukkan Struk tersebut sebagai bukti otentik, sehingga permasalahan bisa ditangani pihak Bank lebih cepat.

Nah, setelah mengetahui pentingnya membaca isi dokumen-dokumen tersebut, masihkah Agan-Agan enggan untuk membacanya?
Spoiler for Referensi:
Diubah oleh Aboeyy 01-04-2018 15:07
0
14.4K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan