kimpet.sekecoAvatar border
TS
kimpet.sekeco
Bikin KTP, Warga Kampung Walang Jadi Korban Pungli

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Lurah Ancol, Sumpeno



WARTA KOTA, PADEMANGAN - Warga
Kampung Walang , kolong Tol Lodan, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara menjadi korban praktek pungutan liar oleh oknum RT terkait pembuatan KTP .

Padahal Pemprov DKI Jakarta tidak mengenakan biaya untuk hal tersebut.
Salah seorang warga berinisial T (33) mengungkapkan bahwa warga di kampungnya kerap dipungut biaya saat mengurus surat kependudukan seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga.

Pungutan yang dikenakan bervariasi tergantung permintaan oknum tersebut.

"Jumlah uang yang diminta nggak merata, tergantung dia maunya berapa. Ada yang diminta Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. Warga di sini kan memang kebanyakan dari kampung, jadi musti bikin KTP ," ungkapnya, Selasa (21/11).

Menurutnya, pungli tersebut dilakukan oleh oknum RT di RW 02 Ancol. Pasalnya warga selama ini memang tidak bisa berkutik lantaran di lingkungannya sampai sekarang tidak memiliki kepengurusan RT/RW.

"Jadi karena di sini tidak ada RT/RW, kita numpang ke RW 02 Ancol. Nah di sana ada oknum memungut biaya ke kita kalau mau bikin surat kependudukan. Padahal kan kalau mau bikin, nggak ada biaya sama sekali," ujarnya.

Lurah Ancol, Sumpeno menampik praktek pungli itu terkait dengan petugas Kelurahan Ancol. Pasalnya dalam melakukan pelayanan, pihaknya tidak pernah meminta sejumlah uang atas berbagai macam pembuatan surat kependudukan.

"Mungkin itu buat dana operasional si RT yang mengurus surat kependudukan, mungkin buat transport bolak-balik ke kantor kelurahan. Kalau kita kan nggak mengenakan biaya, semuanya gratis," ucapnya.

Sumpeno pun mengimbau agar warga yang hendak mengurus surat kependudukan seperti
KTP dan Kartu Keluarga supaya melakukan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain untuk hindari praktek pungli .

"Memang kan untuk Kampung Walang , merupakan wilayah yang tidak memiliki kepengurusan RT/RW. Sehingga untuk keperluan mengurus surat kependudukan harus menumpang ke wilayah terdekat dalam hal ini RW 02," ujarnya.



http://wartakota.tribunnews.com/2017...-korban-pungli

0
2.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan