CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Automagic - Automate with pleasure!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59651259a2c06ec2098b4568/automagic---automate-with-pleasure

Automagic - Automate with pleasure!

Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 36
Quote:



wah sayang banget klo fungsi fungsi itu hilang.
btw google nya sendiri ada gak aplikasi seperti automagic gini. padahal menurut ane yg masih tau sedikit tentang automagic, ini aplikasi keren banget. apalagi klo sampai udah paham semua fitur yg ada didalam nya.
Quote:

Martin sih pasti ga mungkin hapus fitur tu. Dia belum pasti keputusannya gimana. Tapi solusi terakhir, dia akan upload 2 versi. Yang ke playstore tanpa acc. Lalu nanti dia sediain lagi apk terpisah tanpa license verification di website nya sendiri, tapi ada acc nya. Ya, begitulah, google jadi membuat dev kehilangan salah satu sumber mata pencaharian. Karena malah yang di luar playstore lebih powerful dibanding yang di playstore, orang jadi cuma download langsung dari website nya donk. Entar development nya jadi berkurang, jadi ga bisa nambah banyak fitur baru.

Makanya ane sendiri sering ke website nya bantu2 jawab pertanyaan dari user lain. Soalnya kadang sekedar balas post di forum gini, ketiknya bisa berjam2 lo. Bayangkan kalau waktu tu digunakannya untuk coding, kan uda bisa racik fitur baru lebih banyak. Jadi ane sekalian bantu dia, juga ikut belajar untuk ane sendiri. Ide2 user di sana selalu membuat ane keluar dari tempurung, jadinya bisa nambah wawasan.
baru mau belajar automagic udah mau dilibas aje emoticon-Hammer

napa devnya ga mau pasang di f-droid ya ?
Quote:

Gapapa gan, ane juga terlambat 3 tahun (duluan belajar tasker). Tapi setidaknya lebih baik terlambat daripada ga pernah coba emoticon-Big Grin

Ga bisa taruh di f-droid, kan ga mungkin dia open source app nya. Mah uda ga ada donk pendapatannya lagi. Kecuali yang memang awalnya free. Malah banyakan yang uda niat free tu, langsung taruh di xda ja. Lebih gampang maintain karena memang uda sarang developer.
Ijin ikutan belajar gan.
jadi ane kan kerja di sebuah sekolah gan. Mungkin gak ya misal kita bikin bot autorespond gitu misal ortu pengen tau anaknya dah bayar SPP apa belum tinggal kirim chat dengan keyword tertentu trus si automagic ini search di database (csv mungkin) dan mengirimkan hasilnya ke yang bersangkutan.
Quote:

Bisa. Misalnya taruh sebuah HH dengan whatsapp dengan nomor tertentu dan kasih akses internet (bisa dari wifi ataupun kartu). Lalu perlu ada databasenya yang memang uda dicopy ke HH nya secara berkala (misalnya update sehari sekali). Database bisa dalam bentuk csv hasil export dari excel, atau bisa juga text murni, XML/JSON (tergantung program utamanya bisa seperti apa). Nanti setiap ada query chatting dari ortu kirim dengan format tertentu, misalnya Nomor induk siswa dan bulan; Automagic akan otomatis parsing data dari notification whatsapp dan ambil data ini, lookup di database. Kemudian status pembayaran, jumlah bayar, tanggal bayar dan keterangan akan muncul dan dikirim ulang ke pengirim via whatsapp juga.

Tapi..... Kalau memang ada keperluan seperti ini, bagusan jangan pake automagic. Ini uda termasuk business grade, meskipun mungkin masih skala SMB (Small Medium Business). Dev nya sendiri sudah kasih tau kalau server nya ini hanya untuk testing dan generik purpose, bukan untuk running 24 jam tanpa ada error. Lagian prosesnya dari notifikasi ampe kirim ulang balik datanya ke pengirim tu makan waktu beberapa detik. Kalau ada request beruntun, ada kemungkinan control ui nya tidak berfungsi baik.

Ok lah, mungkin agan dan ortu nya tidak masalah dengan delay dikit. Tapi masuk ke problem berikutnya, agan perlu pikirkan faktor security supaya tidak semua orang bisa akses sembarangan. Agan ga mau kan karena ada yang tau nomor telepon ini dan tau Nomor induk nya, bisa sembarangan query data nya. Mungkin kita merasa, ah kan cuma data SPP doank. Tapi ingat, semua jenis security issue akan berpotensi merusak sampai tahap tertentu. Agan ga tau misalnya suatu saat ada yang menggunakan fitur ini untuk hal yang jahat. Misalnya ada temannya yang tau kalau ortunya selalu kasih anaknya A untuk bayar SPP di tanggal 1. Tapi ada temannya pas lagi butuh uang, ngecek ke whatsapp ini dan tau ternyata A belum bayar. Berarti uangnya mungkin masih ada di tas atau tempat lain. Karena tau ada uangnya, terjadi hal2 yang diinginkan, dengan bantuan konfirmasi dari server tu. Atau mungkin dalam kasus lain, ada yang ngecek semua pembayaran siswanya, dan setelah tahu banyak yang uda bayar, mereka asumsi di kasir akan ada banyak uang. Tau sendiri kan apa yang terjadi selanjutnya.

Intinya mo buat sistem seperti ini, juga harus pikirkan keamanannya. Kadang banyak yang lalai di sini, dan jadinya suatu hari meledak jadi masalah besar. Berarti nanti perlu buat kayak password dan kayak login gitu lagi. Jadi semua nomor yang mo ngecek harus uda didaftarin dan ada kode unik yang harus mereka sertakan pas mo query. Tapi kelemahannya adalah password mereka terpampang begitu aja di whatsapp mereka. Meskipun memang transmisi dari HH ortu ke server HH ini sih pasti secure end to end. Kalau ada yang minjam HP mereka, bisa dengan gampang diintip. Jadi keamanannya juga rendah.

Masalah lain lagi adalah gimana cara update databasenya dari sistem yang sudah ada. Ane ga tau tu di kasir nya data pembayaran siswa pake apa. Tapi kalau misalnya hanya excel biasa, berarti harus ada yang export nanti database excel ini jadi file csv. Lalu nanti bisa dibuat sih otomatis HH nya retrieve data langsung ke csv tersebut. Tapi ini berarti jaringannya harus nyambung ke kasir juga. Yang mana berarti membuka celah donk. Ada beberapa kantor ataupun organisasi yang melarang HH untuk konek ke jaringan kantor; harus dipisah.

Kalau ini untuk proyek pribadi, tanpa melibatkan kepentingan orang banyak; ane sih OK2 aja. Tapi kalau uda mulai menyangkut orang banyak, apalagi berhubungan dengan uang; perlu dipikirkan matang2 sebelum implementasi. Perlu cek plus minus sistem ini sebelum benar2 diterapkan. Daripada nanti jadi proyek terbengkalai, malah jadi nambah catatan prestasi buruk.
Otomasi tergatung event atau parameter dan bisa voice command gitu ya? emoticon-Belo
Ijin nyimak dulu suhu emoticon-Traveller
Diubah oleh ventisca
Makasih gan replynya.
Sekolah kita dari awal emang selalu pengen nyoba teknologi yang mungkin baru di daerah kita, misal kayak SMS gateway yang fungsinya kurang lebih buat pengumuman, undangan maupun laporan nilai, keuangan maupun absensi yang dikirimin harian ke masing masing walimurid atau mereka bisa akses sendiri dengan keyword tertentu dan sms gateway akan menjawab requestnya.

Nah sejak Agustus kemaren kita coba secara bertahap pindah ke whatsapp karena setelah kami survey ada sekitar 90% wali kami menggunakan whatsapp. Dengan berbagai macam pertimbangan mulai dari sisi kepraktisan, ekonomis dll. maka kami mencoba WhatsApp sebagai sarana untuk nyebarin informasi.

Dari awal SMS gateway sampe sekarang pakai WhatsApp kita pasti ngasih manual plus persetujuan/ijin walimurid, salah satunya yang agan sebut diatas yaitu keamanan dan hasilnya gak ada yang menolak dengan sistem seperti itu, justru mereka sangat mendukung karena bisa memantau aktivitas akademik anak anak mereka (70% siswa disini berasal dari luar kota dan tinggal di kost atau asrama)

Untuk server kami pakai emulator nox yang on 24/7. Update nilai, keuangan maupun absensi kami masih manual, artinya diinput ke file excel jadiin csv baru kita send massal pake emulator+imacros+chrome. Dengan sistem seperti ini saja walimurid sudah sueneng banget gan. Nah kami gak pengen berhenti di situ. Kami juga pengen sebenernya bikin BOT yang siap ngelayanin request wali kapanpun menyangkut info pribadi siswa (nilai, absensi maupun keuangan).

Sekali lagi makasih banyak gan reply nya
NB: Ane japri ya gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh shinezz
Quote:

Voice command tu cuma salah satu nya, tapi bisa lebih jauh dari tu.
Quote:

Oh, agan uda ngerti soal gini dan uda pernah terapkan yang serupa, sih uda lebih gampang. Ane tetap milih bahas dimari aja. Jadi diskusinya tidak hanya bermanfaat buat kita ja, tapi juga bisa referensi agan lain nantinya. Yang paling penting ya pas bahas dimari, jangan pake data asli atau data sensitif emoticon-Big Grin Buat contoh data aja.

Disclaimer
Kalau semua uda lebih memandang nilai plus daripada minusnya, ya bisa diupgrade. Yang penting, agan tetap wajib kasih disclaimer tambahan lagi. Bahwa sistem yang sekolah agan buat tu : disediakan apa adanya dengan tujuan "mempermudah" ortu memantau aktivitas anak mereka. Sekolah dibebaskan dari semua tuntutan yang mungkin terjadi karena penyalahgunaan ataupun kelalaian pengguna dalam menjaga keamanan password mereka sendiri. Dengan melanjutkan, berarti anda setuju dengan kondisi dan peraturan ini. Kata2nya ya kurang lebih seperti itu, konsultasikan dengan ahlinya. Tetap mesti dibuat ya. Ya sama seperti kita buat account email, kaskus dan sebagainya. Tetap harus ada term & condition yang harus disetujui. Nanti buat formalitas gimana cara bagusnya supaya ortu ngerti tentang ini (mungkin agan uda lakukan sih). Baik mo secara terang2an (misalnya suruh tandatangan di form atau list), atau sekedar pemberitahuan melalui whatsapp, ketika mereka pertama kali terdaftar di whatsapp gateway ini. Ini adalah asuransi agan, tidak ada yang tahu apa yang terjadi di kemudian hari.

Server
Kalau uda pake nox, sih uda lebih reliable. Ane anggap listrik dan UPS di sana uda lengkap, berarti server sudah ready secara resource. Ya down2 bentar, atau maintenance pas malam sih ga gitu masalah. Kan lingkupnya masih sekedar sekolah, bukan manca negara. Dan bisa ditambahkan juga kok ke terms nya, bahwa "pihak sekolah akan melakukan maintenance dari waktu ke waktu untuk menjaga database tetap terupdate". emoticon-Big Grin

Sandbox
Untuk databasenya usahakan untuk nox ini aksesnya hanya ke data dia sendiri. Bikin partisi terpisah atau folder terpisah yang permission hanya untuk nox. Kalau mo update database harus one way dari PC lain yang kirim dan gantiin file di PC yang host nox. Memang bisa sih automagic yang narik sendiri datanya, tapi bagusan tetap automate nya dari PC lain. Soalnya agan ada expose ini ke luar. Harusnya kalau ada yang terekspos ke internet, tu harus diisolasi (sandbox) dan ditaruh di DMZ, ada spesial firewall ataupun router yang memisahkan antara jaringan internal dengan device yang terekspos ini. Meskipun eksposnya cuma ke whatsapp, tapi kita kan ga tau apakah ada kemungkinan exploit di kemudian hari. Bisa dari whatsapp nya, automagic nya, nox nya, atau PC yang host nya. Dengan isolasi, kalau seandainya terjadi sesuatu pun, yang down cuma server nox ini; tidak sampai merusak jaringan lokal.

Teknis
Mengenai konsep grand design nya, seharusnya agan uda tau lengkap. Sekarang tinggal masalah teknis, gimana menuangkan idenya dalam automagic dan integrasinya. Untuk itu, agan perlu testing dan membiasakan dulu dengan automagic. Ane juga belajar sendiri dan banyak ke forum automagic nya, sambil membantu agan di sana, sambilan ikut belajar juga. Tidak ada manual/tutorial yang lengkap, meskipun memang dokumentasi dari dev nya cukup lengkap. Tetap kita sendiri yang perlu tes langsung untuk dapat feelnya.

Untuk itu, karena dari sisi automagic yang masih kurang, ane sarankan agan untuk tes beberapa bagian nya secara terpisah. Nanti baru digabung jadi kesatuan flow yang lengkap.
1. Pertama tentunya pengenalan dengan automagic. Bisa liat di pejwan, ane uda kasih beberapa link untuk tutorial awal dan dokumentasi penjelasan masing2 fungsi dari automagic. Ane juga ada buat index di forum automagic juga. Memang panjang sekali. Awal pake automagic, ane perlu waktu sekitar 4 hari (baca2, istirahat, main game, baca lagi gitu) untuk menyelesaikan semuanya. Tapi dengan startup awal gini, ane benar2 dapat boost banyak banget konsep dasarnya. Setelah tu baru mulai buat flow sederhana. Lalu lanjutkan ke hal yang berhubungan dengan proyek agan ini.

2. Trigger Notification on Status bar. Ini nanti untuk awal flow nya, mengambil isi chatting dari ortu ke whatsapp nox nya. Kalau tidak sesuai format, tidak akan diproses, didrop aja. kalau pengirimnya juga tidak ada dalam daftar, juga diabaikan. Attach sebuah condition debug dialog ke trigger ini, jadi bisa keliatan hasil intercept notifikasinya jadi seperti apa. Nanti agan perlu mikirin kira2 gimana string untuk ngeceknya, termasuk passwordnya. Dari notifikasinya ini, nanti jadi command ortu untuk ngecek apa.

3. Setelah agan tau variable hasil, nanti bisa mulai ditambahkan script untuk menambahkan notification whatsapp ini ke list global variable tertentu, misalnya global_command_query. Setiap notifikasi masuk, akan langsung masuk daftar antrian.

4. Agan perlu tes cara kirim whatsapp dengan menggunakan Start Activity dan Control UI untuk konfirm send nya. Whatsapp ada API nya untuk ini, bisa liat contohnya di forum automagic langsung. Ane juga pake metode ini untuk bisa langsung share clipboard ataupun kirim pesan otw ke keluarga.

5. Bagian terakhir paling sulit dan akan berhubungan dengan script panjang. Karena di bagian inilah agan akan init database csv nya dan akan dipisah menjadi map dan list yang bisa dilookup (seperti vlookup di excel). Kalau agan mahir excel (vlookup, index, name range, if, replace/substitute, concatentate, formatting), akan sangat mempermudah memahami konsep map dan list di automagic. Soalnya ada banyak sekali yang sangat mirip, bahkan termasuk dateformat atau numbering formatnya. Dari database ini nantinya baru dicocokkan dengan query command whatsapp tadi. Kalau ortu minta "nilai", nanti cari query nya di map nilai. Kalau "SPP", cek di map pembayarannya.

Bagian ini memang perlu agan kerjakan sendiri. Ane bisa membantu kalau misalnya buntu, scriptnya ga jalan atau tidak berfungsi sesuai yang diharapkan. Tapi kebanyakannya tetap mesti agan tes sendiri. Karena pastinya ada data sensitif dan tidak boleh sembarangan orang yang handle. Untuk beberapa konsep scriptingnya, bisa liat di index ane di forum automagic. Ada beberapa cara2 unik ataupun sederhana untuk memisahkan string ataupun mengelompokkan data dalam satu variable.

Testing script ini akan sangat terbantu jika agan pake condition debug dialog. karena setiap pake script, bisa diliat hasil variable nya jadi seperti ini. Agan buat semua scriptnya secara terpisah dulu. Nanti sudah yakin benar, baru digabung jadi satu script panjang dengan komen2 untuk menjelaskan fungsi dari setiap bagian. (kalau ga dikasih komen, entar susah debugging pas ada error).

---------------------------------------
Eventghost
Berhubung agan juga uda mulai main2 dengan automation, bisa tes juga software Eventghost di windows. Tidak seintuitif Automagic, tapi Automagic bisa "berbicara" dengan webserver nya eventghost melalui HTTP request. Komunikasi bisa bolak balik, jadi bisa menjadi perantara antara nox dan PC lain. Tapi tentunya ingat sandbox di atas. Komunikasi akhirnya haruslah hanya one way dari eventghost ke Automagic di nox; bukan sebaliknya.

Tambahan
Ada masih banyak sih yang bisa ditambahin. Ane juga kepikiran ampe bisa buat report otomatis. Karena automagic ada support image combine. Jadi bisa set satu gambar jadi template. Entar pas query minta "report", automagic akan fill widget nya dengan data2 di kolom2 kosong nya, dan combine ke templatenya. Baru gambar ini yang dikirim via whatsapp. Cuma ini sudah jauh lebih ribet dibanding konsep awal. Karena widgetnya mesti didesain pas sekali ke template gambarnya.

Atau bisa juga buat laporan khusus untuk kepala sekolah. Kan kadang malah orang dalam yang pengen tahu status terbarunya. Bisa juga mungkin buat jadi statistik, misalnya total nilai siswa ini dibandingkan dengan rata2 kelasnya atau rata2 satu angkatan. Siapa dapat nilai tertinggi, top 5, nilai perfect dalam mata pelajaran tertentu. Tapi kalau uda ampe gitu, kayaknya bagusan buat website aja kali ya emoticon-Ngakak (S) Bedanya kalau pake website, mesti beli domain dan perlu beli https nya lagi (kalau ga, ya dibobol donk).
Baru kali ini ane ngaskus dapat reply selengkap reply agan. Bener bener mantap. Yang jelas ane mesti banyak belajar ni gan. Walaupun pelan sih belajarnya karena siang banyak waktu tersita buat ngajar.
Makasih ya gan sekali lagi
Quote:


pasti baru kenal agan desmanto yah emoticon-Big Grin
liat aja trit buatannya dia di trit andromax ato pureshoot itu kalo dia jawab uda kaya kamus emoticon-Ngakak :Peace
tapi justru itu yg bikin suka hehehe
Kebetulan ane agak capek juga kalo baca pake HH, pedih ui mata. Jadi ane minta ijin ya gan buat ane print, ane masukin word jadiin PDF. Barangkali ada yang senasib ama ane monggo filenya.
Maaf sekali lagi, lancang bikin pdfnya emoticon-Big Grin
Page One versi PDF
Quote:


Mantap, ijin comot gan

Sekalian mau nanya ama suhu² disini
Lagi belajar nih, niat nya kalo ada pop up wa langsung bisa ke klik view nya

Spoiler for tes:
gan kalo panggilan macam whatsapp itu masuk nya trigger apa ya ? ane mau bikin flow record untuk panggilan macam whatsapp gitu terus diupload ke google drive gan, nah ane pernah coma trigger app task running, apakah bisa jika 2 package di pakai dalam 1 trigger itu ? mohon maaf jika pertanyaan saya membingungkan gan hha keren juga ni app ane baru tau ada beginian
Quote:

Agan bisa pake mo berapapun trigger dalam satu flow, tentunya sesuai keperluan aja. Ane punya flow dengan 11 trigger, ada beberapa yang 5-8 trigger (gabungan beberapa flow).

Untuk trigger call dari app socmed, mesti pake UI Event, detek kata2 tertentu di bagian call. Tu perlu aktifkan accessibility untuk Automagic dulu. Tapi khusus untuk Whatsapp, karena ane juga pake dan ada beberapa flow berkaitan dengan ini, bisa pake UI event - Announcement.
Trigger : UI Event
Event Type : Announcement
Package Name : com.whatsapp
Text - contains text : WHATSAPP VOICE CALL

Dari sini bisa langsung rekam. Tapi harusnya perlu lewat Control UI dulu, menunggu hingga tombol swipe up answernya hilang (panggilan dijawab). Perlu tahu dulu bahwa untuk start recording audio tu belum tentu bisa rekam. Sejak adanya SE linux, uda ga bisa rekam internal audio lagi, cuma bisa rekam dari microphone. Dan agan juga ga bisa rekam lewat microphone, karena mic stream nya dilock usage nya oleh whatsapp (ya jelas). Makanya perlu pake audio source lain.

Pas ane tes tadi, cuma Camcorder dan Voice recognition yang bisa. Itupun pun cuma bisa rekam suara kita doank. Jadi kalau mo rekam suara lawan bicara juga, agan mesti selalu teleponnya dengan loudspeaker. Jadi suara dari speakernya juga ikut terekam (termasuk noise di sekeliling)

Untuk berhenti rekamnya juga perlu detek pake Control UI, detek tombol end call nya kalau uda ilang, berarti uda selesai. Baru stop recording. (dan dilanjutkan kirim ke google drive).

Flow bisa diextend, untuk ngecek caller nya. Jadi hanya contact tertentu yang akan direkam. Untuk bagian Control UI mungkin akan agak bingung. Jadi abaikan dulu aja, tes dulu apakah kurang lebih flow nya uda berfungsi sesuai yang diinginkan. Kalau agan rasa cocok, baru nanti bahas Control UI nya.

==================================
BTW, ada kabar melegakan mengenai accessibility yang akan diblock google bulan lalu.emoticon-I Love Indonesia Uda dari minggu lalu sih, tapi ane ga post dimari. Google memperbolehkan app nya tetap eksis untuk sementara waktu ini, selama mereka kasih warning secara eksplisit ke user. Lalu untuk app yang pake accessibility untuk hal kreatif, boleh menjelaskan secara detail kemungkinan penggunaannya. Google akan mempertimbangkan apakah appnya akan diberikan dispensasi khusus, sehingga tidak harus hanya dipake untuk orang cacat saja. Intinya kalau dev bisa menyakinkan google, app mereka akan aman2 aja di playstore. Ane ampe langsung buat trit contoh penggunaan control UI dan UI event supaya Martin bisa buat list nya kirim ke google.
Quote:


gan bisa minta ss flow nya ga untuk control UI saya blm ngeh gan
Quote:

Tadi ane tes lagi flownya. Mubajir pake UI Event, bahkan ga perlu pake Control UI. Ane ga jadi SS deh. Triggernya pake Notification Displayed on Statusbar aja. Filter package Whatsapp dan textnya : Ongoing voice call

Karena agan pengennya rekamnya setelah teleponnya konek. Dan pas telepon konek tu notification akan muncul. Jadi lebih cocok pake trigger tu. Setelah tu langsung Start Audio Recording, centang show stop button nya. Agan tes dulu flow sederhananya ini.

Kalau uda bisa konek, baru kita tambahkan sleep 1 detik, condition check notif whatsapp tadi, dan loop selama masih ongoing. Kalau uda ga ada lagi (end call), baru stop recording.
Quote:


boros batre ga sih gan kalau ngeloop buat cek kondisi whatsapp msh sdg dalam status ongoing vc? tp coba aja dulu ya mungkin interval waktu nya di perbesar aja kali misalkan jadi 5 detik sekali. function sleep itu untuk menghentikan flow sementara ya gan ?
Quote:

Ga boros, karena loop nya kan pas HH masih dipake. Pas telepon via WA, koneksi wifi/data nya, whatsapp nya sendiri, mic nya, speakernya tu semua makan batere jauh lebih banyak daripada loop nya itu sendiri.

Iya, sleep memang memberi jeda, pause gitu. Interval sleep nya set 1 detik aja. Jadi latency max, setelah end call, max 1 detik, recording berhenti. 5 detik kelamaan. Sleep cuma makan beberapa CPU cycle, dibanding panggilan WA nya sendiri mungkin makan jutaan CPU cycle, jadi hampir ga ngaruh diset jadi sleep 1 milidetik sekalipun.
Quote:


ane msh bingung konsep loopingnya gan apakah pake action script ? minta tutor nya dong gan hehe sori ane banyak nanya
Halaman 11 dari 36


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di