Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kimpet.sekecoAvatar border
TS
kimpet.sekeco
Kata Anies Mulai Januari 2018, Jakarta Bakal Repot Atasi Bencana Banjir
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DKI Jakarta bakal memasuki puncak cuaca buruk dan musim penghujan dalam beberapa bulan ke depan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan hal itu saat apel kesiapsiagaan bencana di Silang Monas, Sabtu (18/11/2017) pagi.

Anies mengatakan curah hujan diprediksi mulai tinggi pada dasarian kedua (sepuluh hari kedua) pada bulan November dan puncaknya terjadi pada dasarian kedua bulan Januari 2018.

Dia memperkirakan petugas penanggulangan bencana di Jakarta bakal akan paling repot mengatasi banjir.

Perkiraan itu berdasarkan hasil proyeksi Program Studi Metrologi ITB dengan model Smart Climate Model.

Informasi menjadi dasar BPBD Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi dengan SKPD terkait penanggulangan kedaruratan bencana.

Percepatan penyelamatan korban bencana menjadi sorotan Anies dan jajaran Pemprov DKI Jakarta dalam apel pagi ini.

Anies menambahkan dalam upaya mengatasi permasalahan banjir, diperlukan mitigasi structural dan nonstruktural meliputi regulasi, kesiapan personil, sarana dan prasarana yang harus benar-benar siaga penuh kapan dan dimanapun dibutuhkan di dalam penanggulangan bencana.

"Saya berharap dalam mengantisipasi penanganan bencana di Provinsi DKI Jakarta haruslah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Prioritaskan rasa aman, bantu warga tanpa pandang status, termasuk para kaum disabilitas yang termarginalkan," tambah Anies.

Anies pun memerintahkan laporan siaga bencana harus bersifat _real time_ dan komunikasi harus aktif dilakukan baik itu secara tradisional menggunakan kentongan maupun _SMS Blast_ serta alat _Disaster Warning System_, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana dapat memperoleh informasi sebelumnya.

Anies berharap para RT maupun RW di tiap wilayah mau mengeluarkan sedikit uang mengaktifkan kembali kentongan-kentongan yang banyak hilang.

"Saya minta kita bekerja tuntas ikhlas untuk Jakarta dan menjadikan Operasi Siaga Ibukota ini momentum untuk menciptakan Jakarta sebagai kota Maju, lestari dan berbudaya, yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua," ucap Anies.

Dalam apel itu Anies lantas langsung meninjau 50.000 personel dari berbagai elemen di tingkat kota dan jajaran SKPD Provinsi DKI Jakarta, serta organisasi-organisasi masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana.

Anies juga meninjau kendaraan mobil dan perahu yang digunakan untuk percepatan penyelamatan korban bencana.(Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw)




http://m.tribunnews.com/metropolitan...bencana-banjir
0
2.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan