Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jeansobekAvatar border
TS
jeansobek
Menilik Asal Usul Bakpao yang Jadi Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Si Papah!


Pernah Makan Bakpao Gan ? Penganan asal China ini tiba tiba jadi populer lagi Namanya berkat si papah.



Bakpao ialah sajian kue asal China yang kini populer di banyak negara dengan aneka isian yang enak. Tapi mungkin tidak semua orang mengetahui dan suka dengan penganan satu ini.

Nama Bakpao mendadak mencuat kepermukaan bisa jadi karena kejadian yang menimpa Bapak Setya Novanto yang alami kecelakaan lalu lintas pada malam jum'at (16/11) saat hendak berangkat menuju KPK untuk menyerahkan diri.

Menurut pengacaranya yang banyak di liput oleh banyak media, Bung Frederich Yunadi mengatakan bahwa, kondisi Bapak Setya Novanto luka parah dan kepalanya bengkak seperti bakpao. "Benjolnya seperti bakpao," tutur Frederich di RS Permata Hijau, Jaksel kepada banyak awak media.


Berkat istilah tersebut, bakpao pun jadi viral di media sosial. Memang istilah kepala benjol sebesar bakpao ini sering ditujukan untuk menggambarkan seseorang yang alami benjolan kepala untuk menggambarkan ukurannya.

Karena Ramai dibicarakan, Agan tau tidak dari mana sih asal usul bakpao?




Bakpao yang dijadikan istilah oleh sang pengacara Setya Novanto ini sebenarnya adalah makanan tradisional asal China. Kata bakpao meluas di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang China di Indonesia. Kini sajian ini sudah mendunia termasuk di Indonesia. 

Zhuge Liang ialah penemu bakpao yang legendaris. Dalam Bahasa China, 'pao' berarti bungkusan dan 'bak' berarti daging. Aslinya, daging dalam bakpao adalah daging babi, namun disesuaikan dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, isian divariasikan mulai dari kacang hijau, kacang merah, ayam, hingga daging sapi.

Bakpao dibuat dengan adonan tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang, bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibiarkan mengembang lalu dikukus hingga matang. Baru-baru ini ada juga muncul isian bakpao yang populer yaitu saus telur asin. 



Bakpao biasa dijual dalam bentuk lingkaran, ukuran diameter kurang lebih 10 cm, sepegangan tangan dan berwarna putih. Titik warna-warni di tengah lingkaran bagian atas, biasanya merah dan hijau, dibuat untuk menandakan isi bakpao. 

Secara tradisional, bakpao dijual dengan gerobak sepeda dan dijual dengan harga Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per buahnya. Enak dinikmati hangat-hangat dengan secangkir teh. Mau coba Gan ? Enak nih pas dengan musim hujan gini nikmatin Bakpao sambil ngaskus.



Jadi begitu Gan, karena papah, Bakpao pun ikut naik daun. Sekian dan Terima kasih, jangan lupa yang buat nemenin bakpao gan, yang seger seger.

Source Bakpao : Wikipedia & Gambar : Google


Spoiler for Bakpao Enak Gan:
Diubah oleh jeansobek 17-11-2017 06:12
0
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan