Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

badassbitchAvatar border
TS
badassbitch
Setara: DKI Jadi Kota dengan Toleransi Terendah di Indonesia




Jakarta - Setara Institute memaparkan hasil kajian dan indeks terhadap 94 kota di Indonesia dalam hal isu praktik toleransi. Hasilnya DKI Jakarta menduduki peringkat pertama kota dengan toleransi yang rendah.

"Dalam pemeringkatan Indeks Kota Toleran 2017, DKI turun dari peringkat 65 jadi ke 94 atau mendapat skor terendah yakni 2.30 persen dalam hal intoleransi dan politisiasi identitas keagamaan di DKI menjelang, saat dan setelah Pilkada 2017," kata peneliti Setara Institute, Halili di Bakoel Koffe, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2017).

Skoring dalam studi ini menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1-7. Di mana pembobotan skor dilakukan dengan kombinasi pengukuran melalui regulasi pemerintahan kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial dan demografi agama yang dilakukan dalam rentan waktu dari November 2016 sampai Oktober 2017.

"Perubahan signifikan pada DKI adalah regulasi sosial ketika indikator pelanggaran kebebasan beragama dan beribadah (KBB) tercatat sedikitnya telah terjadi 24 peristiwa pelanggaran KBB dalam setahun terakhir. Yang artinya 25 persen pelanggaran mengisi skoring DKI Jakarta" jelas Halili.

Kota lainnya yang juga mendapat indeks terendah yakni Banda Aceh, Bogor, Cilegon, Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar, Padang dan Mataram.

"Sedangkan kota dengan skor toleransi tertinggi pada Kota Manado 5,90 persen dilanjutkan Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang, Tual, Binjai, Kotamobagu, Palu, Tebing Tinggi dan Surakata," paparnya.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos mengatakan indeks atau skor kota toleran ini bertujuan sebagai bahan pengingat dan evaluasi dalam mengambil kebijakan. Dirinya juga meminta agar hasil skor ini tidak digenelarisir

"Tujuan agar jadi bahan pengingat, bahan evaluasi bagi pemkot untuk introspeksi dalam mengambil langkah kebijakan yang mempromosikan toleransi. Jangan digeneralisir kemudian panas, ini semacam kritik yang kita ingin melihat dengan sudut positif bagi pemangku kebijakan," jelas Bonar. (adf/asp)

jidat gosong



No komen dah bray, ane terereksi, eh tercengang



Komen bodoh :
Quote:


berarti, pembuktian kasih sayang orang tua lu sama lu adalah dengan membiarkan lu hidup di dunia ini.
emoticon-Ngakak

Komen mantap :

Quote:
Diubah oleh badassbitch 16-11-2017 11:12
0
6.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan