fancewAvatar border
TS
fancew
[+PIC] Puncak Tertinggi di ASEAN Ternyata Bukan Puncak Jaya Gan!


emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller



Sebentar lagi weekend nih gan!

emoticon-Selamat

Buat agan yang berencana buat mendaki gunung di weekend ini, perfect banget deh! Kalo ngomongin gunung, Indonesia adalah salah satu negara Ring of Fire alias berada di jalur gunung berapi. Mulai dari gunung buat pemula sampai gunung yang buat expert semua ada, lengkap.



Tapi pasti kita tau dong kalau gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya (4884 mdpl) di Pegunungan Jayawijaya. Seinget ane dulu ane pernah ada yang ngasih tau kalo Puncak Jaya adalah puncak tertinggi di ASEAN dan ane percaya-percaya aja. Eh tapi ternyata yang tertinggi di ASEAN bukanlah Puncak Jaya, tapi Puncak Hkakabo Razi di Myanmar.


Foto: Living Asean

1. Hkakabo Razi


Foto: Alchetron

Bisa dibilang ini lah gunung tertinggi di Myanmar (Burma) dan lokasinya ada di Kachin, utara Myanmar, masuknya dalam subrange Pegunungan Himalaya. Gunung ini juga berada di perbatasan 3 negara, Myanmar, India dan Cina. Tingginya mencapai 5,881 mdpl atau 19,295 kaki. Bukan hanya di Puncak Jaya yang ada saljunya, puncak Hkakabo Razi juga bersalju saat musin hujan dengan suhu terendah mencapai −57.9 °C dan tertinggi 23 °C.

Saking tingginya, pendaki pertama gunung ini di tahun 1996, Takashi Ozaki dan Nyima Gyaltsen butuh waktu 4 minggu untuk sampai ke basecamp. Mereka pun harus melewati hutan yang lebat dan banyaknya sungai berjeram tanpa jembatan. Di tahun 2013, puncak terdekat yakni Gamlang Razi akhirnya bisa didaki dan dihitung ketinggiannya yakni 5870 mdpl. Sedangkan Okazaki juga sudah mengkonfirmasi ketinggian Hkakabo yang mencapai 5881 mdpl, namun saat itu dia belum punya GPS untuk mengukur berapa tepatnya.


Foto: Natgeo

Sampai akhirnya di bulan November 2014, National Geographic Society/ The North Face mensponsori ekspedisi untuk mengukur ketinggian Hkakabo Razi dengan menggunakan alat yang digunakan tim Gamlang Razi. Mereka akhirnya bisa mengukur ketinggian puncaknya yakni 5742 mpdl. Namun mereka memperkirakan bahwa ketinggian puncaknya itu bisa mencapai 240 meter lebih tinggi.

2. Puncak Jaya



Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid di Papua ini adalah salah satu puncak di Pegunungan Jaya Wijaya dan masuk dalam bagian Barisan Sudirman. Tapi selain Puncak Jaya, pegunungan ini juga punya beberapa puncak lain yang lebih rendah yaitu Puncak Mandala 4.760 mdpl, Puncak Trikora 4.730 mdpl, Puncak Idenberg 4.673 mdpl, Puncak Yamin 4.535 mdpl, dan Puncak Carstenz Timur 4.400 mdpl.

Berada di ketinggian 4884 mdpl membuat Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi di Indonesia yang juga mewakili lempeng Benua Australia-Oceania. Bukan hanya itu, Puncak Jaya juga masuk dalam Seven Summit di dunia gan.

Meski gunung yang super tinggi ini kelihatan dari jauh, tapi daerah di sekitarnya belum ada yang menempati sebelum orang-orang Eropa datang. Kalo dulu puncaknya ini namanya Nemangkawi di Amungkal, namun dikasih nama Carstenz Pyramid setelah penjelajah Belanda, Jan Carstenszoon pertama kali melihat ada gletser salju di puncak gunung ini saat hari cerah di tahun 1623. Tapi Carstensz justru malah jadi lelucon di Eropa karena melihat salju di daerah khatulistiwa.



Salju di Puncak Jaya akhirnya dibuktikan oleh penjelajah Belanda, Hendrik Albert Lorents bersama 6 porter Dayak Kenyah dari Apo Kayan di Kalimantan pada tahun 1909. Pendakian pertama kali yakni di tahun 1936 bernama Dutch Carstensz Expedition. Mereka mendaki 3 puncak yakni Carstensz Timur dan Ngga Pulu pada 5 Desember, tapi mereka nggak bisa ke Carstensz Pyramid karena cuaca yang sangat buruk.

Waktu Indonesia ngambil alih provinsi ini di tahun 1963, namanya diganti jadi Poentja Soekarno, dan diganti oleh Presiden Indonesia pertama menjadi Puncak Jaya.

3. Gunung Kinabalu


Foto: Satya Winnie

Gunung Kinabalu ini cukup terkenal dan lokasinya di Sabah, Malaysia. Selain jadi gunung tertinggi ketiga di ASEAN, Kinabalu ini juga masuk jadi World Heritage Site. Puncak yang paling tinggi di Gunung Kinabalu adalah Borneo's Crocker Range namanya gan. Sedangkan salah satu puncaknya, Low's Peak ini tingginya 4095 mdpl gan. Di sekeliling Gunung Kinabalu ini kaya akan species tanaman Himalayan, Australasian dan juga Indomalayan.

Buat agan yang pengen mendaki sampai Low's Peka, ternyata nggak perlu peralatan naik gunung yang expert, yang penting adalah kondisi fisik yang prima. Buat dapat permit mendaki, hanya diberikan pada pendaki yang akan tinggal di pondokan gunung dan jumlahnya maksimal 130 orang per harinya.


Foto: Sayang Sabah

Suhu biasanya di Gunung Kinabalu mencapai −4 °C to 8 °C di bulan Desember sampai Januari, bahkan seringkali terlihat es beku dan salju di puncak Gunung Kinabalu.



Jadi tau ya gan alasannya, Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di dunia yang mewakili Benua Australia-Oceania sehingga bisa masuk ke daftar Seven Summit. FYI gan, Seven Summit adalah 7 puncak tertinggi dari 7 benua di dunia ini. Sedangkan Hkakabo Razi masuk dalam Pegunungan Himalaya di lempeng Benua Asia di mana puncak tertingginya Gunung Everest di Zona Sagarmatha, perbatasan Nepal dan Tibet.



emoticon-Traveller

SUMUR SUMUR SUMUR
0
28.7K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan