komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Destinasi-destinasi Terbaik untuk Melakukan Kegiatan Stargazing
Terkadang kita memiliki keinginan untuk mengunjungi luar angkasa sekedar untuk melihat keindahan yang ditawarkan oleh tempat-tempat di luar angkasa. Namun, sepertinya hal tersebut terasa cukup menyulitkan.

Jika terasa tidak mungkin untuk mengunjungi luar angkasa, tetapi hal itu tentu bukan menjadi alasan untuk tidak bisa menyaksikan keindahan yang disajikan oleh luar angkasa. Ya, kamu masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemandangan cantik yang terhampar di luar angkasa.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam destinasi-destinasi terbaik untuk melakukan kegiatan stargazing. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


1. Monument Valley, Utah, Amerika Serikat

Monument Valley, Utah via http://www.twanight.org/newTWAN/news/6002-4.jpg

Inilah dia salah satu destinasi terbaik yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melihat bintang-bintang cantik di angkasa pada waktu malam hari. Ya, destinasi ini adalah Monument Valley yang terletak di Utah, Amerika Serikat.

Tempat ini masih masuk dalam kawasan Colorado Plateau. Tempat ini sudah sering dijadikan sebagai lokasi film Hollywood sejak tahun 1930. Sutradara John Ford seringkali menjadikan kawasan ini sebagai lokasi setting filmnya yang sudah berjumlah ratusan.

Kamu dapat mengunjungi tempat ini hampir setiap hari, yaitu pada pukul 6 pagi hingga 8 malam (pada waktu bulan Mei hingga September). Sementara itu, pada bulan Oktober hingga April, kamu dapat mengunjungi tempat ini pada pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Di tempat ini juga disediakan berbagai fasilitas sehingga kamu dapat melakukan camping di sini. Ya, cobalah untuk melakukan kegiatan camping dan kamu dapat melihat bintang-bintang yang indah di angkasa.

Ketika mengunjungi tempat ini, kamu dapat melihat Milky Way yang indah sehingga akan membuatmu betah berlama-lama berada di sini. Kamu dapat menyaksikan keindahan luar angkasa di tempat ini dengan menggunakan mata telanjang. Menyenangkan sekali, bukan?


2. Cerro Paranal, Gurun Atacama, Chili

Cerro Paranal, Gurun Atacama, Chili via http://cdn.eso.org/images/screen/ib-paranal17.jpg

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan pemandangan indah berupa pemandangan luar angkasa yang cantik. Ya, destinasi wisata ini adalah Cerro Paranal, yang terletak di Gurun Atacama, Chili. Cerro Paranal ini merupakan daerah pegunungan yang terletak di Gurun Atacama, Chili.

Tempat ini terletak di Paranal Observatory. Elevasi yang dimiliki daerah ini mencapai sekitar 2.664 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film James Bond yang berjudul Quantum of Solace (2008). Ya, keindahan tempat ini juga mampu membuat tempat ini dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film James Bond tersebut.

Di Paranal Observatory itu juga terdapat teleskop yang luar biasa besar yang dapat kamu gunakan untuk melihat langsung luar angkasa. Teleskop itu juga dilengkapi dengan laser untuk menciptakan bintang artifisial.

Teleskop yang tersedia di Paranal Observatory ini juga dilengkapi dengan kamera yang akan menyediakan gambar blur dan gambar-gambar bintang lainnya yang akan membuat perjalananmu menjadi semakin menyenangkan di sini.


3. Death Valley, California, Amerika Serikat

Death Valley, California, Amerika Serikat via http://i.ytimg.com/vi/l5in103eDII/ma...resdefault.jpg

Destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menyaksikan kegiatan stargazing adalah Death Valley ini. Death Valley sendiri terletak di daerah bagian timur California.

Padang pasir ini terkenal sebagai tempat percobaan bom atom pada sekitar tahun 1945. Sebagian besar wilayah Death Valley ini sendiri dikenal dengan nama Taman Nasional Death Valley.

Selain itu, Death Valley ini juga memiliki sebuah kastil yang bernama Scotty. Kastil ini dibangun oleh seorang pengusaha asal Chicago yang bernama Albert Johnson.

Death Valley memiliki luas yang cukup besar yaitu mencapai sekitar 3.000 mil persegi (7.800 kilometer persegi). Daerah ini berbatasan dengan Amargosa Range di bagian timur, Panamint Range di bagian barat, Pegunungan Sylvania di bagian utara dan Pegunungan Owlshead di bagian selatan.

Suhu di tempat ini pada waktu musim panas mencapai sekitar 37 derajat celcius, dan rata-rata suhu pada bulan Agustus mencapai sekitar 45,5 derajat celcius.

Tempat ini juga masuk dalam Taman Nasional Death Valley dengan Pegunungan Sierra Nevada pada bagian timurnya. Tempat ini juga terletak dekat dengan California dan Nevada.

Nah, Gurun Death Valley ini juga masuk dalam destinasi selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk melakukan kegiatan stargazing. Ya, dengan mengunjungi gurun ini di waktu malam hari, kamu akan dapat menyaksikan bintang-bintang indah dengan menggunakan mata telanjang.

Jika berbalik lagi pada gaya California, para pengunjung dapat melakukan kegiatan star party dimana kamu dapat menyaksikan kegiatan menunggang kuda, api unggun, juga guided astronomy.


4. Cherry Springs State Park, Amerika Serikat

Cherry State Park via http://in1.ccio.co/fE/G4/p5/11413817...4GWv0BGIDc.jpg

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan keindahan luar angkasa. Ya, kamu dapat melakukan kegiatan stargazing di tempat ini.

Tempat ini merupakan Cherry State Park yang terletak di Pennsylvania State Park, Pennsylvania, Amerika Serikat. Nama Cherry Spring sendiri diambil dari sebuah pohon yang terletak di taman tersebut, yaitu Cherry hitam.

Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik yang dapat kamu kunjungi jika ingin melakukan kegiatan stargazing. Bahkan, tempat ini masuk dalam daftar 25 taman yang wajid dikunjungi di Pennsylvania menurut Departemen Konservasi dan Sumberdaya Alam Pennsylvania.

Tempat ini memang sudah sejak lama dijadikan sebagai salah satu tempat yang baik untuk melakukan kegiatan stargazing. Pada waktu malam hari, tempat ini merupakan salah satu tempat yang memang patut untuk kamu kunjungi.

Sekitar bulan Mei hingga September, biasanya terdapat sebuah komunitas yang akan menawarkan kegiatan untuk stargazing di tempat ini. Nah, tidak ada biaya yang akan dikenakan jika kamu berencana untuk melakukan kegiatan stargazing di tempat ini alias gratis. Menyenangkan sekali, bukan?

Bahkan jika kamu berminat untuk ikut serta dalam kegiatan stargazing itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penjelasan dari guide yang akan menjelaskan kepadamu mengenai pemandangan bintang-bintang tersebut.

Tetapi, jika kamu berencana untuk melakukan kegiatan camping di tempat ini, kamu diharuskan untuk melakukan reservasi secara online terlebih dahulu.

Pemandangan indah yang dapat kamu saksikan di taman ini juga bermacam-macam dan tentunya sangat mengagumkan. Ya, kamu dapat menyaksikan pemandangan berupa pusat Milky Way yang terlihat dari pencahayaannya.

Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mencari tempat terbaik untuk melakukan kegiatan stargazing, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.


5. Alberta, Pegunungan Rocky, Kanada

Mengunjungi Alberta, Pegunungan Rocky via https://chrismartinphotography.files...unset-8440.jpg

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan keindahan luar angkasa. Ya, kamu dapat melakukan kegiatan stargazing di tempat ini.

Tempat ini merupakan Alberta yang terletak di Pegunungan Rocky, Kanada. Pada waktu siang hari, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan indah yang ditawarkan oleh tempat ini.

Taman Nasional Jasper hanya terletak sekitar 4 jam dari sebelah barat Edmonton. Sementara itu, Taman Nasional Banff hanya terletak sekitar satu jam setengah dari Calgary.

Ya, kamu dapat menyaksikan danau dengan warna turquoise yang indah, pegunungan alpine, hutan hingga air terjun yang menyenangkan. Di tempat ini kamu bisa bersepeda, hiking, dan bahkan berjalan-jalan mengitari destinasi wisata yang satu ini.

Di tempat ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang indah, wildlife serta tempat rekreasi yang cocok untuk dijadikan beraktivitas bagi orang dari berbagai usia.

Bagi kamu yang ingin menghindar sejenak dari kesibukan dan padatnya aktivitas, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Ya, di sini kamu dapat menikmati kegiatan stargazing yang sangat menyenangkan.

Ketika malam hari tiba, kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan karena melihat pemandangan luar angkasa yang indah. Ya, kamu dapat melakukan aktivitas stargazing di sini.

Ketika salju sedang turun, kamu dapat mencoba aktivitas yang seru seperti skiing atau snowboarding. Ya, untuk melengkapi kegiatan wisatamu dalam melakukan kegiatan stargazing, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.


6. Mauna Kea, Hawaii, Amerika Serikat

Mengunjungi Mauna Kea, Hawaii via http://i.huffpost.com/gen/1740570/im...A-facebook.jpg

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk mendapatkan pemandangan stargazing yang sangat indah. Ya, destinasi wisata yang satu ini adalah Mauna Kea yang terdapat di Hawaii.

Mauna Kea ini adalah sebuah gunung berapi yang tidak aktif yang terletak di Hawaii. Tempat ini berada pada ketinggian sekitar 4. 205 di atas permukaan laut.

Puncak gunung ini merupakan puncak yang tertinggi yang terdapat di Hawaii. Nah, rupanya dasar dari gunung ini masih berada jauh di bawah laut. Bahkan jika diukur ketinggiannya dari bawah laut, gunung ini memiliki tinggi yang mencapai hingga 10.000 meter di atas permukaan laut. Tinggi tersebut bahkan melebihi Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia.

Mauna Kea sendiri sudah berumur sangat tua bahkan mencapai sekitar satu juta tahun sehingga gunung ini memang sudah ada sejak lama.

Jika merujuk pada mitologi Hawaii, semua puncak pegunungan yang terdapat di Hawaii bersifat sacral. Nah, sementara itu, Mauna Kea ini bersifat sangat sacral, bahkan melebihi kesakralan puncak gunung lainnya di Hawaii.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi terbaik yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan pemandangan indah di malam hari. Ya, bagi kamu yang menyukai kegiatan stargazing, kamu dapat mengunjungi destinasi ini dan melakukan kegiatan menyenangkan tersebut.

Pada waktu malam hari, kamu akan menyaksikan langit di daerah Mauna Kea ini dipenuhi dengan bintang yang indah. Langit Mauna Kea menyajikan pemandangan berupa hamparan bintang yang membuatmu betah berlama-lama berada di destinasi wisata yang satu ini.

Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mencari tempat-tempat terbaik untuk melakukan kegiatan stargazing, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini terlebih dahulu.


7. Danau Tekapo, Selandia Baru

Danau Tekapo via http://www.laketekapo.com/wp-content...0/image007.png

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melakukan kegiatan stargazing di waktu malam hari. Ya, destinasi ini adalah Danau Tekapo yang terletak di Selandia Baru.

Danau ini terbilang sangat luas dan memiliki luas yang mencapai sekitar 83 kilometer persegi dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Danau ini berakhir di Sungai Godley. Danau ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang seringkali dikunjungi oleh banyak wisatawan sehingga tentu saja destinasi ini masuk dalam destinasi yang recommended.

Kegiatan observasi astronomi biasanya dilakukan di daerah sekitar sini yaitu di Pegunungan John. Ya, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi untuk melakukan kegiatan stargazing.

Tempat ini juga masuk dalam UNESCO Dark Sky Reserve dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang mampu menyajikan pemandangan langit malam hari yang indah.

Untuk mencapai Danau Tekapo ini, kamu membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan darat dari sekitar barat daya Christchurch menuju Mackenzie. Danau ini memiliki warna air yang jernih dan bahkan berwarna turquoise yang indah untuk dilihat. Tempat ini juga merupakan salah satu spot terbaik yang seringkali digunakan untuk berfoto.

Nah, tempat ini memang juga merupakan tempat yang sangat baik untuk melakukan stargazing. Pada waktu malam hari, kamu akan melihat pemandangan indah di langit angkasa yang dipenuhi dengan bintang-bintang indah. Ya, tentu saja kamu dapat mengunjungi tempat ini untuk memenuhi keinginanmu untuk melakukan kegiatan melihat bintang.

Kamu dapat menyaksikan pemandangan indah dan melakukan kegiatan stargazing ini bahkan dengan mata telanjang. Wah, tentunya sangat menyenangkan sekali, bukan?


8. Exmoor, Inggris

Exmoor, Inggris via images.google.com

Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melakukan kegiatan stargazing di waktu malam hari. Ya, destinasi ini adalah Exmoor yang terletak di Inggris.

Taman Nasional Exmoor yang terletak di Inggris ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dapat kamu kunjungi. Ya, di tempat ini kamu dapat mencoba melakukan kegiatan stargazing yang menyenangkan.

Selain itu, tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang tepat jika kamu ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk dan keramaian. Ya, kunjungilah tempat ini jika kamu ingin menghindar sejenak dan menyegarkan kembali pikiranmu.

Walaupun kamu dapat melihat pemandangan yang terhampar di taman nasional ini secara mudah, tetapi kamu dapat juga meminjam teleskop jika kamu berminat. Ya, kamu dapat meminjam teleskop yang disediakan oleh pihak pengelola taman nasional.

Bahkan, di tempat ini juga tersedia penginapan yang akan memudahkanmu melihat langsung kegiatan bintang dan luar angkasa di waktu malam hari. Sungguh menyenangkan sekali, bukan?

Nah, kamu juga dapat turut merasakan serunya berjalan secara privat di sini. Tentu saja semuanya akan terasa menyenangkan jika kamu dapat mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, bukan?

Ketika malam hari tiba, kamu dapat melihat pemandangan berupa suasana malam hari dan luar angkasa yang begitu indah. Ya, pemandangan ini mampu membuatmu betah berlama-lama berada di destinasi wisata yang satu ini.



Nah, itulah dia pembahasan mengenai destinasi-destinasi terbaik untuk melakukan kegiatan stargazing. Semoga artikel ini dapat menambah pengalamanmu mengenai destinasi-destinasi mana saja yang memiliki potensi berupa pemandangan malam hari yang indah.

Kegiatan stargazing memang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bayangkan kamu berada di luar ruangan, memandangi langit sambil tiduran bahkan dengan mata yang telanjang. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, bukan?

Happy traveling!



SUMBER
0
9K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan