travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Hanya Ada di Indonesia, 7 Tempat Ini Nggak Boleh Agan Lewatkan
“Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan Indonesia”

Iya gimana enggak? Negara kita ini bisa dibilang punya semua yang diinginkan oleh negara lainnya. Mau pantai? Tinggal pilih! Indonesia punya garis pantai terpanjang kedua di dunia. Mau gunung? Indonesia punya ratusan gunung berapi yang membuat kawasan di sekitarnya menjadi subur. Bukan hanya itu, berada di garis khatulistiwa, Indonesia adalah negara tropis yang punya 2 musim jadi selalu hangat dan nggak terlalu dingin, istilahnya PAS.

Rasanya nggak cukup waktu 1 tahun untuk mengelilingi Indonesia, yang punya lebih dari 17ribu pulau ini Gan. Di thread ini, ane mau berbagi beberapa destinasi wisata unik yang harus banget Agan kunjungin.

Situs Trowulan, Mojokerto


Foto: Youtube

Siapa yang nggak tau Kerajaan Majapahit? Berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, situs peninggalan Majapahit ini diberi nama Situs Trowulan. Banyak yang bisa Agan kunjungi di situs ini, dimulai dari Candi Wringin Lawang yang merupakan pintu gerbang Kerajaan Majapahit; Candi Tikus yang dikelilingi kolam; Gapura Bajang Ratu; dan juga kompleks pemakaman Troloyo yang bisa dibilang pemakaman tertua kaum muslim di Indonesia. Satu hal yang nggak boleh dilewatkan adalah Museum Trowulan atau Museum Majapahit dimana dipamerkan berbagai koleksi hasil temuan Situs Trowulan dan juga peninggalan zaman Raja Airlangga, Kediri, Singasari dan juga Majapahit.

Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta


Foto: intaninchan.wordpress.com

Mengunjungi Yogyakarta, sempatkanlah waktu Agan buat berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang berada di lereng Gunung Merapi. Jangan bayangkan museum yang kusam dan tidak menarik, Museum Ullen Sentalu ini punya koleksi budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Mulai dari lukisan, alat musik tradisional, surat-surat, kain batik dan sebagainya. Selain itu, yang membedakan museum ini dengan museum lainnya adalah harus dipandu dengan pemandu dan tidak boleh mengambil foto sembarangan. Lingkungan sekitar museum ini juga terasa sejuk sehingga Agan akan merasa nyaman berkeliling museum ini.

Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat


Foto: indonesiana.co.id

Pulau Satonda di Kabupaten Dompu ini punya keunikan yang bahkan bisa membuat ilmuwan juga bingung Gan. Kenapa? Sebabnya, pulau ini adalah daratan yang terbentuk oleh letusan gunung berapi dari dasar laut saat jutaan tahun lalu. Uniknya, di tengah pulau ada danau air asin yang indah banget. Tapi ternyata danau ini dulunya berisi air tawar Gan, tapi karena letusan Gunung Tambora mengakibatkan tsunami sehingga air laut lah yang mengisi kawah tersebut Gan sampai akhirnya menjadi danau air asin sampai sekarang. Bukan cuma danau unik, Agan juga bisa snorkeling karena pulau ini punya terumbu karang yang cantik banget loh.

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur


Foto:blog.airyrooms.com

Dikenal dengan Africa van Java, Taman Nasional Baluran ini berlokasi di Kabupaten Situbondo Gan. Buat Agan yang sering nonton National Geographic, pasti tau dong pemandangan sabana khas Africa yang kecoklat-coklatan? Nggak perlu jauh-jauh ke Afrika buat merasakan pengalaman ala Afrika Gan, di padang sabana Bekol di TN Baluran, Agan bisa langsung menyaksikan rerumputan yang kecoklatan saat musim kemarau dan berubah jadi warna hijau saat musim hujan. Bukan hanya sabana, di TN Baluran ini Agan juga bisa snorkeling di Pantai Bama yang punya hamparan pasir putih yang menggoda banget.

Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei, Maluku


Foto: dantoadityo.com

Kepulauan Kei yang berada di timur Indonesia ini ternyata menyimpan pesona keindahan yang terasa seperti potongan surga di bumi. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Pantai Ngurtafur. Bukan hanya hamparan pasir putih lemut serta jernihnya air laut, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang eksotik. Serasa berada di luar negeri, di Pantai Ngurtafur ini Agan bisa ketemu sama rombongan burung pelikan yang sering terbang bermigrasi dari Australia dan Papua New Guinea ke Indonesia. Selain itu, yang terkenal dari pantai ini adalah adanya gosong pantai alias pasir timbul yang panjangnya mencapai 2 km ke tengah laut. Pantai ini juga masih tergolong sepi, jadi berasa pantai pribadi!

Bukit Wairinding, Nusa Tenggara Timur


Foto: indonesiakaya.com

Tanah Sumba ini jadi primadona di tahun 2017. Sumba ini ada di Nusa Tenggara Timur ya Gan, sedangkan Sumbawa ada di Nusa Tenggara Barat. Didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur, Sumba terlihat unik dan eksotik serta Instagrammable. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Bukit Wairinding, yang merupakan padang rumput maha luas yang akan berubah warna sesuai musimnya. Jika musim hujan, bukit ini terasa seperti di New Zealand, sedangkan di musim kemarau, bukit ini terlihat seperti padang rumput di Afrika.

Vihara Buddha Jayanti, Sorong


Foto: indonesiakaya.com

Pemandangan dari atas itu memang terlihat lebih eksotik ya Gan. Berkunjung ke kota Sorong, Papua Barat, ada destinasi wisata religi yakni Vihara Buddha Jayanti yang letaknya di atas bukit. Jika Agan ingin berkunjung ke Raja Ampat, singgah lah dulu ke vihara ini Gan. Selain bisa melihat pemandangan kota Sorong dari ketinggian, ada pagoda bertingkat yang bisa Agan kunjungi di sini. Bukan hanya itu, ada patung Buddha berwarna emas di vihara ini Gan. Hal yang paling menarik adalah Agan bisa menyaksikan sunset yang sangat cantik hanya dengan duduk-duduk di teras vihara Gan. Tidak ada yang bisa mengalahkan cantiknya matahari terbenam di Indonesia Timur gan.

Gimana nggak makin bangga kan jadi orang Indonesia? Jujur deh, apa Agan udah pernah datangin semua destinasi yang ane sebutin di atas? Tinggal di Indonesia puluhan tahun, ternyata masih kurang ya untuk mengeksplor berbagai tempat yang indah-indah ini. Apalagi setiap saatnya selalu bertambah destinasi wisata terbaru yang nggak kalah bagusnya.

Coba deh pikir-pikir lagi Gan, apa sih tempat yang pengen banget Agan kunjungi tapi belum kesampaian?

Daripada hanya disimpan di angan-angan, ini waktunya Agan ikutan #ReinventMyStoryIDChallenge! Cukup dengan upload foto di Instagram yang menggambarkan eksplorasi ke tempat yang belum pernah dikunjungi di kota Agan dan juga berikan caption cerita yang paling menarik versi Agan. Jangan lupa cantumkan hashtag #ReinventMyStoryID dan tag HP Indonesia ya Gan. Ada hadiah super keren menunggu loh!

Nggak perlu lama nunggu, yuk buruan ikutan Gan!

emoticon-I Love Kaskus

Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did.
Explore - dream - discover

0
22.7K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan