AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
APLIKASI MODEM DIBLOKIR OLEH WINDOWS DEFENDER? INI SOLUSINYA!
Quote:




Hal yang banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer dengan OS Windows 10 adalah integrated Windows Defender yang dinilai “Over Protect” dan tak bisa di“Disable”. Satu sisi, ini merupakan kelebihan Win 10, sehingga user tidak perlu lagi menginstal Anti Virus tambahan. Tapi di sisi lain, sifat terlalu defensif ini dianggap merugikan. Sebab banyak aplikasi penting yang langsung diblokir oleh Windows Defender begitu mau diinstall, karena dianggap “Not Trusted” alias “tidak aman”.

Di antara aplikasi yang dinilai tidak aman itu adalah aplikasi Modem Kartu dari merek dan model tertentu. Akibatnya user tidak bisa connect ke dunia maya karena ketiadaan jalur akses Internet.

Di forum-forum online, termasuk di site Microsoft sendiri banyak ditemukan keluhan semacam itu, dan banyak pula solusi yang ditawarkan oleh user lain. Namun setelah Ane coba beberapa solusi tersebut, tak satupun yang bisa mengatasi secara tuntas masalah aplikasi modem yang diblokir oleh Windows Defender ini.

Salah satu solusi yang dianggap sebagai jawaban tuntas atas permasalahan tersebut adalah “menginstall aplikasi melalui Command Prompt as Admin”. Cara ini pun sudah Ane coba. Hasilnya, aplikasi memang bisa diinstall dan dijalankan untuk pertama kali. Namun setelah aplikasi ditutup dan mau dibuka kembali, aplikasi tersebut langsung diblokir oleh Windows Defender, meski User Account sudah disetting ke level yang paling rendah.

Setelah utak-atik beberapa hari, akhirnya Ane menemukan solusinya, yaitu:

1. Aplikasi diinstall ulang melalui “Command Prompt as Admin” setiap kali mau dijalankan. Namun cara ini cukup ribet dan merepotkan, bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan sistem Registry akibat overwrited file yang diinstall berulang-ulang.

2. Akhirnya Ane menemukan solusi yang sampai saat ini bisa Ane terapkan, yaitu melalui SysTray Internet Conncetion yang Icon-nya ada di Taskbar dekat Icon Speaker, lalu pilih Celluler (51011) atau Dial Up (gambar telepon).



Jika Agan mengklik “51011” maka akan tampil seperti ini, lalu klik “Connect”.



Kalau mengklik “Dial Up”, maka akan tampil begini, lalu klik “Connect>>>Dial”.



Hanya saja, dengan cara yang kedua ini, Agan tidak bisa mengecek sisa kouta Internet. Tapi masih bisa mengecek pemakaian kouta.

3. Cobalah update software modem. Hubungi site vendornya, download dan install kalau ada update terbaru. Sebab update biasanya memperbaiki bug aplikasi sebelumnya.

Selamat mencoba!

****************

Sumber: Dari pengalaman sendiri.
Diubah oleh Aboeyy 24-01-2018 16:03
0
22.9K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan