jonmaliboAvatar border
TS
jonmalibo
Mau Tau Kerennya 2 Motor Honda CRF yang Ada di Indonesia? Masuk Gan!
Motor yang ‘macho’ itu yang kayak gimana sih, Gan? Pasti kalian punya versi masing-masing ya. Bisa aja motor yang punya cc gede. Atau motor yang bentuknya kayak motor balap. Tapi ada juga yang punya versi lain, yaitu motor yang bentuknya kayak motocross. Betul?





Kalo ngomongin motor yang tipenya motocross, Agan harus tau yang namanya Honda CRF. Motor itu udah cukup banyak ngeluarin tipe. Kalo ditotal sejak pertama kali ngelurain, Honda CRF ini udah ada 15 tipe yang berbeda loh, Gan!


Pertama kali Honda ngeluarin tipe ini udah 16 tahun yang lalu, lebih tepatnya di tahun 2001. Dan di tahun 2017 ini, mereka juga ngeluarin satu tipe CRF250RALLY. Tahun paling produktif Honda untuk tipe CRF ini ada di tahun 2013 dan 2016, dimana mereka ngeluarin tiga tipe dalam satu tahun.





Seri Honda CRF yang pertama kali dikeluarkan oleh Honda di tahun 2001 dikasih nama CRF450R. Honda mengusung tagline ‘Motor Balap Motocross’ untuk produk pertama mereka di tipe motocross ini. Alasannya, CRF450R ini menggunakan mesik 4-tak yang memiliki fitur-fitur terbaik dari motor 2-tak dan 4-tak sekaligus! Saat memproduksi motor ini, Honda melakukan pendekatan back to basic dengan menciptakan mesin yang kuat dan ringan, sehingga bisa membuat CRF450R ini bisa melaju dengan cepat.


CRF450R ini pernah jadi motocross 4-tak yang paling ringan pada masanya loh Gan. Kayak yang udah dibilang tadi, meskipun bermesin 4-tak, CRF tipe pertama ini berat dan kelincahannya bisa hampir nyaingin motor 2-tak. Tapi Honda ga cepet puas, buktinya di tahun 2003 , CRF450R ini di-upgrade alias dibikin lebih keren lagi. Salah satunya shock dan kaitan belakang dimodifikasi agar motor dapat berbelok lebih tajam dan pelapis radiator plastik yang lebih tebal serta rantai yang lebih baik.


Agan-agan yang pengen punya motor CRF ini bisa aja penasaran kan, sebenernya dijual ga sih motor tipe CRF di Indonesia? Nah, jawabannya adalah IYA! Motor Honda dengan tipe CRF ini udah dijual di Indonesia, Gan! Produk CRF1000L AFRICA TWIN dan CRF250RALLY.





Honda CRF dengan tipe CRF1000L AFRICA TWIN. Motor ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016. Africa Twin ini sebenernya udah ada sejak lama, Gan. Salah satu tipe yang mirip adalah XRV 750 Africa Twin yang diluncurkan di Jepang pada tahun 1988. Motor Honda CRF1000L Africa Twin ini adalah model adventure yang mampu berlari kencang, dan Honda mengembangkan "True Adventure" sebagai "Tempatmu Pergi Kemanapun”, dan bisa dibilang sebagai motor dengan model adventure generasi berikutnya.


Kalo dilihat secara sekilas aja, motor ini gagah banget ya Gan! Bukan cuma bisa diandelin di lintasan yang ga mulus atau off-road, CRF1000L Africa Twin ini juga bisa jadi jagoan kalian di jalan raya biasa. Soalnya motor ini memiliki transmisi dual clutch yang unik, meningkatkan performa kontrol yang sesuai dengan pengendara dari on-road menuju off-road. Terlebih lagi, "Honda selectable torque control" menyalurkan tenaga secara efisien walaupun sedang berada di permukaan jalan yang kasar.





Mesin yang dipake di CRF1000L Africa Twin ini menggunakan mesin dengan empat katup yang merupakan pengembangan dari mesin yang digunakan di motor CRF450R dan CRF250R. Ada beberapa mode yang bisa digunakan saat mengendarai motor ini, yaitu "D mode" yang dirancang untuk menunjukkan performa bahan bakar yang baik serta kenyamanan berkendara, kemudian ada "S mode" yang mampu memilih tiga tahap shifting dan dua mode otomatis semakin mendekati gaya mengemudi yang sporty.


Ga cuma itu, CRF1000L Africa Twin ini juga punya yang namanya G-Switch, yang adanya di bagian kanan panel instrumen. Fungsinya untuk memaksimalkan performa walau di medan yang sulit, dan menyalurkan secara langsung tenaga ke ban belakang melalui katup penutup ketika Anda berpindah kontrol saat mengemudi di area off-road. 


Agan Sista penasaran banget sama CRF1000L Africa Twin ini? Mau tau spesifikasi detil sekeren apa motor ini? Langsung aja ke TKP, Gan Sis!


Bukan Cuma CRF1000L Africa Twin yang bisa bikin Agan-agan semua jadi makin macho pas naik motor. Tapi Honda punya satu lagi nih yang baru, namanya CRF250RALLY!





Motor keluaran terbaru dari Honda ini terinspirasi dari motor CRF yang pertama kali diluncurkan yakni, CRF450RALLY, tapi udah pasti ada beberapa perubahan yang dilakukan. CRF250RALLY ini cocok banget buat kalian yang suka bertualang, tapi tetap bisa dipakai sehari-hari dengan suspensi khusus perjalanan jauh dan juga performa mesin dikombinasikan dengan torsi solid dan menciptakan power kelas atas.


Kalo Agan-agan pake motor ini, kalian bakal dapetin pengalaman naik motor dengan jelajah dan kecepatan yang tinggi. Soalnya, CRF250 Rally ini menggunakan mesin 250cc dilengkapi dengan water-cooled, 4-stroke, DOHC yang mudah digunakan dan cocok torsi bawah dan tenaga di RPM tinggi sekaligus.


CRF250 Rally ini juga bisa dibilang motor yang gagah banget, Gan! Bisa diliat dari rangka yang dipake, yaitu dibuat dari besi baja, dengan bagian utama oval kembar dan semi-double cradle. Daya pegas dan peredam telah disesuaikan dengan aspirasi jelajah jarak jauh dari CRF250RALLY. 17mm front wheel spindle (diameter lebih besar 2mm) meningkatkan kekuatan and sensasi handling. Model ini juga dilengkapi dengan Suspensi belakang Pro-Link dengan panjang langkah 265mm, 25mm lebih bila dibandingkan dengan CRF250L dan ditambah dengan rasio yang lebih panjang untuk menghadirkan kenyamanan berkendara.


Keren kan CRF250RALLY ini? Mau tau lebih lengkapnya lagi, langsung aja cus ke TKP ya!



Nah sekarang terserah Agan-agan sekali deh mau pilih yang mana. Tapi kalo menurut ane, dua-duanya, mau CRF250RALLY atau CRF1000L Africa Twin, sama kerennya! Motor macho keluaran Honda ini bukan cuma dua motor tersebut loh! Masih banyak lagi tipenya. Ga percaya? Coba deh main-main ke TKP ini, buat liat deretan motor keren dari Honda CRF Global lainnya!


Diubah oleh jonmalibo 01-11-2017 01:41
0
53.6K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan