aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Fakta Seram dan Mitos Misterius Seputar Ventriloquis & Bonekanya


Quote:


Quote:


Quote:




Fakta & Mitos Seputar Ventriloquis & Bonekanya

Spoiler for Ria Enes dan bonekanya Susan:


Hai kalian generasi 90-an, masih inget donk sama teman masa kecil kalian emoticon-Big Grin? Yup, Ria Enes dan boneka Susannya yang pada masa itu sangat populer.

Tapi, bukan Ria dan susannya yang akan kita bahas, melainkan profesi dan bonekanya tersebut.


Tak banyak yang tahu bahwa sebutan untuk profesi yang dilakoni oleh Ria Enes tersebut adalah Ventriloquis, sedangkan boneka bernama susan yang ia gunakan disebut Boneka Ventriloquis. Lalu, apa itu ventriloquist???...


Apa Itu Ventriloquist?

Spoiler for Iwel dan bonekanya Lewi :

Orang yang dapat menggunakan ventriloquism disebut sebagai ventriloquis, yaitu seorang yang ahli berbicara atau bersuara sedemikian rupa sehingga seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain atau bahkan bersuara dari tempat yang agak jauh.

Dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai ahli suara perut atau ahli sulap suara. Seni ventriloquism dapat digunakan untuk menghibur, mengajar, serta berpromosi.


Definisi Ventriloquist

Spoiler for Gatot Soenjoto salah satu pelopor ventriloquism di Indonesia:


Ventriloquisme atau Ventriloquism adalah seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. Berasal dari kata Latin "venter" yang berarti perut, "loqui" yang berarti berbicara, dan "ism" yang berarti ilmu atau paham. Ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.


Fakta Ventriloquis

Spoiler for Ilustrasi:


- Sebagai Media Praktik Keagamaan

Awalnya, ventriloquis adalah praktik keagamaan. Orang-orang Yunani menyebutnya gastromancy ( bahasa Yunani : εγγαστριμυθία).

Suara-suara yang dihasilkan oleh perut dianggap menjadi suara-suara arwah / orang mati yang mengambil tempat tinggal di perut para ventriloquis.

Kemudian, Ventriloquis akan menafsirkan suara. Mereka dianggap mampu berbicara kepada orang mati, serta meramalkan masa depan.

Saat itu, para penganut animisme tersebut mempercayai jika para pendeta kuil itu dapat membuat orang mati berbicara.

Salah satu kelompok tercatat paling awal yang memanfaatkan teknik ini adalah Pythia (bahasa Yunani: Πυθία), seorang pendeta wanita di kuil Apollo di Delphi, yang bertindak sebagai saluran Orakel Delfi.

Pythia (Python) kemudian menjadi salah satu kata yang paling umum digunakan di Yahudi klasik dan Kristen awal untuk menunjuk satu perbuatan nujum (peramal masa depan).

Beberapa versi bahasa Inggris awal Alkitab untuk menerjemahkan kata gastromancy dalam Septuaginta di Kisah Para Rasul, yaitu mengenai seorang perempuan yang mempunyai roh yang dapat berbicara mengenai masa depan.

Salah satu gastromancer (pendeta kuil yang memakai ventriloquis) paling sukses adalah Eurykles, seorang pendeta kuil di Athena, dalam bukunya disebut Euryklides yang dihormati oleh para gastromancer.

- Dianggap Sebagai Sihir

Dalam Abad Pertengahan, ventriloquis dianggap sebagai sihir.

- Sebagai Sarana Hiburan

Akhirnya, pada abad ke-19, ventriloquist lebih diterima sebagai pertunjukan panggung. Dengan bermunculan para ventriloquist dunia, ventriloquist tidak dipakai lagi dalam praktik keagamaan.


Bahan Pembuatan Boneka Ventriloquis

Spoiler for Macam-macam boneka ventriloquis:


Ventriloquis modern memanfaatkan berbagai jenis boneka dalam pertunjukkan mereka, mulai dari kain lembut atau busa, juga boneka karet fleksibel.

Bentuknya bermacam-macam, ada boneka full body, setengah badan, boneka binatang, boneka bentuk lucu hingga bentuk aneh.

Boneka ventriloquis klasik yang digunakan oleh ventriloquis bervariasi dalam ukuran, mulai dari dua belas inci dari ukuran manusia atau yang lebih besar.

Secara tradisional, boneka jenis ini telah dibuat dari bubur kertas atau kayu. Namun, di zaman modern, bahan lain juga sering digunakan, seperti fiberglass yang diperkuat resin, karet lateks, dll.

Bahkan dewasa ini terdapat pula boneka Ventriloquist "nyata". Dalam artian, ventriloquist tidak menggunakan boneka sebagaimana umumnya, melainkan memanfaatkan manusia asli.

Manusia yang menjadi boneka ventriloquist, bertingkah layaknya sebagai boneka Ventriloquis. Agar kesan boneka masih melekat kuat
maka dibuat pula suatu bagian tubuh, yaitu mulut (rata-rata menggunakan bahan fiber).


Mitos Kutukan Boneka Ventriloquist di Museum Vent Haven

Spoiler for Sebagian koleksi di Museum Vent Haven:


Terletak di Kentucky, America serikat. Museum Vent Haven adalah satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan untuk ventriloquisme.

Setiap tahun, ratusan turis mengunjungi museum ini untuk melihat berbagai koleksinya yang menakjubkan, tentang ventriloquism, sejarahnya, dan untuk melihat bagaimana dummy-nya dibuat. Dummy adalah boneka ventriloquis yang mulutnya bisa digerakkan.

Ada mitos yang menyebar jika boneka ini memiliki aura setan untuk mengambil nyawa majikannya sendiri. Hal ini diperkuat dengan sebuah kejadian ganjil yang terjadi secara beruntun kepada para pewaris museum Vent Haven.

Salah satu pewaris museum ini adalah ventriloquist terkenal, William Wood. Ia pernah disebut sebagai Ventriloquist terbesar dunia sampai ketika ia tewas pada sebuah kecelakaan perahu yang "aneh" di Teluk Meksiko.

Empat dari enam boneka milik wood dipamerkan di museum ini, sedangkan dua lainnya hilang di lautan ketika dibawa oleh Wood.

Museum Ventriloquis Vent Haven ini terus menjadi koleksi boneka ventriloquis terbesar di dunia. Tragisnya, museum ini seperti menuntut nyawa pemilik dan orang-orang terdekatnya.

Selain William Shakespeare Berger, istrinya, anaknya, cucunya, dan semua pewarisnya pun tewas. Ya, kita harus mencari pewaris yang masih hidup. Benar-benar misteri!!


Quote:



Quote:
Diubah oleh aldysadi 14-02-2018 20:24
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
1
21.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan