heanyAvatar border
TS
heany
Pengobatan herbal thyroid ( Gondok )
Hello disini saya mau kasih info yang sangat berharga banget nii

Di tahun 2017 ini banyak banget saya denger orang2 terkena Thyroid. Termasuk saya πŸ˜­πŸ˜‚
Apa itu thyroid ??
Tiroid ( thyroid ) adalah kelenjar berbentuk kupukupu yang terletak pas di bawah jakun, dengan sayapnya pada salah satu sisi trakea (windpipe/batang tenggorokan) Anda. Kelenjar ini memproduksi hormon tiroid yang mengendalikan laju metabolisme Anda.

Penyebab Penyakit Tiroid
Kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid, dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti:
Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.
Kelenjar tiroid yang rusak, misalnya karena pajanan radiasi.
Pengaruh obat yang mengandung litium (Li).
Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.
Jenis-jenis Penyakit Tiroid
Penyakit tiroid yang umum ditemukan di antaranya adalah:

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit, sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita (terutama lansia di atas 60 tahun) dan memiliki gejala-gejala umum seperti: konstipasi, kulit kering, lebih sensitif terhadap hawa dingin, kelelahan, lemas, serta kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Hipertiroidisme

Keadaan di mana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh disebut hipertiroidisme. Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan (dada terasa berdebar), penurunan berat badan yang cepat, banyak berkeringat, gelisah, serta suasana hati yang cepat berubah.

Penyakit gondok

Penyakit gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan di leher. Apabila benjolan tersebut sudah menekan tenggorokan atau kerongkongan, bisa terjadi perubahan suara, batuk, kesulitan bernapas dan menelan.

Nodul tiroid

Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang terbentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista, dan jumlahnya juga bisa lebih dari satu. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala, sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Namun apabila nodul yang tumbuh berukuran besar, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan.Terkadang nodul tiroid dapat memproduksi hormon tiroksin sehingga menimbulkan gejala hipertiroidisme.

Diagnosis Penyakit Tiroid
Proses diagnosis penyakit tiroid membutuhkan beberapa langkah pemeriksaan yang mendetail. Jenis pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan darah, USG, pemindaian dengan isotop radioaktif, serta biopsi melalui aspirasi jarum halus.

Tes darah yang dianjurkan adalah evaluasi fungsi kelenjar tiroid. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengukur kadar hormon tiroid dan TSH (thyroid-stimulating hormone) guna menentukan kondisi hipertiroidisme atau hipotiroidisme yang dialami oleh pasien.

Dari pemeriksaan USG dan pemindaian isotop radioaktif, dapat diketahui ukuran serta jenis benjolan yang dialami pasien. Sementara dengan biopsi melalui aspirasi jarum halus dapat diketahui jenis sel yang ada dalam benjolan.

Pengobatan Penyakit Tiroid
Setelah mengetahui jenis penyakit tiroid yang dialami pasien, dokter akan menentukan tindakan pengobatan sesuai dengan penyakit tersebut. Selain itu, penentuan pengobatan juga tergantung pada usia serta kondisi kesehatan pasien.

Terdapat tiga cara yang biasanya dilakukan dalam penanganan penyakit tiroid, yaitu pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif, dan/atau prosedur operasi. Terapi ablasi iodium biasanya dilakukan pada kasus hipertiroidisme yang sulit terkontrol dengan pemberian obat-obatan

Obat-obatan yang diberikan memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat-obatan dan terapi radioaktif umumnya adalah untuk:

Menggantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid.
Menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipertiroid.
Menghancurkan sel-sel tiroid.
Pemberian obat-obatan juga ditujukan untuk mengatasi gejala lain yang timbul pada hipertiroidisme, seperti detak jantung yang meningkat atau dada berdebar.

Operasi yang biasanya dilakukan pada penyakit tiroid adalah operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi. Prosedur ini bisa dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau benjolan yang terdapat di dalam kelenjar.

Sebagian besar penyakit tiroid tidak membahayakan penderitanya dan dapat dikendalikan melalui penanganan medis. Tetapi jika dibiarkan, terdapat risiko untuk berkembang menjadi kanker tiroid yang dapat mengancam nyawa.

Nah setelah di baca dengan teliti gan... ane mau kasih tips obat herbal nih buat sendiri n gampang banget di cari dan terbukti tokcer πŸ‘πŸ»

Ane uda 7bulan secara rutin bolak balik rumah sakit gan. Galau segalau galau nya karena kok tiroid ane ga sembuh" gan 😭 asal minum obat dr RS emg tengorokan mengecil, tapi kalo kita hentikan minum obat ya gan. Dia kembali membengkak lagi apalagi kalo lagi stress banget 😭malu banget tauu

Nih gan ane dpt byk info dr orang" kampung/ org hutan ( karena basic pekerjaan ane cari rempah" ) 😬
1. Belimbing wuluh and bawang putih
Cara nya ambil 5 belimbing wuluh dan 3 siung bawang putih. Kemudian di tumbuk sampe halus dan polesin ke tengorokan yg bengkak. Diamkan aja gan kira-kira selama 1 jam an. Lakukan selama setiap hari gan. Lama" bengkak lumayan berkurang gan

2. Daun benalu gan
Klo ane sih pakai metode di atas dan minum seduhan daun benalu untuk pengobatan dari dalam. Lendir di jamin hilang

Ane biasa metikin daun benalu sendiri n jemur sampe kering. Lalu rebus dan di minum. Akan lebih baik lagi hasilnya kalo di campur kunyit putih rebusan juga. Cuma yaa rada pait dikit rasanya πŸ˜…tapi ane biasa stlah minum rebusan benalu dan kunyit putih, ane minum lagi sedikit teh manis hehe ( takut pait )😏

Sekian dulu info dari ane gan..
semoga lekas sembuh
0
8.8K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan