whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Yang Masih Gak Tau Apa Itu "Asian Para Games", Mampir Gan!
Tahun 2018 bakal menjadi tahun yang sibuk buat para atlet tanah air, pasalnya Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan menjelang gelaran empat tahunan sekali ini yang akan berlangsung mulai 18 Agustus 2018 mendatang. Ga itu aja gan, disusul kemudian Indonesia juga bakal jadi tuan rumah gelaran Asian Para Games 2018yang bakal dilaksanain 8-16 Oktober 2018 nanti.
Nah, agan sista sekalian tau ga bedanya kedua event itu? Jadi begini, baik Asian Games dan Asian Para Games itu adalah pesta olahraga yang diikuti seluruh atlet se-Asia. Nah, bedanya, Asian Para Games itu khusus diikuti oleh atlet-atlet difabel dengan cabang olahraga (Cabor) yang udah ditentuin. Mengingat atlet-atlet difabelnya Indonesia itu punya prestasi luar biasa di event olahraga internasional—scroll terus untuk tahu kenapa!
Mungkin agan sista sekalian bisa simak baik-baik info berikut nih, awas bacanya pelan-pelan biar ga kelewat!


Asian Para Games Itu Apa Sih?
Khususon buat Kaskuser yang masih gagal paham nih, Asian Para Games merupakan event olahraga internasional di Asia yang melibatkan penyandang disabilitas. Nah kalau sebelumnya Asian Para Games ini diselenggarakan di Tiongkok (2010) dan Korea Selatan (2014), dan untuk pelaksanaannya yang ketiga ini, Indonesia yang terpilih jadi tuan rumah karena sekalian satu paket sama penyelenggaraan Asian Games 2018 nanti. Siap-siap nonton opening ceremony pada 6 Oktober 2018 nanti dan closing ceremony pada 16 October 2018 di Gelora Bung Karno.


Di Indonesia sendiri, kepanitiaan resmi penyelenggaraannya dipegang oleh Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). INAPGOC dibentuk untuk mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan Asian Para Games 2018. Dengan menyelenggarakan acara ini, INAPGOC ingin secara aktif mempromosikan olahraga khusus bagi para atlet difabel untuk Warga negara Indonesia sehingga ke depan dukungan olahraga ini akan terus meningkat.
Ajang Asian Para Games ini juga ditujukan untuk bisa membangkitkan kepercayaan diri atlet dan teman-teman penyandang disabilitas agar nantinya mereka ga lagi ngerasa minder dan merasa dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Cabang Olahraga yang Dipertandingkan

Asian Para Games ini bakal memperlombakan 16 cabang olahraga, mulai dari panahan, atletik, bulutangkis, boccia, catur, goalball, judo, lawn ball, angkat berat, menembak, renang, tenis meja, ten pin bowling, voli duduk, tenis kursi roda, dan basket kursi roda. Tentunya nih gan, semua cabang olahraga yang diperlombakan pun sudah disesuaikan untuk kemampuan atlet difabel.
Nah, sebagai tuan rumah, Indonesia sebenernya akan mendapatkan beberapa keuntungan juga. Salah satu nya adalah dapat mengajukan nomor dan klasifikasi cabang olahraga (cabor) yang akan diperlombakan. Misalnya nih, atlet indonesia lebih diunggulin di cabor renang klasifikasi S9 untuk tuna daksa dengan nomor 50 m, maka cabor dengan nomor dan kelas ini akan diajuin untuk dipertandingkan di Asian Para Games 2018 nanti.

Peluang Indonesia di Asian Para Games 2018?

Fyi nih, atlet-atlet difabel dari Indonesia ini punya prestasi yang super membanggakan sampe-sampe diundang Pakde Jokowi ke Istana. Gimana ga, pas event ASEAN Para Games 2017 di Malaysia lalu, Indonesia menang jadi juara umum dengan dengan menyabet 126 medali emas, 75 medali perak dan 50 medali perunggu. Keren! Nah, makanya kalau ngomongin peluang di ajang Asian Para Games 2018 nanti, kita kudu yakin atlet-atlet difabel jagoan kita ini bisa mengulang prestasi yang sama, bahkan lebih! Oleh karena itu, mari kita tundukkan kepala sejenak dan berdoa menurut agama masing-masing.
Berdoa mulai, ........., berdoa selesai. Lalu sama-sama kita bilang: AMIIINNN!

Nah, secara kita jadi tuan rumah untuk ajang olahraga internasional bergengsi ini, maka tentunya kita juga kudu mendukung penuh semua aspek yang berkaitan dengan Asian Para Games 2018. Mulai dari soal penyelenggaraan sampai kesiapan atlet untuk bertarung dengan para atlet dari berbagai negara se-Asia nanti. Yuk, #NyalakanSemangat untuk Indonesia, khususnya para atlet, untuk menyambut Asian Para Games 2018 mendatang. Semoga menang!

Tunjukin Dukungan Kalian Dengan Cara Komeng di Thread ini dan Jangan Lupa Untuk Share Thread ini Agar Temen-Temen Yang Lain pun Bisa ikutan Ngedukung Atlet Tanah Air Berlaga di Asian Para Games 2018

emoticon-I Love Indonesia

0
35.2K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan