Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agama.pendatangAvatar border
TS
agama.pendatang
Viral Kids Zaman Now Makan Sabun Colek, Ini Kata Dokter


Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, sebuah video mengenai kids zaman now yang makan nasi dengan sabun colek menjadi viral di sosial media. Terkait aksi nekat yang dilakukan oleh remaja tersebut, apakah bahaya kesehatan yang mengintai?
Sebuah video diunggah di oleh akun instagram @makrumpita memperlihatkan remaja bernama Ales Rais Saputra tengah menikmati sepiring nasi.

Ales yang mengenakan kemeja berwarna biru terlihat asyik makan nasi dan ayam goreng dengan saus sambal. Tapi bukan hanya saus sambal biasa, Ales juga mencampurnya dengan sabun colek.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, jika ada seseorang yang nekat mengonsumsi bahan kimia seperti sabun, hal ini akan menjadi racun dalam tubuh.

"Kalau bahasa medisnya itu PICA, yaitu makan benda-benda yang seharusnya tidak dimakan, seperti sabun. Kalau dimakan, bahan kimia yang masuk lewat pencernaan akan diserap oleh lambung," ucap dr. Vita saat dihubungi pada Senin (6/11/2017).

Dr. Vita menjelaskan, efek jangka pendek yang akan dirasakan tubuh antara lain iritasi pada saluran pencernaan. "Dampak jangka pendek bahayanya bisa iritasi di saluran pencernaan mulai dari kerongkongan, lambung sampai saluran usus. Racun tersebut sebaiknya segera dikeluarkan secara alami oleh mekanisme tubuh seperti urine," lanjut dokter berhijab ini.


Dampak jangka panjang

Lebih lanjut, dr. Vita menjelaskan efek buruk lainnya dari mengonsumsi makanan tak lazim seperti sabun.

"Dampak akut di antaranya muntah dan sulit bernapas. Pada jangka panjang, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan organ di tubuh seperti empedu, lapisan lambung dan gangguan saraf," ucapnya.

Tak hanya itu, efek buruk lainnya yang bisa dirasakan adalah keracunan. Jika hal itu terjadi, dr. Vita memberikan tips untuk mengatasinya.

"Kalau sampai muntah, hindari badan agar tidak tersedak. Setelah muntah berhenti, beri air putih dan air susu untuk mengeluarkan racun. Selain itu, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis," pungkasnya.

Sebelumnya, Ales melakukan aksi nekat makan nasi, ayang goreng dan cocolan sambal yang dicampur dengan sabun colek. Aksi ini dia lakukan akibat tantangan yang dia berikan pada dirinya sendiri.

Pada unggahan sebelumnya, dia mengatakan akan makan nasi sabun jika mendapatkan reaksi sebanyak 200 pada status yang diunggahnya. Tak disangka, dia justru mendapatkan lebih dari 600 reaksi dari warganet. Setelah memenuhi janjinya, tak sedikit yang mengkritik aksi Ales tersebut.
http://m.liputan6.com/health/read/31...ni-kata-dokter


biasanya anak begini gedenya jadi ustad, ulama..
emoticon-Entahlah
Diubah oleh agama.pendatang 06-11-2017 10:47
0
3.1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan