sireerisAvatar border
TS
sireeris
Anies Minta Wali Kota Mencari Solusi Wujudkan Program Rumah Berlapis
http://megapolitan.kompas.com/read/2017/11/04/07472721/anies-minta-wali-kota-mencari-solusi-wujudkan-program-rumah-berlapis


News Megapolitan
Anies Minta Wali Kota Mencari Solusi Wujudkan Program Rumah Berlapis
Sabtu, 4 November 2017 | 07:47 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan pejabat SKPD, Jumat (3/11/2017).
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menegur wali kota saat memberi pengarahan mengenai program-program yang akan masuk ke draft anggaran tahun depan.

Ceritanya, tadi malam dia mengumpulkan para pejabat DKI Jakarta untuk mematangkan anggaran sejumlah program.

Salah satunya adalah mengenai program penataan kampung. Anies mengatakan dia ingin ada pembaharuan kota atau urban renewal.

"Contohnya banyak di negara, kemudian rumah-rumah dilakukan konsolidasi tanahnya. Dibangunkan rumah yang berlapis lalu wilayah yang ada di situ akan bisa dimanfaatkan sebagai area bersama," ujar Anies di ruang pola Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (3/11/2017).



Belum jelas apa yang dimaksud Anies dengan rumah berlapis. Dia menyebut kemungkinan seperti kampung deret. Namun, dia ingin warga mendapat slot di rumah berlapis dengan ukuran yang sama seperti rumah mereka sebelumnya.

Selain itu, rumah berlapis itu juga tidak boleh terlalu jauh dari tempat tinggal warga sebelumnya. Anies menyadari kendala-kendala untuk mewujudkan konsep ini.

"Kendalanya soal kepemilikan tanah, kita bebasin tanah untuk tol bisa urusin, masa buat orang miskin enggak bisa sih? Bebasin tanah untuk pembangunan ini bisa kok, lah kok buat orang miskin kita tidak bisa? Bisa lah, ini masalah kemauan," kata Anies.

Baca juga : Bahas Anggaran 2018, Anies-Sandi Ajak Pejabat DKI Kerja Lembur

Dia yakin warga mau bekerja sama jika percaya dengan solusi pemerintah. Hal ini berbeda jika mereka direlokasi ke tempat jauh.

"Tapi kalau diajak pindahnya ke Marunda, Rawa Bebek ya mohon maaf. Kita saja suruh tinggal di sana ampun-ampun pasti," kata dia.

Dia meminta para wali kota mempelajari lebih lanjut konsep urban renewal ini.

Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede pun melontarkan pertanyaan kepada Anies. Mangara bertanya tentang gambaran dari ide Anies itu.

Anies mengatakan akan panjang jika caranya didiskusikan tadi malam. Dia meminta Mangara untuk mencari solusinya. Sebab, Mangara merupakan pejabat yang sudah lama berada di Pemprov DKI.

"Ya, Bapak cari solusinya lah Pak, karena itu Bapak jadi wali kota. Kan begitu kira-kira Pak. Kalau enggak, kita diskusi akademik di ruangan ini. Tidak," ujar Anies.

"Kita minta Bapak laksanakan itu. Bagaimana caranya Bapak pikirkan caranya. Jadi kita cari ini biar selesai," tambah dia.

Pejabat yang hadir di sana tertawa.

Anies mengatakan dia ingin setiap masalah yang ditemukan wali kota untuk diinventarisasi. Kemudian, solusi dari permasalahan itu bisa dicari dengan berkonsultasi kepada instansi lain seperti Badan Pertanahan Nasional dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Anies mengatakan apa yang dia lakukan kepada jajaran di bawah saat ini mirip dengan tuntutan warga Jakarta kepada dia.

"Sama Pak, rakyat juga gitu. Anies-Sandi, saya enggak peduli caranya bagaimana, ini yang kami minta. Urusan bagaimana (caranya) ya karena itulah Anda kami pilih, kan gitu Pak," kata Anies.

"Rakyat enggak peduli Pak. Saya sudah pilih Anda, enggak ngerti bagaimana caranya, Anda jalankan itu," tambah dia.

Dia menyemangati jajaran di bawah untuk siap menjalankan program-programnya. Dia berharap program dapat dieksekusi secara bijaksana dan secepatnya.

Kue kali berlapis....
Diubah oleh sireeris 04-11-2017 01:13
-1
13.6K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan