Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

longcat...Avatar border
TS
longcat...
Sehabis aplikasi ojek online, selanjutnya? (Prediksi, Diskusi, & spekulasi)
Quote:


Salam semua buat kaskuser, selamat datang ke thread ane. Ane mau mengajak agan semua untuk sharing idea membahas tentang aplikasi angkutan online yang sedang booming di negeri kita ini, kemungkinan bentuk yang akan terjadi selanjutnya nanti.

Quote:

Mengutip kata Einstein “imagination, is more important than knowledge.” Menurut ane Imajinasi adalah sesuatu hal yang penting untuk menciptakan sebuah inovasi, imajinasi yang terarah dengan benar serta menjawab permasalahan yang ada akan menambah kemungkinan terciptanya inovasi-inovasi yang sesuai dengan kebutuhan manusia, seperti contohnya Elon Musk pendiri Space X yang telah membuat roket antariksa ryang bisa digunakan kembali (reusable) sejak kecil suka berimajinasi dengan membaca novel tentang science fiction, bahkan di biografinya ia menyebut novel science hitchhiker's guide to the galaxy karya douglas adams merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di hidupnya.

Quote:

dalam bisnis dunia bisnis digital, inovasi dan adaptasi merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis para perusahaan start up tersebut, karena inovasi dan persaingan yang sangat tinggi membuat mereka bisa cepat untuk sukses dan gagal dengan waktu yang singkat seperti yang di alami friendster, nokia, blackberry, dan perusahaan teknologi lainya yang telat beradaptasi dan berinovasi merespons kebutuhan pasar.

Quote:

kembali ke topik, aplikasi Angkutan online adalah bagian dari produk yang berasal dari inovasi dan imajinasi, sebuah aplikasi menarik karena memegang prinsip kerja sama atau kemitraan, sebuah langkah trobosan yang cukup transformatif dibandingkan sistem angkutan sebelumnya yaitu model rata-rata perusahaan dengan memiliki banyak kendaraan serta menggaji para supir nya.

Quote:

Siatem kerjasama atau kemitraan yang di maksud adalah, penyedia layanan aplikasi transportasi online tersebut tak mempunyai kendaraan dan supir, namun mendorong serta mengajak masyarakat yang mempunyai kendaraan dan kemampuan mengendarai yang resmi sesuai standar peraturan untuk berkerjasama menjadi mitra aplikasi tersebut dengan cara mengorbankan waktu dan tenaganya untuk menjadi supir dengan menggunakan kendaraan pegangan pribadinya untuk mengantarkan penumpang yang menggunakan aplikasi transportasi tersebut.

Quote:

Model kerjasama kemitraan yang dilakukan penyedia layanan transportasi online ini sangat menarik untuk ditelisik, selain cakupan dan jangkauan nya luas karena online menggunakan aplikasi handphone, masyarakat pun menjadi lebih mudah untuk mendapatkan angkutan dan juga mendapatkan pekerjaan karena rata-rata masyarakat mempunyai kendaraan, skill pengemudi, dan surat-surat resmi sesuai standar peraturan.

Quote:

Bila di lihat berdasarkan skema nya yaitu: permintaan akan kebutuhan transportasi publik bagi masyarakat serta lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja dan penawaran penyedia layanan aplikasi angkutan online dengan tarif terjangkau. Skema permintaan penawaran akan menjawab kebutuhan berbagai pihak dari penyedia layanan, pemilik kendaraan, dan konsumen. Ditambah dengan mekanisme perekrutan sangat simple namun memuaskan kebutuhan masyarakat mengenai kebutuhan kemudahan transportasi serta para pencari kerja karena mudah menjadi anggota mitra aplikasi online.

Quote:

Terpuaskanya kebutuhan masyarakat dalam hal transportasi dengan skema tersebut tak akan menutup kemungkinan penyedia aplikasi kemitraan tersebut menggunakan skema tersebut untuk mengatasi kebutuhan masyarakat di bidang lain seperti tempat tinggal atau bahkan pendidikan, karena aplikasi tersebut telah mempunyai member komunitas yang banyak yang setara atau bahkan melebihi jumlah karyawan perusahaan konstruksi terbesar sekalipun (data perbandingan member kemitraan aplikasi dan jumlah karyawan perusahaan konstruksi dan property).

Quote:

Dengan keanggotaan yang banyak dan kemampuan menggerakan untuk melakukan sebuah tugas, penyedia layanan aplikasi hanya perlu beberapa langkah kunci yaitu menyiapkan kapasitas para anggotanya agar bisa di gerakan untuk mengerjakan tugas di bidang lain sesuai kriteria dan standar operasional yang berlaku, contoh kasus penerapan skema aplikasi transportasi online di bidang konstruksi properti; banyak masyarakat yang mempunyai lahan kosong, ada yang di biarkan kosong karena mau di jual, tak punya biaya untuk membangun, dari tak ada modal, sampai ada juga yang keberatan untuk membayar pajak karena harta warisan dan pemilik sebelumnya adalah orang yang kaya.

Quote:

Pihak penyedia aplikasi bisa menawarkan lahan tersebut untuk dibangun menjadi bangunan produktif seperti kost-kostan, ruko, motel, dll, tentu disesuaikan dengan kebutuhan daerah tersebut yang bisa dikoordinasikan dengan pemerintah setempat, yang nantinya keuntungan dari kost-kostan tersebut di bagi consignasi dengan pemilik lahan, penyedia layanan, dan penyedia bahan material, sesuai perhitungan perkiraan usia bangunan dan lain-lain, tanpa pemilik tanah harus melepas dan menjual tanahnya, namun di jaminkan ke bank atau lembaga lain selaku pihak ketiga untuk jaminan kedua belah pihak selama batas waktu usia gedung atau sesuai kesepakatan. dengan demikian banyak pihak yang akan di untungkan, penyedia layanan aplikasi, anggota gojek, pemilik lahan, dan pemerintah akan terbantu untuk bisa memamfaatkan lahan nya yang tidak terpakai menjadi bisa produktif menghasilkan, sehingga pengangguran akan berkuran dan pemerataan meningkat.

Sekian thread ane yang sederhana ini, sangat di tunggu prediksi-prediksi lainya dari kaskuser mengenai fenomena aplikasi kemitraan ojek online ini.

Quote:

Diubah oleh longcat... 01-11-2017 09:24
0
17.6K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan