vanjedulAvatar border
TS
vanjedul
Investasi Saham vs Investasi Properti
Setiap orang pasti kepingin hidup tenang dan bahagia tanpa harus ngerasain kekurangan suatu hal apapun, termasuk punya harta berlimpah dalam berbagai bentuk, dari mulai mobil uang, sampai dengan rumah. Banyak hal yang dilakukan untuk menjaga harta atau aset yang kita punya, salah satunya adalah dengan menginvestasikan uang yang kita punya lewat berbagai produk Investasi. Ngomongin tentang Investasi, saat ini ada beberapa pilihan yang jadi primadona nih gan, yaitu investasi properti dan investasi saham yang makin digandrungi oleh banyak orang karena menjanjikan manfaat berlipat.

Secara yang namanya investasi otomatis udah mikirin yang namanya untung kan? jadi makin menarik ketika dihadapkan pada pilihan untuk berinvestasi, dan kira-kira manakah yang lebih menguntungkan, apakah investasi dalam bidang properti atau mungkin agan lebih memilih investasi saham. Sebenarnya sih ga ada jawaban yang benar-benar tepat untuk menjawab pertanyaan seperti itu, karena semua tergantung keinginan, kepuasan dan gaya masing-masing.

Investasi Saham
Banyak saham-saham yang tidak bergerak selama bertahun-tahun, tetapi kadang keuntungan dari investasi properti juga tidak bisa mengalahkan imbal hasil saham-saham unggulan, apalagi jika dividen yang didapat diinvestasikan kembali. Ketika agan berinvestasi dengan membeli saham, berarti agan sudah memiliki sebagian kecil kepemilikan dari sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut bisa bergerak di berbagai bidang, bisa produsen makanan, kendaraan bermotor, komoditas dan lain sebagainya. Intinya akan mendapatkan bagian dari laba untuk setiap saham yang dimiliki.

Jika sebuah perusahaan punya 1 juta saham, dan agan punya 10 ribu saham, maka ini artinya agan memiliki 1% kepemilikan saham di perusahaan tersebut. Jajaran direksi perusahaan, yang dipilih oleh para pemegang saham, bertugas untuk mengawasi dan menjalankan operasional perusahaan. Mereka juga yang bakal memutuskan berapa banyak porsi laba yang akan dijadikan investasi dan porsi yang akan disebarkan ke pemegang saham alias dividen.

Investasi Properti
Sementara untuk investasi di bidang properti artinya agan membeli tanah atau bangunan yang nyata. Beberapa properti membutuhkan dana perawatan tiap bulannya, contohnya tanah atau bangunan yang belum disewa atau akan dijual tapi belum laku. Sementara properti lainnya justru menghasilkan uang, seperti apartemen, rumah dan ruko yang bisa kita sewakan kepada orang lain.

Saat ini investasi properti menjadi bidang investasi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat, membeli sebuah properti berarti mendapatkan sesuatu yang nyata. Selain itu, properti pun bisa langsung dinikmati, bahkan untuk jadi ajang penipuan pun lebih sulit dilakukan di bisnis properti jika dibandingkan dengan saham, apalagi kalau agan sendiri udah punya banyak informasi mengenai industri tersebut. Informasi jelas diberikan oleh Lippo Group yang kini akan membangun Kota Baru Meikarta, sebuah mega proyek spektakuler senilai Rp 278 Triliun yang juga menggandeng beberapa investor dari negeri Sakura. Kalau ngomongin portfolio, Lippo Group memang sudah terkenal keberhasilannya membangun sebuah kota baru, dan sekarang ini tengah mengembangkan proyek Kota Baru Meikarta di Cikarang dengan membangun apartemen. Pada tahap pertama akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018, dengan tipe berbeda-beda seperti tipe Amerika, Eropa, Asia dan Modern, harga apartemen mulai dari Rp 127 Juta.

Tahap pertama dibangun lahan seluas 500 hektar, yang membuat Kota Meikarta pun bakal punya gedung pencakar langit, mulai dari office tower, apartemen Meikarta, shopping mall, rumah sakit, sekolah, hingga hotel berbintang 5. Mega proyek dari Lippo Group ini pun membuka kesempatan untuk menjadikan orang lebih memilih untuk berinvestasi properti.
Jadi sudahkan Kaskuser sudah menentukan bakal investasi Saham atau invstasi Properti? Kalau Kaskuser punya pendapat lain, boleh dong share di sini agar Kaskuser lain bisa belajar dan tergugah untuk mulai berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.
0
23K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan