Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

katakotaAvatar border
TS
katakota
Mensiasati Hobi Bertanam Bagi Yang Tinggal Di Apartemen
Banyak orang senang menanam tanaman yang beragam jenisnya di rumah mereka. Saat mereka sedang tidak sibuk dari pekerjaan mereka, merawat tanaman bisa menjadi pelepas penat. Terdapat banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan merawat tanaman. Kelebihan tersebut di antaranya yaitu bisa menambah estetika ruangan interior atau eksterior dan sebagai penyaring udara agar lingkungan menjadi lebih sehat.

Selain dua kelebihan tersebut, kelebihan atau manfaat lain yang bisa diperoleh dengan menanam dan merawat sayur mayur serta buah-buahan adalah dapat mengonsumsinya. Perlu diketahui bahwa menanam tanaman saat ini tidak hanya bisa dilakukan di rumah akan tetapi juga di apartemen. Mungkin ada beberapa orang yang berpikir hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan karena keterbatasan lahan. Namun faktanya orang yang tinggal di apartemen juga bisa menanam dan merawat tanaman.

Seperti tulisan menarik di salah satu media online nasional, arsitek dan juga desainer interior Sigit Kusumawijaya menjelaskan bahwa alasan kebanyakan orang merasa kurang percaya diri atau kesulitan tinggal di apartemen yaitu tidak dapat menanam dan merawat tanaman untuk dikonsumsi. Hal tersebut tidak seharusnya menjadi sebuah masalah sebab ruang yang berukuran satu meter persegi sekalipun bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman atau berkebun.

Penanaman tanaman di polybag dan disusun dengan cara vertikal sekarang ini telah banyak diterapkan. Istilah dari cara penanaman tersebut adalah taman vertikal atau vertical garden. Selain itu, sebagian apartemen ada yang sudah memiliki beranda sendiri sehingga tidaklah sulit untuk menanam tanaman di apartemen. Beranda tersebut tidak selalu berukuran besar dan bergantung pada unitnya. Namun meskipun begitu beranda tersebut tetap dapat digunakan untuk menanam sayur.

Sigit menambahkan, beranda yang digunakan harus dipastikan menerima sinar matahari secara langsung. Hal tersebut disebabkan karena sayuran yang ditanam memerlukan cahaya matahari sehingga nantinya bisa tumbuh dengan baik dan maksimal. Bagi yang baru saja memulai menanam buah atau sayur, ada baiknya untuk memilih tanaman yang tidak berbuah dalam waktu yang lama.

Pada umumnya orang-orang yang baru memulai menanam tanaman ingin segera menuai hasil dari tanaman yang ditanam tersebut. Oleh sebab itu, Sigit menyarankan untuk menanam tanaman yang mudah dan cepat pertumbuhannya seperti misalnya tanaman kangkung atau bayam. Tanaman-tanaman tersebut dapat dipanen dalam waktu tiga minggu. Jika telah berhasil memanen tanaman kangkung dan bayam, para pemula bisa mencoba menanam jenis tanaman lainnya di antaranya yaitu tomat, cabai, dan sawi.

Menanam sendiri berbagai macam sayur mayur telah dicoba dilakukan oleh banyak orang. Saat ini hal tersebut juga menjadi tren di kalangan masyarakat urban untuk mengonsumsi secara langsung sayur atau buah yang mereka tanam.

Diubah oleh katakota 01-11-2017 06:54
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan