Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangeeeeenAvatar border
TS
kangeeeeen
3 Juta Lapangan Kerja Pariwisata Disiapkan


SEKTOR pariwisata dengan pertumbuhan pesat dan signifikan tidak hanya mampu menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar, tetapi juga terbukti berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi 8,41% atau 9,8 juta tenaga kerja di Indonesia.

Data World Travel Tourism Council (WTTC) 2016 dan World Bank 2016 menyebutkan, dalam lima tahun, lapang­an kerja tumbuh 30%. Alhasil, pemerintah melalui arahan langsung dari presiden menargetkan kenaikan jumlah tenaga kerja hingga 13 juta pada 2019.

“Tenaga kerja 9,8 juta. Dalam waktu lima tahun ditargetkan Presiden 13 juta. Jadi, kita masih akan siapkan 3 juta lapangan kerja,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat wawancara khusus dengan Media Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

Arief optimistis mencapai target tersebut bukan persoalan yang sulit. Sebabnya, masih menurut WTTC dan World Bank 2016, pariwisata merupakan pencipta lapangan kerja termurah dengan anggaran US$5.000 untuk menciptakan satu lapangan pekerjaan.

“Inilah kenapa saya sebut (pariwisata) yang paling murah dan paling mudah.”

Di sisi lain, pariwisata juga telah menyumbangkan 10% dari pendapatan domestik bruto (PDB) nasional yang notabene tertinggi di ASEAN. Sementara itu, dalam skala global, pariwisata mampu mempertahankan pertumbuhan di tengah ekonomi yang fluktuatif. Dampaknya bisa langsung ataupun tidak langsung terhadap PDB sebesar 0,2%, ekspor dunia 2,3%, dan pertumbuhan jumlah wisatawan yang naik hingga 0,4 miliar.

“Kalau dari segi market kita masih harus bersaing dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand, tapi dengan berbagai terobosan ke depannya kita yakin pariwisata akan leading sebagaimana yang diharapkan,” tandasnya. (Mut/X-10)

Minimum linggis internasienel harus taulahemoticon-linux
Diubah oleh KASKUS.HQ 30-10-2017 01:46
0
12.2K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan