SELAMAT DATANG GAN
Terima kasih gan, berkat agan-agan sekalian, Trit ini menjadi HT!

Quote:
Halo, Gan. bertemu lagi dengan ane bayu sumardi
Kali ini ane akan membahas tentang cara kerja kaset game jaman dulu.
Agan lahir di tahun 80-90an? agan pernah/sering main dingdong?
Atau mungkin pernah punya game Nintendo? pasti, salah satu dari agan pernah kan?
Tapi agan tau gak cara kerja game itu sehingga bisa ditampilkan di layar TV/Monitor? mungkin beberapa sudah ada yang tahu mungkin saja belum ada yang tahu sama sekali 
Ya sudah nih ane akan jelaskan lebih lanjut:
Quote:
Cartridge ROM, yang kadang-kadang disebut kaset atau cartridge saja, adalah wadah yang dapat dilepas yang berisi ROM yang dirancang untuk dihubungkan ke perangkat elektronik konsumen seperti komputer rumahan, dingdong, konsol game dan sebagian kecil, alat musik elektronik. Cartridge ROM dapat digunakan untuk memuat perangkat lunak seperti video game atau program aplikasi lainnya.
Slot kaset juga bisa digunakan untuk penambahan perangkat keras, misalnya sintesis ucapan. Beberapa kaset memiliki memori akses acak statis yang didukung baterai, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data seperti kemajuan permainan atau skor di antara kegunaan.
ROM memungkinkan pengguna untuk memuat dan mengakses program dan data dengan cepat tanpa mengorbankan floppy drive, yang merupakan perangkat mahal selama era 80an, dan tanpa menggunakan kaset Compact Cassette yang lambat, berurutan, dan sering tidak dapat diandalkan. Keuntungan bagi produsen adalah keamanan relatif dari perangkat lunak dalam bentuk kartrid, yang sulit bagi pengguna akhir untuk melakukan replikasi. Namun, kaset mahal untuk diproduksi dibandingkan dengan membuat floppy disk atau CD-ROM. Sebagai disk drive menjadi lebih umum dan perangkat lunak diperluas melampaui batas praktis ukuran ROM, slot cartridge menghilang dari konsol game dan komputer pribadi. Cartridge masih digunakan saat ini dengan konsol game genggam seperti Nintendo DS, Nintendo 3DS, PlayStation Vita, dan konsol hibrida seperti Nintendo Switch.
Karena penggunaan yang meluas untuk video game, Cartridge ROM seringkali disebut sebagai Video game cartridge.

Quote:
Kaset game jaman dulu biasanya pakai EPROM sebagai memory chip utamanya.
Apa itu EPROM?
EPROM atau erasable programmable read-only memoryadalah tipe memori chip yang mampu mempertahankan data saat power supply sudah dimatikan. Memori komputer yang bisa mengembalikan data tersimpan setelah power supply dimatikan dan dinyalakan kembali dinamakan non-volatile.
Itu adalah array transistor floating-gate yang diprogram secara individual oleh perangkat elektronik yang memasok voltase lebih tinggi daripada yang biasa digunakan di sirkuit digital. Setelah diprogram, sebuah EPROM dapat dihapus dengan memaparkannya ke sumber sinar ultraviolet yang kuat (seperti dari lampu uap merkuri).
EPROM mudah dikenali oleh jendela kuarsa transparan yang menyatu di bagian atas paket, di mana chip silikon terlihat, dan yang memungkinkan terpapar sinar ultraviolet saat penghapusan.
Quote:
Menurut Kang Luis Levy(mohon maaf ini Bahasa Inggris)

Sebenarnya sejarahnya Cartridge ROMitu dimulai kapan sih gan?
Quote:
Pertanyaan yang bagus gan, nih sejarahnya:
Cartridge ROM dipopulerkan oleh komputer rumahan awal yang menampilkan port bus khusus untuk penyisipan kaset yang berisi perangkat lunak dalam ROM. Dalam kebanyakan kasus, desainnya cukup kasar, dengan seluruh alamat dan bus data terpapar oleh port dan dilekatkan melalui konektor tepi; Kaset memori dipetakan langsung ke ruang alamat sistem.
Komputer terkemuka yang menggunakan kaset selain media magnetik adalah standar Commodore VIC-20 dan 64, MSX, Komputer Atari 8-bit (400/800 / XL / XE), Texas Instruments TI-99 / 4A (di mana mereka dipanggil Solid State Command Modules dan tidak dipetakan secara langsung ke system bus) dan IBM PCjr
(tempat kartrid dipetakan ke dalam ruang BIOS). Beberapa papan sistem arcade, seperti Capcom's CP System dan SNK's Neo Geo, juga menggunakan kartrid ROM.
Kaset game modern ditemukan oleh Jerry Lawson sebagai bagian dari konsol game Fairchild Channel F pada tahun 1976. Kaset game mendapatkan lebih banyak popularitas dengan Atari 2600 yang dirilis pada tahun berikutnya. Dari akhir 1970-an sampai pertengahan 1990-an, sebagian besar sistem video game berbasis rumah berbasis cartridge. Karena teknologi compact disc digunakan secara luas untuk penyimpanan data, sebagian besar perusahaan perangkat keras beralih dari kaset ke sistem permainan berbasis CD. Nintendo tetap bertahan, menggunakan kaset untuk sistem Nintendo 64 mereka; Nintendo tidak melakukan transisi ke media optik sampai GameCube tahun 2001.
SNK masih merilis game berbasis Neo Geo pada cartridge hingga tahun 2004, dengan rilis resmi terakhir adalah Samurai Shodown V Special. Namun, dalam hal tahun rilis, Nintendo 64 tetap menjadi konsol rumah berbasis cartridge terakhir selama lebih dari 20 tahun, dengan yang berikutnya adalah Nintendo Switch, yang dirilis pada bulan Maret 2017. game portable Nintendo, sementara itu, terus berlanjut gunakan kartrid karena waktu pemuatannya yang lebih cepat dan peralatan minimal untuk membaca data bermanfaat untuk bermain video game dalam interval pendek, beberapa menit. Keunggulan tersebut memungkinkan Nintendo DS menyalip PlayStation Portable berbasis disk, dan berspekulasi menjadi motif di balik perpindahan PS Vita ke format berbasis chip.
Masih belum jelas juga gan?

nih penjelasan lengkap dari 8-bit guy(mohon maaf ini bahasa inggris)
Quote:
How Old-school ROM Cartridges Works
Quote: