Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adamyvonAvatar border
TS
adamyvon
Hari Santri, Pengakuan Negara atas Jasa Ulama dan Santri
Hari Santri, Pengakuan Negara atas Jasa Ulama dan Santri

PROKAL.CO , Dengan tahun ini, Hari Santri Nasional telah tiga kali diperingati, khususnya di setiap 22 Oktober. Penetapan Hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo bukan tanpa alasan yang kala itu diresmikan di Mesjid Istiqlal Jakarta, Kamis (22/10/2015). Ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi negara kepada santri yang punya peran besar memperjuangkan kemerdaan.

Tahun ini di Jakarta, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat kembali menggelar apel Hari Santri Nasional di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (22/10).

Menteri Dalam Negeri Tajhjo Kumolo yang turut menghadiri apel mengatakan penetapan Hari Santri Nasional merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo yang sudah terealisasi.

"Hari santri nasional ini merupakan janji kampanye pak Jokowi yang sudah terealisasi," kata Tjahjo Kumolo di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (22/10).

Tjahjo menuturkan, Presiden Jokowi menetapkan hari santri nasional sebagai bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI.
"Beliau (Presiden Jokowi) ingin mengajak dan mengingatkan bahwa para santri ini mulai sebelum kemerdekaan sudah berperan dan sampai sekarang untuk mengisi pembangunan dengan bekerja dan bekerja," ujar Tjahjo.

Bahkan, Tjahjo menyebut, hari santri dibuktikan sebagai benteng dalam menjaga Pancasila maupun Ideologi bangsa Indonesia hingga sampai titik darah penghabisan.

"Karena dalam menjaga Pancasila dan ideologi untuk tetap bhineka tunggal ika. Jadi bukan hanya tanggung jawab TNI Polri,tetapi tanggung jawab seluruh bangsa indonesia termasuk juga khususnya para santri," tukas Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri 22 Oktober 2015 yang bertepatan 9 Muharam 1437 Hijriah.

"Jadi santri merupakan elemen bangsa ini. Yang oleh Bapak Presiden dijadikan tonggak hari santri nasional," pungkas Tjahjo. (jpnn/cr5/JPC)

http://kaltim.prokal.co/read/news/314920-hari-santri-pengakuan-negara-atas-jasa-ulama-dan-santri.html

Hari Santri, Pengakuan Negara atas Jasa Ulama dan Santri

Selamat Hari Santri emoticon-I Love Indonesia

Siswa/mahasiswa belum diakui pemerintah emoticon-Wakaka

Pelajar ilegal emoticon-Ngakak
Diubah oleh adamyvon 23-10-2017 10:24
0
1.9K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan