Kaskus

Entertainment

mustakim049Avatar border
TS
mustakim049
8 Langkah Pembinaan Karakter Siswa
8 Langkah Pembinaan Karakter Siswa

Dalam era virtual saat ini segalanya serba teknologi, guru memiliki peran, fungsi dan tanggung jawab yang sangat berat dalam menjalankan amanah yang telah dititipkan oleh orang tua mereka untuk belajar di sekolah. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar, karena guru memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun karakter belajar siswa.

Selanjutnya dalam kaitan dengan pendidikan karakter, Doni Koesoema A (2009) mengatakan bahwa Pendidikan karakter adalah sebuah proses pembelajaran pada pembaruan dan perubahan diri terus-menerus berdasarkan sebuah nilai yang secara moral dapat dipertanggungjawabkan.

Djahiri (1982) dalam (Sofyan Sauri dan Achmad Hufad, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan-FIP UPI Bandung, 2007 : 41). Pendekatan nilai atau budi pekerti dalam proses pembinaan karakter siswa dapat dilakukan dengan delapan cara, yaitu : (a)evocation, yaitu pendekatan agar peserta didik diberi kesempatan dan keleluasaan untuk secara bebas mengekspresikan respon afektifnya terhadap stimulus yang diterimanya; (b)inculcation, yaitu pendekatan agar peserta didik menerima stimulus yang diarahkan menuju kondisi siap; (c)moral reasoning, yaitu pendekatan agar terjadi transaksi intelektual taksonomik tinggi dalam mencari pemecahan suatu masalah; (d)value clarification, yaitu pendekatan melalui stimulus terarah agar siswa diajak mencari kejelasan isi pesan keharusan nilai moral; (e)moral analysis, yaitu pendekatan agar siswa dirangsang untuk melakukan analisis nilai moral; (f)moral awareness, yaitu pendekatan agar siswa menerima stimulus dan dibangkitkan kesadaran akan nilai tertentu; (g)commitment approach, yaitu pendekatan agar siswa sejak awal diajak menyepakati adanya suatu pola pikir dalam proses pendidikan nilai; (h)union approach, yaitu pendekatan agar peserta didik diarahkan untuk melaksanakan secara riil dalam suatu kehidupan

8 Langkah Pembinaan Karakter Siswa
#semoga bermanfaat

Referensi :
Doni Koesoema A.2009. Pendidikan Karakter. di zaman keblinger. Jakarta : Grasindo.
Sofyan Sauri dan Achmad Hufad.2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan-FIP UPI Bandung.

0
3.6K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan