Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

georgebush.jrAvatar border
TS
georgebush.jr
10 Kisah Sukses Amerika Serikat Memerangi Rokok
Amerika adalah contoh kisah sukses bagaimana negara gigih dan akhirnya berhasil memerangi rokok. Belum terlalu berhasil memang, karena masih banyak orang sana yang merokok, namun jumlahnya menurun drastis.

Angka statistik berbicara: tahun 1964 jumlah perokok di Amerika sebesar 42% orang dewasa. Setengah abad kemudian, tahun 2014, jumlahnya menurun menjadi 18%.

Penurunan lebih dari 57% adalah prestasi yang luar biasa bagi kebiasaan yang dianggap sebagai simbol kejantanan.

Perjuangan melawan rokok tentu saja butuh komitmen. Keberhasilan Amarika tidak datang begitu saja, tetapi terentang dalam kurun waktu 50 tahun.

Berikut ini adalah 10 Kisah Sukses Amerika Memerangi Rokok:

1. Penerapan label peringatan dini di bungkus rokok

Amerika adalah negara pertama di dunia yang menerapkan harus ada peringatan bahaya dalam setiap bungkus rokok yang dijual. Peraturan ini dtetapkan sejak tahun 1966.

Iklan Kesehatan Masyarakat Anti Rokok
Iklan rokok merajai televisi dan radio di Amerika pada tahun 1960-an. Untuk mengimbangi perang informasi ini, pemerintah sejak tahun 1967 gencar memasang iklan layanan masyarakat untuk menyampaikan pesan tentang bahaya rokok.

Bahkan lebih galak lagi, pemerintah menyetop iklan rokok sejak tahun 1971. Iklan rokok yang terakhir mengudara adalah pada acara Johnny Carson Tonight Show.


2. Asap Rokok adalah Berbahaya

Laporan Surgeon General edisi tahun 1972 adalah yang pertama kali menyebutkan pada asap rokok ada bahaya besar. Namun baru pada tahun 1984 dan seterusnya laporan lengkap tentang bahaya merokok diterbitkan. Sejak tahun 1964, sekitar 2,5 juta perokok tewas.


3. Pembatasan Merokok dalam Gedung


Penerapan aturan ini berbeda untuk setiap negara bagian dan Arizona adalah perintisnya. Arizona adalah negara bagian pertama yang tegas memberlakukan aturan DILARANG MEROKOK di gedung-gedung pemerintah, fasilitas kesehatan dan tempat umum lainnya, sejak tahun 1973 alias 40 tahun yang lalu. Ini adalah aturan pertama dalam ranah ‘negara berhak menerapkan hukum udara dalam ruangan’.


4. Militer Amerika mengadopsi aturan Surgeon General


Sebelum tahun 1975, militer Amerika punya anggaran uang rokok bagi para tentara. Seruan Surgeon General akhirnya mereka patuhi: jatah uang rokok dihapus! Angkatan Darat dan Angkatan Laut adalah dua kesatuan yang pertama kali menghentikan anggaran tersebut, sejak tahun 1975. Namun baru pada tahun 1994 seluruh kesatuan mengadopsi aturan tersebut. Dan terakhir yang menerapkannya adalah awak kapal selam pada tahun 2010.



5. Perpajakan Oposisi

Negara bagian California pada tahun 1988 meloloskan aturan pajak tembakau yang menggunakan dana untuk mendanai program pengendalian tembakau yang dikelola negara.

Pada tahun 1995, California juga menjadi negara pertama yang melarang merokok di bar dan restoran.


6. Kampanye Bahaya Efek Nikotin


Butuh waktu sampai 1988 untuk Surgeon General menyatakan bahwa nikotin, zat yang ditemukan dalam setiap rokok termasuk jenis elektronik, adalah adiktif.

Larangan Merokok dalam Dunia Penerbangan
Kongres melarang merokok di penerbangan domestik Amerika pada tahun 1990.


7. Kegigihan FDA

The Food and Drug Administration (FDA) pertama kali mencoba untuk mengatur produksi dan pemasaran produk tembakau pada tahun 1996. Namun baru 3 tahun kemudian Departemen Kehakiman mengajukan gugatan terhadap perusahaan tembakau karena berbohong kepada publik Amerika tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Pada tahun 2006, perusahaan dinyatakan bersalah oleh hakim federal.

Pada tahun 2009, keluarga Merokok Pencegahan dan Pengendalian Tembakau UU akan memungkinkan FDA untuk membatasi produksi, pemasaran dan penjualan produk-produk tembakau.



8. Hukum Gratis asap Datang ke Negara Dekat Anda

Surgeon General menyebutkan, pada tahun 2010, 25 negara bagian telah memberlakukan undang-undang bebas asap rokok yang komprehensif. Banyak kota secara independen bahkan mulai untuk mengendalikan e-rokok dengan cara yang sama, meskipun rokok jenis tersebut tidak mengandung asap.


Sumber:

http://www.beritau.net/2014/01/10-ki...ngi-rokok.html

Indonesia bisa seperti Amerika! emoticon-I Love Indonesia

Berhenti merokok sebelum menyesal emoticon-Smilie
Jangan tunggu vonis dokter untuk berhenti merokok emoticon-Smilie
0
3.8K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan