rantaikehidupanAvatar border
TS
rantaikehidupan
Quebec Kanada larang perempuan kenakan burqa dan niqab
Merdeka.com - Quebec, salah satu provinsi di Kanada, baru saja menerapkan larangan perempuan mengenakan burqa dan niqab di depan umum. Kota di Kanada yang menggunakan bahasa Prancis tersebut telah menjadi yang pertama di Amerika Utara untuk menerapkan undang-undang semacam itu.

Meskipun undang-undang tersebut tidak menentukan batasan wajah mana yang dilarang, perdebatan sebagian besar berfokus pada niqab, jilbab Islam yang mencakup seluruh tubuh kecuali mata, dan burqa yang kurang umum, yang menutupi keseluruhan wajah.

Ketika UU mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2018, undang-undang tersebut akan mempengaruhi kinerja pegawai sektor publik seperti guru, petugas polisi, petugas rumah sakit dan tempat penitipan anak.

Quebec mengikuti jejak Prancis menerapkan larangan cadar, salib dan simbol keagamaan lainnya di tahun 2004.

"Kami hanya mengatakan alasan yang berkaitan dengan komunikasi, identifikasi dan keamanan, pelayanan publik harus diberikan dan diterima dengan wajah terbuka. Kami berada dalam masyarakat yang bebas dan demokratis. Anda berbicara kepada saya, saya harus melihat wajah Anda dan Anda harus melihat wajah saya. Sesederhana itu," kata Perdana Menteri Philippe Couillard mengatakan kepada wartawan di Majelis Nasional provinsi tersebut, seperti dilansir dari Metro, Jumat (20/10).

Dewan Nasional Muslim mengatakan mereka sangat memperhatikan undang-undang tersebut, dan mempertimbangkan opsi-opsi hukumnya.

"Perundang-undangan ini adalah pelanggaran kebebasan beragama yang tidak dapat dibenarkan," kata direktur eksekutif Ihsaan Gardee.

Undang-undang tersebut kabarnya mengizinkan pembebasan dalam keadaan tertentu, namun belum ada rinciannya. Peraturan yang mengatur bagaimana undang-undang baru tersebut akan diberlakukan juga belum dilepaskan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan terus memastikan semua orang Kanada dilindungi oleh UU hak dan kebebasan negara, sambil menghormati pilihan yang dibuat majelis legislatif yang berbeda.

https://www.merdeka.com/dunia/quebec...dan-niqab.html
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan