Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iorvethAvatar border
TS
iorveth
Katak "Salahi Kodrat" dengan Memakan Ular, Dunia Pun Bertanya-tanya
Katak "Salahi Kodrat" dengan Memakan Ular, Dunia Pun Bertanya-tanya

KOMPAS.com - Belakangan, foto dan video katak hijau menelan ular menjadi perbincangan di sosial media.

Bagaimana tidak? Sejak sekolah dasar, selalu diajarkan dalam rantai makanan bahwa kataklah yang dimakan ular. Mungkinkah dunia sudah terbalik sehingga fenomena itu bisa terjadi?

Foto tersebut diunggah oleh Reddit pada Senin (16/10/2017) dengan judul yang tepat "One Last Scream Into the Abyssss (Jeritan terakhir menuju neraka),".

Foto tersebut memperlihatkan dua mulut yang menganga, kemungkinan di nafas terakhir ular, dia masih sempat mengintip dari kerongkongan katak ingin melarikan diri.

Meski baru muncul dan populer kembali, foto ini sebenarnya sudah diambil beberapa tahun lalu. Kemungkinan, diambil di Australia.

Meski begitu, kesempatan untuk mengulik anthropomorphize foto ini tidak ada habisnya.

Ahli biologi konservasi dan National Geographic Explorer, Jodi Rowley, mengidentifikasi spesies tersebut di Twitter sebagai katak hijau pohon Australia, yang memiliki nama Litoria caerulea.

Hewan ini dapat ditemukan di hampir seluruh kawasan Australia dan New Guinea.

Katak betina dewasa dapat mencapai panjang sekitar 12 cm. Sementara itu, katak jantan jauh lebih kecil dengan panjang sekitar tiga inci saja.

Biasanya, amfibi ini memakan serangga. Namun, mereka bisa lebih ambisius dengan mencari mangsa seperti tikus atau katak lainnya.

"(Fenomena) ini benar-benar berkaitan dengan mangsa yang lebih kecil dari ukuran mulut dan kebetulan bergerak melintas di depan pandangan," ujar Karen Lips, seornag ahli biologi konservasi dari Universitas Maryland, Washington D.C, seperti dikutip dari National Geographic, Rabu (18/10/2017).

Dia menjelaskan bahwa kebanyakan amfibi, reptil, dan ikan menelan makanan mereka secara keseluruhan. Perut akan menggembung dan menggeliat usai melahap buruan masuk ke mulut.

Karena ular memiliki tubuh yang panjang dan ramping, mungkin akan sulit bagi katak untuk menelannya sekaligus. Lips memperkirakan, sang fotografer menangkap momen yang pas, saat ular ingin melarikan diri.

Apakah hal tersebut umum atau tidak, ini merupakan pilihan sulit. Sebab, belum ada yang mengetahui dari mana foto ini diambil. Di penangkaran atau di alam liar. Sudah banyak spesies katak yang tertangkap sedang mengunyah ular dengan ukuran yang beragam.

http://sains.kompas.com/read/2017/10/21/165212723/katak-salahi-kodrat-dengan-memakan-ular-dunia-pun-bertanya-tanya

Kodok yg strong emoticon-Belo
0
5.1K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan