idhesevenAvatar border
TS
idheseven
Perubahan, Hal Nyata Yang Patut Kita Sadari dan Waspadai



Quote:





Perubahan

Hal Nyata Yang Patut Kita Sadari dan Waspadai

Sekarang agan yang masih muda terlihat muda, akan tetapi berbeda dengan 25 tahun lagi. Apa yang terjadi pada diri agan? Mungkin tidak hanya kelihatan muda, semua hal berubah pada diri agan. Bagaimana dengan lingkungan di sekitar agan? Tentu saja berbeda antara sekarang dengan 25 tahun yang akan datang. Apa saja perubahan yang terjadi pada diri agan dan lingkungan di sekitar agan? Apakah perubahan itu kecil sehingga jarang kita sadari? Ataukah itu perubahan besar yang membawa dampak besar dan kita menjadi sadar akan perubahan itu?



Itulah namanya perubahan. Sesuatu hal yang nyata terjadi, yang patut kita sadari dan waspadai. Sesuatu yang memberi bukti bahwa masa depan tidak akan selalu sama dengan sekarang ini. Perubahan tidak hanya menyangkut pada sesuatu benda, akan tetapi semua aspek dalam kehidupan bermasyarakat terkena dampak perubahan. Sebut saja dunia internet ini, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi dalam dunia internet ini bisa saja membawa dampak positif atau negatif dan juga membawa kemajuan atau menyebabkan kemunduran dalam suatu hal.



Kenapa Harus Menyadari dan Mewaspadai Akan Perubahan?

Simpel
Karena perubahan itu nyata terjadi, selalu terjadi, dan membawa dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif.



Jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentar, berikan rating lima, dan buatkan segelas cendol
Setelah gansist membaca thread ini, tinggalkanlah komentar. Komentar yang menarik akan ditarik ke pejwan


Mari kita mulai sadar dan waspada akan :

Perubahan Dalam Diri Sendiri



Diri agan saat ini berbeda dengan yang lalu. Begitupun pula berbeda dengan masa depan agan. Diri agan yang lalu mengalami perubahan menjadi diri agan yang saat ini sedang membaca thread di forum kaskus ini. Begitupun juga diri agan saat ini akan mengalami perubahan hingga suatu saat yang tidak kita tentukan. Begitu banyaknya perubahan yang terjadi pada diri agan sendiri, entah itu sikap agan, sifat agan, tingkah laku agan, kondisi fisik agan, masalah yang agan hadapi, perasaan agan, dan lain sebagainya. Terlepas dari suatu perubahan baik itu yang agan kehendaki maupun yang tidak agan kehendaki.



Perubahan di Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar saat ini pasti berbeda dengan yang lalu. Agan yang lahir tahun 80-an memandang banyak perbedaan antara tahun 2017 ini dengan tahun saat agan kecil. Banyak perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar agan. Entah itu fisik ataupun aktifitas masyarakatnya sendiri. Perubahan fisik seperti terbangunnya gedung-gedung pencakar langit, dibangunnya infrastruktur penunjang aktifitas masyarakat, dibangunnya bangunan, masjid, rel-kereta api, jembatan, dan lain-lain. Perubahan aktifitas masyarakat seperti dulu jalan kaki sekarang naik pesawat atau bisa saja sebaliknya, sekarang naik pesawat dan dulu jalan kaki. Semua perubahan tersebut didukung dengan semakin majunya perkembangan zaman, ilmu, dan teknologi.



Perubahan Membawa Dampak Besar

Ada beberapa perubahan yang membawa dampak besar. Artinya, perubahan tersebut tidak hanya berdampak pada diri agan sendiri akan tetapi berdampak pada semua aspek kehidupan bermasyarakat. Inilah yang namanya satu perubahan bisa membawa perubahan yang lain. Seperti perubahan fisik yang terjadi di lingkungan sekitar kek pembangunan mall, pembangunan bandara, tentu bisa mengubah gaya hidup masyarakat di sekitar yang dulunya sederhana menjadi modern. Sistem pemerintahan di negeri kita sekarang ini juga tentu berbeda dengan 30 tahun yang lalu. Sistem yang membawa kebijakan-kebijakan dan peraturan baru tentu saja berdampak pada perubahan aspek kecil dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti kebijakan pendidikan yaitu dalam full day school menyebabkan dampak positif dan negatif yang tak diduga, tak dikehendaki, dan tak direncanakan.



Dua Sisi Dampak Perubahan

Perubahan membawa dua berita yaitu berita baik dan berita buruk. Berita baiknya, perubahan yang terjadi membawa dampak positif bagi masyarakat. Sedangkan berita buruknya, mohon maaf ane kaga bisa mberitain emoticon-Ngakak (S). Ya tentunya membawa dampak buruk yang tak dikehendaki, tak diduga, dan tak direncanakan.



Sisi Negatif

Perubahan yang terjadi bisa membawa kemunduran bagi masyarakat. Mungkin saja di lain sisi ada yang membawa kemajuan, akan tetapi dilain sisi pula ada yang membawa kemunduran. Meskipun tidak mencakup semua. Seperti halnya perubahan teknologi gadget. Membawa kemudahan bagi masyarakatnya akan tetapi juga memberikan kemunduran dalam hal sikap, sifat, tindakan, tingkah laku, adat, dan norma sosial. Ada juga perubahan dalam proses modernisasi dan westernisasi yang mengakibatkan kemunduran moral.



Sisi Positif

Kabar baiknya, tidak semua perubahan membawa kemunduran bagi masyarakat. Ada juga yang membawa kemajuan. Satu perubahan bisa membantu manusia untuk melakukan aktifitasnya dengan mudah. Seperti adanya pesawat terbang, kereta api, kereta kencana, kereta malam, dan sejenisnya yang memudahkan manusia untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Yang tentunya, perubahan dari penghasilan sedikit ke penghasilan yang lebih banyak pun dibutuhkan untuk terjadi.



Itulah Perubahan Yang Patut Kita Sadari dan Waspadai

Dengan menyadari akan perubahan yang nyata terjadi baik dalam diri kita maupun pada lingkungan sekitar kita bisa merasakan bahwa masa sekarang berbeda dengan masa yang telah berlalu, begitupun masa depan akan jauh berbeda dengan masa sekarang. Membuat kita lebih waspada akan dampak yang ditimbulkan dan selalu berusaha untuk memperbaiki kepada suatu kemajuan dan menghindari suatu kemunduran yang merugikan. Terlepas dari perubahan yang membawa dampak kecil ataupun besar, yang kita kehendaki ataupun yang tidak kita kehendaki, yang tak terduga mapun diduga-duga, yang direncanakan atau direncanakan, hendaknya kita tetap berikhtiar melakukan yang terbaik dan memberi manfaat bagi kita dan semua orang di sekitar kita. Serta berserah diri akan adanya perubahan yang nyata terjadi dan kita terima.



Berikan komentar sekarang juga. Komentar yang menarik dan berbobot akan ditarik ke pejwan pertamax
(post satu / dalam thread ini)

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Diubah oleh idheseven 20-10-2017 11:02
0
16.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan