Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Benarkah Setiap Orang Punya Indera Ke-6? Inilah Fakta Unik yang Belum Banyak Disadari
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Apa sih yang terbayang di benak kamu ketika mendengar indera ke-6? Kemampuan melihat hal-hal tak kasat mata? Atau kemampuan memprediksi masa depan? Apapun itu, mungkin banyak ya yang berpikir bahwa indera ke-6 merupakan kemampuan unik dan nggak semua orang punya kemampuan indera ke-6. Padahal indera-6 itu nggak melulu soal kemampuan aneh-aneh atau serba luar biasa seperti yang orang-orang bayangkan pada umumnya lho. Dan faktanya, kita semua bisa saja memiliki kemampuan tersebut.


Terkadang ada hal yang kita ketahui tanpa kita tahu bagaimana bisa kita mengetahui hal tersebut. Misalnya aja nih, kamu lihat kedua foto tersebut dan kamu bisa dengan mudahnya membedakan mana orang dengan senyum yang palsu, mana senyum yang tulus kan? Mungkin ini karena kamu bisa membedakannya dari matanya yang “tersenyum” atau nggak. Situasi lain lagi, misalnya kamu duduk di sebuah restoran yang ramai dan kamu menutup mata, kamu bisa merasakan ada seseorang yang lewat di samping kamu meskipun suaranya hampir nggak kedengaran. Atau misalnya ketika kamu lagi sibuk melihat ke layar gadget tapi kamu merasa ada orang lain yang memerhatikan kamu. Kamu pun bisa merasakan ada orang yang menatap kamu kan?


Yap, itulah yang disebut dengan intuisi atau indera ke-6 kita. Indera yang berasal dari sensori fisik diakui memang ada 5, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan perabaan. Sedangkan kita juga dianugerahi indera lain yang mampu mengenal respon yang bukan dari sensori fisik. Bisa jadi bersumber dari naluri, perasaan, intuisi, dan banyak lagi sehingga hal sekompleks ini agak sulit jika dikategorikan sebagai indera karena nggak semua orang bisa paham dengan mudah mengenai cara kerja indera ini.


Kemampuan kita untuk membedakan mana senyum palsu dan tulus atau kemampuan kita memprediksi kehadiran orang lain itu dinamakan “implicit learning”. Normalnya, kita menyimpan informasi secara sadar dan lengkap. Tapi secara nggak sadar manusia pun belajar sesuatu ketika tumbuh dan berkembang yang pastinya nggak diajari di sekolah karena ini adalah kemampuan alamiah manusia. Kita belajar untuk mengasosiasikan antar indera, misalnya nih informasi visual dari penglihatan dihubungkan juga dengan informasi akustik dari pendengaran. Nah, dari situ kita akan terbiasa menghadirkan intuisi untuk memperkirakan informasi lainnya. Contohnya, ketika matamu tertutup, kamu masih bisa memprediksi seberapa jauh seseorang terhadapmu hanya dengan mendengar langkah kakinya. Hebat kan?


Jadi, perlu banget nih dipahami bahwa indera ke-6 nggak selalu tentang kemampuan spiritual unik seperti melihat hantu atau membaca pikiran orang lain. Kita semua memang memiliki indera ke-6 yang justru nggak kita sadari. Bayangkan aja kalau manusia nggak punya intuisi dan hanya mengandalkan 5 indera, bisa-bisa kamu jadi orang yang nggak peka sama sekali, bahkan terhadap dirimu sendiri. Hebatnya lagi, indera ke-6 ini bisa memperkirakan kepribadian seseorang di hadapan kita hingga memprediksi bahaya di sekitar kita lho.


Yang jelas, indera ke-6 adalah anugerah yang diciptakan agar manusia bisa berpikir dengan lebih baik dalam melakukan sesuatu. Indera ke-6 itu bukanlah hal yang aneh bin ajaib karena kita semua punya indera ke-6. Kalau kamu merasa punya indera yang lain, nggak menutup kemungkinan ada orang yang diberikan keunikan memiliki indera ke-7, ke-8, dan seterusnya. Thank God, you created us human as incredibly living things!

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
4.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan