Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

milestaAvatar border
TS
milesta
DogVacay, AirBnB untuk Anjing yang Berpenghasilan 800 Miliar/Tahun
Kalo agan adalah pemilik peliharaan, pasti agan tau betapa susahnya mencari orang atau tempat yang bisa dititipkan hewan ketika perlu berpergian ke luar kota untuk beberapa hari tanpa harus merasa khawatir. Disitulah DogVacay mengambil peluangnya.



DogVacay ini semacam AirBnB, tapi khusus untuk anjing. DogVacay menghubungkan pemilik anjing dengan 10,000 pengasuh anjing (dog-sitter) yang sudah terseleksi dan terlatih diseluruh Amerika Serikat hingga Kanada. Ide ini muncul karena Aaron Hirschhorn, founder DogVacay, pernah mengalami pengalaman tak mengenakkan menggunakan jasa penitipan anjing yang ada di sekitar bandara. “Setelah pulang, seekor anjing saya selama tiga hari terus bersembunyi di bawah meja. Karena hal itu, saya takut untuk menitipkannya lagi”.

Ia merasa yakin bahwa ia bukanlah satu-satunya orang yang merasa kecewa dengan jasa penitipan anjing yang sudah ada, karena itu ia kemudian membuka jasa penitipan anjing dan mengggunggah iklannya di aplikasi Yelp pada tahun 2010. Tak beberapa lama, seseorang menghubunginya “Teman saya tidak bisa menjaga anjing saya, bisakah anda menjaganya untuk semalam?”. Hirschhorn pun menerima tawaran tersebut dengan upah $50, ia juga mengirimkan foto dan video si anjing selama dalam pengawasannya. Pelanggan pertama tersebut merasa puas dengan layanan Hirschhorn dan memberikan 5 bintang di Yelp.

Kemudian dalam jangka waktu satu tahun, ia telah menjaga 111 anjing dan menghasilkan $35,000 (Sekitar 420 juta). Hirschhorn mengatakan bahwa ia senang melakukan pekerjaan ini karena ia memang menikmati aktifitas merawat anjing. Tapi ketika ia mendengar kesuksesan AirBnB, ia pun mendapatkan ide untuk mengembangkan bisnisnya dengan konsep yang sama. Tahun 2012, DogVacay-pun terbentuk. Start-up ini berusaha untuk menghubungkan pemilik anjing dengan warga yang bersedia dititipi hewan. Para penjaga anjing yang ia rekrut meliputi para remaja yang ingin menambah uang saku, freelancer yang bekerja di rumah, anggota keluarga yang berada di rumah seharian dan orang yang sudah pension.

Meski tugasnya hanya untuk menjaga anjing, DogVacay melakukan seleksi yang ketat mengenai profile sitter dan keahlian mereka dalam menjaga anjing. Setelah itu ada juga test serta video training course. Hanya 20% dari jumlah keseluruhan pelamar yang diterima. Ia juga mewajibkan semua sitter untuk mengirimkan foto dan video update anjing yang dijaganya kepada sang pemilik.


Kini DogVacay juga menawarkan jasa penitipan untuk hewan lainnya seperti kucing, kelinci dan ayam. Untuk menggunakan jasa dogVacay, customer bisa melakukan booking melalui web ataupun aplikasi ponsel. Harga penitipannya berkisar $30-70/ malam dan tarif untuk membawa anjing jalan-jalan seharga $20-40 dan DogVacai akan menerima 15% dari harga tersebut. Kini tercatat ada 40.000 sitter dan 75 karyawan di DogVacay. Sempat mendapat suntikan investasi sebesar $47juta, kini DogVacay berhasil mendapatkan penghasilan hingga $70 juta atau 840 miliar rupiah pertahun.


0
1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan