CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59e6a8f3d89b0929068b4567/tips-memilih-kamera-yang-tepat-untuk-traveling

Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling

Ketika kamu sudah selesai melakukan kegiatan packing sebelum lanjut melakukan perjalanan, kamu mulai merasakan ada sesuatu yang kurang. Ya, kamu ingin membawa kamera tetapi masih bingung memilih kamera apa yang cocok untuk kegiatan traveling-mu.

Perkembangan kamera dan teknologi saat ini tengah mengalami kemajuan yang pesat sehingga kamu pun memiliki banyak variasi pilihan untuk memilih kamera yang terbaik. Mengetahui lebih dahulu tentang seluk-beluk berbagai jenis kamera tentunya dapat kamu jadikan pertimbangan agar dapat mengetahui kamera apa yang tepat untuk kamu jadikan teman traveling.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya dalam tips memilih kamera yang tepat agar kegiatan travelingmu semakin menyenangkan berikut ini.


MENGENAL BERBAGAI JENIS KAMERA

1. Kamera Smartphone Untukmu yang Ingin Mengabadikan Momen
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Kamera Smartphone

Kelebihan
Dahulu, kamera smartphone kurang dipertimbangkan sebagai kamera serius yang akan dibawa sebagai teman perjalanan. Namun saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi, kemajuan kamera pada smartphone juga tentunya patut untuk kamu pertimbangkan.

Kamera smartphone dewasa ini merupakan jenis kamera yang hampir pasti dimiliki oleh banyak orang. Memiliki kualitas gambar yang baik, hampir selalu standby, selalu ada di saku dan mudah digunakan adalah beberapa alasan mengapa kamera smartphone sangat dipertimbangkan dewasa ini.

Saat ini, telah ada berbagai jenis smartphone yang menawarkan kamera dengan lensa yang bagus berikut juga hasil foto yang baik. Selain itu, menggunakan kamera smartphone juga berarti kamu dapat langsung dengan mudah meng-update-nya di media sosialmu secara real time.

Itulah sebabnya, kamera smartphone sangat cocok bagi kamu yang ingin mengabadikan moment selama perjalanan secara terus menerus.

Kekurangan
Namun, kamera smartphone juga memiliki kekurangan. Kualitas kamera smartphone masih kurang bagus jika dibandingkan dengan kamera saku karena fungsi utama smartphone memang bukan terletak di kamera.

Selain itu, karena difungsikan pula sebagai alat komunikasi, hal ini menyebabkan baterai kamera smartphone menjadi cepat terkuras. Untuk itu, sebagai tips, kamu bisa memilih smartphone yang baterenya dapat dicopot sehingga kamu senantiasa memiliki baterai cadangan.

Smartphone sendiri memiliki harga yang cukup bervariasi yang tentunya dapat kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu. Harga yang ditawarkan untuk smartphone dengan kamera berkisar antara ratusan ribu hingga 10 juta rupiah.


2. Kamera Saku (Pocket Camera) Untukmu yang Ingin Jalan-jalan Santai
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Kamera Saku

KELEBIHAN
Inilah dia alternative lain bagi kamu yang ingin memiliki kamera yang lebih baik daripada kamera smartphone. Kamera saku ini memiliki bentuk yang ringkas serta cukup untuk di kantong.

Kamera saku sangat cocok untukmu yang memiliki tujuan traveling untuk sekedar berjalan-jalan santai. Kamera saku memiliki kualitas gambar yang bagus mendekati DSLR dan di atas camera smartphone.

Selain itu, kamera saku juga mampu mengabadikan gambar-gambar dengan sangat baik. Kamera saku sangat cocok untukmu yang tidak ingin repot membawa kamera SLR yang memiliki body besar dan berat.

Kamera saku sebenarnya lebih cocok jika disebut dengan non-interchangeable lens camera atau kamera yang lensanya tidak dapat diganti-ganti. Ini artinya, ketika kamu sudah membeli kamera saku, maka kamu tidak dapat mengganti lensa kamera tersebut.

Untuk masalah harga, kamera saku memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun, harga tersebut bervariasi antara ratusan ribu hingga puluhan juta. Sebagai rekomendasi, jika kamu ingin memiliki kamera saku dengan hasil gambar yang memukau, kamu dapat memilih kamera dengan harga bervariasi antara 8 hingga 12 juta rupiah.

Kamera saku juga tergolong tidak sulit untuk dipelajari sehingga kamu dapat dengan mudah langsung menguasai teknik penggunaan kamera saku ini. Selain itu, kamera saku juga memiliki kualitas yang lumayan baik untuk video.

Rata-rata kamera saku mampu mengambil sekitar 190 hingga 250 foto sebelum harus kembali di charge. Kamera saku memang merupakan kamera yang cocok untuk kamu yang ingin memiliki foto yang lebih bagus dari kamera smartphone tanpa harus mempelajari banyak tips fotografi.

KEKURANGAN
Meskipun cukup banyak memiliki kelebihan, namun kamera saku juga memiliki kekurangan. Kamera ini memiliki kualitas yang kurang begitu baik jika kamu gunakan pada malam hari atau pada tempat yang tidak memiliki begitu banyak cahaya (kondisi low light).

Sekalipun memiliki kualitas gambar yang mendekati kamera DSLR atau Mirrorless, namun kualitas gambar kamera saku masih kalah jika dibandingkan dengan dua kamera tersebut.

Selain itu, dari segi aksesoris pun masih tergolong terbatas jika dibandingkan dengan kamera lainnya. Hal ini karena kamera ini merupakan non-interchangeable lens camera atau kamera yang lensanya tidak dapat kamu ganti-ganti.


3. Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Untukmu yang Ingin Traveling Sambil Belajar Fotografi
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Kamera DSLR

Kamera DSLR merupakan kamera dengan cermin dan prisma yang memudahkan fotografer untuk mengintip melalui lensa dan melihat objek yang sama persis dengan yang akan diterima oleh sensor atau film. Kamera ini biasanya digunakan oleh fotografer pemula hingga professional.

KELEBIHAN
Kamera DSLR memiliki lensa yang dapat ditukar atau diganti-ganti sehingga dapat bervariasi. Selain itu, kamera ini memiliki setting manual yang komplit sehingga kamu dapat mengatur sendiri settingan kamera yang terbaik menurutmu.

Kamera DSLR memiliki sensor yang lebih besar dari kamera saku, sehingga kamera ini memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Kamera ini sangat cocok untuk kamu yang ingin traveling dengan tujuan untuk hunting foto atau belajar fotografi.

Kelebihan lain dari kamera DSLR adalah kamera ini memiliki banyak pilihan untuk lensa tambahan, dari jenis wide angle hingga telephoto.

Kamera DSLR juga bagus digunakan pada waktu malam hari dan kondisi dengan cahaya yang tidak begitu banyak (low light) karena memiliki sensor yang besar, manual settings serta lensa yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Jika kamu ingin merekam video, kamera DSLR juga memiliki kemampuan merekam video yang sangat bagus. Selain itu, kamera ini juga memiliki baterai yang tahan lama.

KEKURANGAN
Meskipun demikian, kamera DSLR juga memiliki kekurangan. Kamera ini memiliki bobot yang berat dan kurang praktis. Belum lagi jika kamu ingin membawa lensa tambahan, maka kamu akan membawa beban kamera yang sangat berat. Hal ini menyebabkan kamera DSLR hanya cocok digunakan untuk kamu yang tidak keberatan membawa kamera besar pada saat traveling.

Saat ini, kamera DSLR sudah menyediakan mode otomatis yang dapat langsung menyesuaikan dengan kondisi untukmu berfoto. Namun jika kamu ingin belajar menggunakan DSLR secara keseluruhan, kamu membutuhkan waktu lebih serta latihan yang terus-menerus agar semakin luwes dalam menggunakan DSLR.

Selain itu, kamera DSLR juga tidak cocok untuk kamu gunakan pada kegiatan traveling yang esktrim seperti hiking atau wall climbing.

Dari segi harga, kamera DSLR tergolong merupakan kamera yang mahal. Kamera ini memiliki variasi harga yang berkisar antara 4 juta-an hingga puluhan juta. Untuk tambahan lensa, kamu dapat mengeluarkan dana yang bervariasi antara ratusan ribu hingga ratusan juta tergantung jenis lensa yang ingin kamu gunakan.


4. Kamera Mirrorless Untukmu yang Ingin Gabungan Antara Kamera Saku dan Kamera DSLR
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless adalah jenis kamera lain yang didesain untuk mendapatkan keuntungan sensor digital. Dengan menghilangkan cermin dan prisma, fotografer dapat langsung mendapatkan komposisi yang diinginakn langsung di layar kamera.

KELEBIHAN
Kelebihan menggunakan kamera mirrorless adalah kamera ini memiliki lensa yang bisa diganti-ganti, meskipun demikian lensa kamera ini berbeda dengan lensa kamera DSLR.

Hal lain yang menyenangkan dari kamera mirrorless adalah kamera ini memiliki body yang kecil dan ringan. Itulah sebabnya kamera ini seringkali disebut sebagai gabungan antara kamera saku dan DSLR karena walaupun memiliki bobot yang ringan, namun mampu menghasilkan gambar berkualitas seperti kamera DSLR.

Kamera mirrorless merupakan kamera favorit para traveler karena cocok juga untuk digunakan pada aktivitas traveling yang ekstrim seperti hiking dan wall climbing.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera mirrorless juga tergolong sangat bagus, baik pada waktu siang hari maupun malam hari. Ya, kamera dengan jenis mirrorless ini cocok untuk kamu gunakan pada waktu malam hari atau pada waktu kondisi low light.

Kamera ini juga bagus untuk kamu gunakan merekam gambar. Kamera dengan jenis mirrorless ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kamera dengan kualitas gambar sebagus DSLR tetapi tidak memiliki bobot yang berat.

KEKURANGAN
Meskipun demikian, kamera mirrorless juga memiliki kekurangan. Meskipun lensanya dapat diganti-ganti, tetapi pilihan lensa sendiri tidak sebanyak pilihan lensa yang dimiliki oleh kamera DSLR.

Kamu masih memiliki kesempatan untuk menggunakan lensa kamera DSLR pada kamera mirrorless, namun kamu harus membeli adapter-nya terlebih dahulu.

Saat ini, kamera mirrorless sudah menyediakan mode otomatis yang dapat langsung menyesuaikan dengan kondisi untukmu berfoto. Namun jika kamu ingin belajar menggunakan mirrorless secara keseluruhan, kamu membutuhkan waktu lebih serta latihan yang terus-menerus agar semakin luwes dalam menggunakan mirrorless.

Dari segi batere, kamera mirrorless ini juga memiliki batere yang cenderung lebih cepat habis. Itulah sebabnya, kamu sangat dianjurkan untuk memiliki batere tambahan jika kamu ingin memiliki kamera mirrorless.

Kamera mirrorless memiliki harga yang bervariasi, antara 4 juta hingga puluhan juta rupiah.


5. Handycam Untukmu yang Senang Merekam Video
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Handycam

Bagi kamu yang senang merekam video, kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan handycam yang dapat kamu gunakan untuk merekam video dengan baik. Handycam cocok untuk kamu yang ingin mengabadikan momen-momen liburan.

KELEBIHAN
Walaupun saat ini rata-rata kamera mampu menghasilkan kualitas gambar untuk video yang bagus, namun kamu tetap sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan handycam untuk merekam.

Hal ini dikarenakan handycam memiliki space memori yang besar untuk merekam. Selain itu, fungsi utamanya juga memang untuk merekam sehingga kamu dapat mendapatkan hasil rekaman yang bagus dengan menggunakan handycam.

Handycam juga dilengkapi dengan lensa dengan zoom yang panjang. Selain itu, pastikan pula kamu merekam dengan menggunakan handycam yang memiliki baterai yang dapat diganti-ganti. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengganti baterai dengan cepat tanpa harus kehilangan momen saat sedang liburan.

Selain itu, handycam juga cocok digunakan untukmu yang ingin mengambil video dalam waktu yang lama. Saat ini, harga handycam berkisar antara satu hingga sepuluh juta rupiah tergantung dengan kebutuhanmu.

KEKURANGAN
Karena fungsi utamanya sebagai perekam video, meskipun dapat mengambil gambar secara statis, namun kualitas gambarnya tidak sebaik kamera yang memiliki fungsi utama untuk memotret gambar.


6. Kamera Go Pro (Sport Camera) Untukmu yang Adventurous
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Kamera Go Pro

Bagi kamu yang sangat menyukai petualangan, ini dia jenis kamera yang sangat cocok untukmu. Kamera ini cocok untuk kegiatan adventure seperti trekking, parasaling dan bungee jumping. Ya, kamera ini merupakan kamera Go Pro atau Sport Camera.

KELEBIHAN
Kamera ini memiliki bentuk yang compact dan fleksibel. Hal ini mengakibatkan kamera ini mudah dibawa kemana-mana.

Kamu juga tidak begitu mengalami kesulitan jika ingin menggunakan kamera ini karena tidak begitu sulit untuk mengoperasikannya. Kamera ini juga cukup bagus untuk kamu gunakan pada waktu malam hari atau pada waktu kondisi pencahayaan tidak begitu memadai (low light).

Kamera ini sangat bagus untuk kamu gunakan merekam video, terutama video yang slow motion. Dari segi baterai, kamera ini mampu bertahan merekam video selama 2,5 jam terus menerus.

KEKURANGAN
Menggunakan kamera ini berarti cukup sulit untuk mendapatkan foto dengan exposure dan white balance yang baik. Selain itu, harga kamera ini juga tergolong relatif mahal dan kualitas gambarnya masih belum begitu baik.

Jika kamu ingin mendapatkan gambar dengan kualitas yang baik, maka kamu sebaiknya membeli aksesoris tambahan untuk kamera ini.



MEMILIH KAMERA YANG TEPAT UNTUK KEGIATAN TRAVELINGMU, TERUTAMA UNTUK KAMU YANG BERJIWA PETUALANG

1. Memilih Kamera yang Tahan Air
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Memilih Kamera yang Tahan Air via goproempire.com

Kamera yang tahan air bagus untuk kamu yang memiliki hobi traveling dan mengeksplorasi alam. Kamu seharusnya memiliki kamera yang cocok untuk digunakan pada semua kondisi cuaca, baik saat kondisi cuaca sedang cerah maupun hujan.

Memiliki kamera yang tahan air atau underwater juga baik untuk kamu miliki terutama jika kamu memiliki hobi snorkeling atau diving. Dengan menggunakan kamera yang tahan air, tentu kamu dapat mendapatkan hasil jepretan gambar yang menakjubkan saat sedang menyelam di dalam air.


2. Memilih Kamera dengan Sudut Lensa yang Lebih Besar
Kalau kamu adalah petualang sejati, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk memiliki action camera yang memiliki sudut lensa sekitar 120 hingga 170 derajat. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan view yang lebih besar dan stabil.

Action camera ini berbeda dengan kamera biasa yang didesain untuk posisi statis, karena action camera ini akan memudahkanmu untuk mengambil gambar pada berbagai gerakan. Dengan menggunakan action camera dengan jenis ini, kamu dapat mendapatkan gambar dengan view yang lebih lebar.


3. Mudah di-share
Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
Mudah di-share di Media Sosial

Di era media sosial seperti saat ini, kebutuhan untuk langsung menyebarkan foto kegiatan saat ini menjadi sangat diperhitungkan. Jika kamu menggunakan action camera, kamu dapat mengakses dan meng-share fotomu dengan cepat karena dapat dikontrol melalui smartphone atau tablet.

Tentunya hal ini akan memudahkanmu serta lebih praktis. Dengan demikian, foto kegiatanmu saat ini akan langsung dapat tersebar dengan mudah.


4. Kecil, Ringan dan Praktis
Jika kamu menggunakan action camera sebagai kamera travelingmu, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat kemudahan karena kamera ini adalah kamera yang kecil, ringan dan praktis. Kamera ini memiliki bentuk yang kecil dan ringan sehingga dapat kamu gunakan pada hampir berbagai kesempatan.

Dari segi kepraktisan, kamera ini juga tergolong praktis karena kamu dapat mengalungkannya di dada, tubuh atau pinggang sehingga tidak akan merepotkanmu.



Itulah dia, pembahasan mengenai tips memilih kamera yang tepat agar kegiatan travelingmu semakin menyenangkan. Nah, tidak usah khawatir karena jenis kamera sendiri dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan travelingmu.

Happy traveling!

SUMBER

Halaman 1 dari 5
mejeng dulu gan
ane mh go pro aja gan
kamera hp aja deh emoticon-Traveller
kamera hp aja bre simple tapi multifungsi emoticon-Cool
Kamera hp aja lah
hooh kamera hape aja
ane masih setia pake kamera N3310 bre

cocok di segala kondisi

kondisi perang sekalipun
kalo ane sihh kamera hp biasa ajah
emoticon-Sorry
Quote:


Ane sih pakai kamera cctv.

Nyopot dari pojokan tempat wisata. Tips Memilih Kamera yang Tepat Untuk Traveling
klo mo ngintip orang mandi pake kamera yg mana gan emoticon-Bingung
Punyanya cuma kamera hp emoticon-Nohope
kamera hape symbian aja ah emoticon-Ngacir
go pro kan merk. tulis saja action cam emoticon-Smilie
dari pilihan diatas, semuanya blm mampu dibeli emoticon-Ngakak
drone jg, memaksimalkan hasil jepretan atau video
kamera polaroid
Wah mantep ulasannya brey..
Tp kalo ane pake smartphone ajaa d.. blm bs beli kamera emoticon-Maluemoticon-linux
kamera pocket udh cukup lah emoticon-Cool
Pake kamera vivo ultra perfect super ultimate beautiful selfie dong bree emoticon-Cool

Btw ane gembok ye bree emoticon-Big Grin yg kamera nya vga di belakang yeee
Diubah oleh gustavbaskoro
kamera hape Gan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di