Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ay.fad99Avatar border
TS
ay.fad99
Kulit Bebas Stretchmark Setelah Hamil? Bisa Dong !


Halo Bunda-bunda cantik sekalian! Bunda kesal nggak sih jika timbul garis putih ini di kulit? Hmm, memang stretchmark sering membuat tak percaya diri karena membuat kulit nggak mulus lagi. Tapi, nggak perlu resah kalau anda memiliki stretchmark setelah melahirkan karena ini adalah kondisi yang umum. Sekitar 90% wanita memilikinya, terutama di trisemester kehamilan terakhir, demikian pengalaman saya.

Untuk Anda yang baru jadi Bunda, mungkin penasaran apa sih stretchmark itu?

Stretchmark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh yang terdapat banyak lemak, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, bokong, dan paha. Guratan ini mulanya berwarna merah, lalu berubah menjadi merah muda, ungu, dan lama kelamaan akan menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit asli Bunda.

Tapi nggak semua wanita mengalami stretchmark lho, Bund. Biasanya hanya dialami orang yang kulitnya kekurangan kolagen atau protein yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi lentur. Stretchmark umumnya terjadi karena tubuh berkembang lebih cepat dari perkembangan normal sehingga kulit dipaksa merenggang. Jadi saat terjadinya peregangan kulit dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan kulit dermis akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Nah, kondisi itulah yang disebut stretchmark.

Stretchmark paling sering timbul pada masa kehamilan dan setelah berat badan meningkat secara drastis. Tapi, ada juga stretchmark yang muncul karena pubertas. lho. Nah, selain itu ada juga beberapa penyebab timbulnya garis putih di kulit ini, seperti:

Quote:


Stretchmark itu sebenarnya nggak berbahaya, hanya saja kebanyakan wanita pasti merasa risih dan membuat kulit tampak tidak menarik lagi. Tapi, tenang saja. Stretchmark bisa dihilangkan, kok! Mau tau caranya?

1. Kamuflase dengan kosmetik
Stretchmark dapat disamarkan dengan mengoleskan krim khusus sesuai warna kulit yang dijual bebas di pasaran. Beberapa tipe krim bersifat tahan air sehingga dapat bertahan 2-3 hari.

2. Krim penghilang stretchmark
Sekarang ini banyak krim, lotion, dan gel yang mengklaim bahwa produknya dapat menghilangkan stretchmark. Namun, jika memakai lotion sebaiknya dioleskan saat stretchmark masih berwarna kemerahan atau sebelum tanda-tanda stretchmark mulai muncul.

3. Terapi laser
Energi sinar laser diserap pembuluh darah di bawah lapisan stretchmark sehingga berubah warna menjadi putih atau memudar. Meski begitu, terapi ini tidak dapat menghilangkan stretchmark sepenuhnya melainkan hanya membuatnya tidak nampak. Proses lain adalah dengan mikrodermabrasi, yaitu perawatan dengan pengaplikasian kristal untuk membersihkan permukaan kulit. Perawatan ini biasanya digunakan dalam perawatan stretchmark yang sudah lama terbentuk.

4. Operasi kecantikan
Metode ini dapat dilakukan dengan menghilangkan kelebihan lemak dan kulit pada perut atas, serta pada bagian bawah bokong. Sayangnya, prosedur ini terbilang mahal dan jarang sekali direkomendasikan.


Untuk mencegah stretchmark bunda dapat mempertahankan agar berat badan bundah tidak berkurang lebih dari setengah kilogram per minggu, biasakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E dan vitamin C serta mineral silikon dan seng.

Segitu aja sih tips-tips dari saya, mungkin bunda yang lain mau nambahin sok atuh silahkeun, siapa tau membantu bunda-bunda cantik lainnya yang lagi menyimak forum ini. Hehehe. Mangga diatos komenna.
0
6.7K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan