- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bagus ga di puji, Jelek di hina ┐(‘~`;)┌ PLN (✿◠‿◠) Ayo hemat energi


TS
babygani86
Bagus ga di puji, Jelek di hina ┐(‘~`;)┌ PLN (✿◠‿◠) Ayo hemat energi

Quote:
Karena rindu dengan terang yang abadi, kita berharap pada pemangku tugas, penyedia jasa layanan listrik PLN. Semua juga tahu, PLN itu bukan Perusahaan Lilin Negara, juga bukan Perusahaan Listrik Nyusahin, tapi Perusahaan Listrik Negara. Dan PLN itu sudah berdiri sejak tahun 1965. Hingga kini jabatan direktur utama masih dipegang oleh Sofyan Basir dari sejak 2014.
Namun dengan segala jasa dan pelayanan yang sudah diberikannya, dengan karyawannya yang kami percaya punya loyalitas tanpa batas, masih juga banyak keluhan. Listrik disentuh menyengat, telat bayar menyengat, byar pet keseringan juga menyengat. Mulai dari subsidi yang dicabut
Spoiler for Subsidi 900 VA Dicabut, 54.000 Pelanggan Komplain ke PLN:
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendapatkan komplain dari 54.000 pelanggan menyusul pencabutan subsidi listrik 900 volt ampere (VA). Menurut Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, 54.000 pelanggan tersebut komplain lantaran merasa masuk kategori masyarakat miskin. "Itu sedang kami follow up sekarang," ujarnya ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VII di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/6/2017).
Saat ini tutur dia, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sedang mendata ulang 54.000 pelanggan listrik 900 VA tersebut, apakah berhak atau tidak mendapatkan subsidi listrik. Bila prosesnya selesai dan dinyatakan berhak, maka PLN memastikan tidak akan mencabut subsidi 900 VA kepada 54.000 pelanggan listrik tersebut. Selama ini tutur ia, banyak masyarakat miskin yang tidak memiliki kartu miskin sehingga dianggap tidak layak mendapatkan subsidi listrik. Namun PLN terbuka dengan perbaikan data.
Sebelumya, PLN.menegaskan tidak memiliki rencana menaikkan tarif atau mencabut subsidi pengguna listrik golongan 450 VA. PLN hanya memutuskan untuk mencabut subsidi listrik pelanggan 900 VA lantaran tidak berhak mendapatkan subsidi. Di Indonesia, total pelanggan listrik 900 VA ada 22,9 juta rumah tangga. Namun berdasarkan kajian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), hanya 4,1 juta pelanggan dinilai layak mendapatkan subsidi.
Sisanya, 18,8 juta pengguna listrik 900 VA merupakan rumah tangga mampu sehingga tidak berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pelanggan inilah yang subsidinya dicabut.
Saat ini tutur dia, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sedang mendata ulang 54.000 pelanggan listrik 900 VA tersebut, apakah berhak atau tidak mendapatkan subsidi listrik. Bila prosesnya selesai dan dinyatakan berhak, maka PLN memastikan tidak akan mencabut subsidi 900 VA kepada 54.000 pelanggan listrik tersebut. Selama ini tutur ia, banyak masyarakat miskin yang tidak memiliki kartu miskin sehingga dianggap tidak layak mendapatkan subsidi listrik. Namun PLN terbuka dengan perbaikan data.
Sebelumya, PLN.menegaskan tidak memiliki rencana menaikkan tarif atau mencabut subsidi pengguna listrik golongan 450 VA. PLN hanya memutuskan untuk mencabut subsidi listrik pelanggan 900 VA lantaran tidak berhak mendapatkan subsidi. Di Indonesia, total pelanggan listrik 900 VA ada 22,9 juta rumah tangga. Namun berdasarkan kajian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), hanya 4,1 juta pelanggan dinilai layak mendapatkan subsidi.
Sisanya, 18,8 juta pengguna listrik 900 VA merupakan rumah tangga mampu sehingga tidak berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pelanggan inilah yang subsidinya dicabut.

Quote:
Saat ini pemerintah telah mengembalikan secara bertahap tarif listrik pelanggan 900 VA, yang sebelumnya masuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) kemudian dikembalikan menjadi golonan penerima subsidi. Besaran tarif yang dikembalikan mencapai Rp 80 miliar-Rp 90 miliar, dan uang tersebut dikembalikan secara bertahap ke pelanggan.
Berdasarkan data Kementerian ESDM sampai 31 Agustus 2017, 48.181 pelanggan yang mengadu telah diselesaikan PLN, sehingga kembali menjadi pelangan bersubsidi, sedangkan 60.591 sisanya masih verifikasi oleh Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial.
Kebijakan penyesuaian subsidi listrik untuk kategori rumah tangga daya 900 VA telah ditetapkan secara bertahap oleh Pemerintah semenjak 1 Januari 2017. Kebijakan ini dibuat berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 30 tahun 2007 tentang Energi dan Undang-Undang nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, dana subsidi yang disediakan pemerintah hanya diperuntukkan bagi kelompok masyarakat tidak mampu.
Berdasarkan data Kementerian ESDM sampai 31 Agustus 2017, 48.181 pelanggan yang mengadu telah diselesaikan PLN, sehingga kembali menjadi pelangan bersubsidi, sedangkan 60.591 sisanya masih verifikasi oleh Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial.
Kebijakan penyesuaian subsidi listrik untuk kategori rumah tangga daya 900 VA telah ditetapkan secara bertahap oleh Pemerintah semenjak 1 Januari 2017. Kebijakan ini dibuat berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 30 tahun 2007 tentang Energi dan Undang-Undang nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, dana subsidi yang disediakan pemerintah hanya diperuntukkan bagi kelompok masyarakat tidak mampu.
hingga pemadaman litrik secara mendadak
Spoiler for Pemadaman Layanan Dominasi Keluhan Pelanggan Industri PLN:

make image url
Keluhan seputar pemadaman listrik secara mendadak oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mendominasi laporan pelanggan dari kalangan industri yang disampikan dalam agenda "Potential Customer Gathering" di Bekasi, Jawa Barat, Rabu siang. "Jaminan ketersediaan pasokan listrik berkelanjutan oleh PLN masih menjadi harapan pelanggan kami di jaringan pelayanan Jawa Bagian Tengah dan Jawa Barat," kata Direktur PLN Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin di Bekasi, Rabu.
Kelurahan itu terpampang pada "Pohon Harapan Pelanggan" yang sengaja disediakan panitia acara bertempat di Kantor PT PLN Area Bekasi Jalan Cut Meutia Nomor 44, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 78 pimpinan perusahaan yang menjadi tamu undangan PT PLN satu per satu menuliskan keluhan serta harapan mereka dalam secarik kertas berbentuk daun, kemudian masukan itu ditimpelkan pada sebuah banner berukuran 4x 6 meter persegi bergambar ranting pohon yang dinamakan "Pohon Harapan Pelanggan".
Sejumlah perwakilan persahaan itu di antaranya PT Multi Strada Arah Sarana, PT Toyogiri, PT Mulia Keramik, PT Maxxis International, PT Mitsubishi Motor, PT Lippo Grup, serta sejumlah pengusaha properti di wilayah setempat. Sejumlah masukan yang diberikan peserta dalam rangkaian acara Hari Pelanggan Nasional 2017 itu di antaranya; ketersediaan pasokan listrik berkelanjutan, jangan sering padam, gangguan dikurangi, no pemadaman dan kurang daya, no tarif naik, harga lebih baik turun, listrik murah, pemberitahuan bila terjadi pemadaman, PLN responsif.
Amir mengaku telah menerima laporan itu sebagai masukan bagi pihaknya untuk terus mengedepankan pelayanan yang lebih baik lagi. "Pada prinsipnya kami setuju, tapi dengan catatan jangan sampai PLN merugi. Sudah saya tangkap keluhannya," katanya. Dikatakan Amir, khusus untuk pelanggan berskala besar dengan nilai tagihan mencapai ratusan miliar rupiah per tahun, pihaknya menyediakan layanan khusus berupa fasilitas sumber listrik cadangan. "Kita sediakan dua sumber untuk cadangan, kita pasang peralatan khusus berupa `cek over`. Kalau terganggu, jaringannya kita pindah ke sumber cadangan," katanya.
General Manajer PT PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan pasokan listrik untuk wilayah Jawa Barat saat ini mencapai 23.000 Mega Volt Amper (WVA). Jumlah itu diklaim pihaknya mencukupi untuk distribusi pelanggan di wilayah tersebut. "Kalau pun ada gangguan biasanya dipengaruhi kendala teknis atau perawatan instalasi," katanya.
Perwakilan PT Binosol Bekasi yang bergerak di bidang usaha farmasi mengeluhkan kendala pemadaman listrik secara mendadak yang ditaksir merugikan perusahaan hingga miliaran rupiah dalam sekali produksi. "Ada proses pengolahan obat yang harus terus menerus dipasok listrik. Kalau padam, satu rol bahan bakunya bisa rugi Rp1 miliar. Saya berharap pemadaman ini bisa diminimalisasi oleh PLN," katanya. Pria yang tidak ingin disebutkan identitasnya itu, mengaku telah mengajukan tambahan energi listrik kepada PLN menyusul tingginya permintaan produksi pada 2017.
Quote:
Lalu kapan engkau menyentuh dan menyengat hati kami dengan pelayanan yang makin meningkat? Tanpa byar pet dan tegangan naik mendadak yang merusak peralatan elektronik rakyat? Karenanya untuk PLN, ABG aja kalau cinta, berani terus terang. Kalau PLN cinta rakyat dan ingin dicintai, juga harus berani terus terang.

Quote:
Dan untuk warga masyarakat konsumen listrik, nyalakan yang penting, matikan yang tidak penting, nyalakan secukupnya, matikan selebihnya. Meski terang dibutuhkan, jangan cari terang dengan mengajak perang alias mencuri terang. Jadilah pelanggan, jangan disuruh bayar enggan.
Spoiler for Tips agar tidak telat bayar listrik:
Jika karena lupa waktu pembayaran, buat alarm atau pengingat.
Jika karena tidak memiliki uang, jangan beli rokok atau jajan aneh aneh.
Jika karena jarak loket pembayaran jauh dari rumah, bisa pakai ATM atau danlainlainMart
Jika karena tidak memiliki uang, jangan beli rokok atau jajan aneh aneh.
Jika karena jarak loket pembayaran jauh dari rumah, bisa pakai ATM atau danlainlainMart
Begini cara mendapatkan subsidi listrik pelanggan 900 VA yang dicabut
Spoiler for Referensi:
Perusahaan Listrik Negara
Subsidi 900 VA Dicabut, 54.000 Pelanggan Komplain ke PLN
Pemadaman Layanan Dominasi Keluhan Pelanggan Industri PLN
Kembalikan Subsidi Listrik 900 VA, Pemerintah Kucurkan Rp 90 M
Diubah oleh babygani86 20-10-2017 08:59
0
23.9K
Kutip
163
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan