CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Jika Sertifikat Tanah Dipinjam Tetangga untuk Jaminan Utang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59d98f8da2c06ed8108b4567/jika-sertifikat-tanah-dipinjam-tetangga-untuk-jaminan-utang

Jika Sertifikat Tanah Dipinjam Tetangga untuk Jaminan Utang

sekedar bantu teman untuk permasalahan yang dihadapi dan biar tambah wawasan mengenai hal ini.

contoh kasus:
Yang ingin saya tanyakan adalah bila sertifikat tanah saya, dipinjam oleh tetangga dengan sepengetahuan dan izin saya sekaligus menjadi saksi dalam surat perjanjian utang piutang. Akan tetapi, tetangga saya tidak bisa menyelesaikan pinjaman tersebut dan sertifikat itu saat ini akan saya minta. Tindakan apa yang bisa saya lakukan untuk mengembalikan sertifikat tanah itu, dan biar tetangga saya itu yang melunasi? Mohon petunjuknya, terima kasih.

tambahan : perjanjian utang piutang ini dibuat oleh kedua belah pihak dengan dibubuhi meterai tanpa notaris dan saksi 1 orang selaku pemilik sertifikat.

alternatif lain:
saya selalu pemilik sertifikat tanah menawarkan kepada pemiik modal dengan cara memberikan sebidang tanah (dalam hal ini sertifikat dipecah) agar supaya sertifikat saya bisa kembali, namun hal ini merugikan karena saya yang melunasi utang tetangga saya itu. disisi lain saya juga punya utang dengan tetangga saya, namun sulit untuk diajak komunikasi, sedangkan sertifikat tersebut saya butuhkan untuk keperluan lain. dan pemilik modal juga sudah capek menagih ke tetangga saya dan terkesan menghindar terus.

apakah bisa saya melunasi utang tetangga saya tersebut dengan cara memberikan sebidang tanah kepada pemilik modal tanpa sepengetahuan tetangga saya karena sulitnya komunikasi dan jaminan atas sertifikat tersebut dapat saya ambil langsug kepada pemilik modal tanpa melalui tetangga saya.

mohon petunjuknya, kasus diatas buka saya yang mengalami namun saya memberikan contoh biar lebih mudah dibaca dan dipahami. terimakasih emoticon-Big Grin
UP emoticon-Big Grin
Bunuh aja tetangganya
Diubah oleh jhon.artng24
saya biaa bantu jawab, melalui legal opinion, inti sari nya wanprestasi, namun bagaimana cara alternatif yg efesien dlm menyelesaikan masalah tersebut, dengan dibuatkannya legal opinion
Menurut hukum jaminan, pemilik sertifikat tanah bertindak sebagai pihak ketiga pemberi hak tanggungan. Pihak ketiga pemberi hak tanggungan adalah pihak ketiga (orang lain) yang menjamin utangnya debitur dengan persil miliknya. Berdasarkan Pasal 6 UU 4/1996, bank memiliki hak untuk mengeksekusi jaminan terhadap masalah kredit macet dalam perjanjian kredit dengan jaminan sertifikat tanah bukan milik debitur.

Hal yang dapat dilakukan oleh pihak ketiga pemberi hak tanggungan untuk menyelamatkan tanahnya, yaitu dengan cara membayar lunas utang debitur sehingga hak tanggungan tersebut hapus karena hapusnya utang piutang tersebut (Pasal 18 ayat (1) huruf a UU 4/1996). Hal ini juga sejalan dengan ketentuan Pasal 1382 ayat 2 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mengatakan bahwa suatu perikatan bahkan dapat dipenuhi oleh pihak ketiga yang tidak berkepentingan, asal pihak ketiga itu bertindak atas nama dan untuk melunasi utang debitur, atau asal ia tidak mengambil alih hak-hak kreditur sebagai pengganti jika ía bertindak atas namanya sendiri.
Quote:


Jadi ente punya hutang sama tetangga, sehingga ente menjaminkan sertipikat ente saat tetangga pinjam duit sama pemilik modal? Nah skrg tetangga ente susah komunikasi.

Klo posisinya seperti yg ente sampaikan, cara alternatif sebenernya win solution. Dorong deh si pemilik modal untuk desek si tetangga untuk menjalankan opsi alternatif tsb.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di