genta5Avatar border
TS
genta5
(share, curhat, minta info )SEORANG IBU, NENEK...ah ini MANUSIA...KISAH NYATA
sesuai judul, saking bingungnya mesti kasih judul apa akhirnya itu yang dijadiin judul.

ini kisah nyata gan, sampe sekarang masih berjalan..untuk foto ane belum sempet kerumah untuk ambil foto langsung.

Jadi gini gan, ane keluarga muslim emoticon-No Sara Please orang tua ane punya rumah dibilangan Jakarta Timur. Rumah sangat sederhana sekali, dulu ane sekeluarga tinggal disitu, sewaktu Alm. Bokap ane masih ada. karena ane udah menikah, ane hijrah ajak anak istri ane belajar mandiri. Nyokap dan ade-ade ane juga pindah dan tidak tinggal lagi ditempat itu. singkat kata udah hampir 6 tahun rumah itu di jadikan kontrakan/Kamar2 gan, nah terbagi 4 kamar deh tuh. dari 4 kamar itu nyokap ane cuma dapet sekitar 1,3 jutaan sebulan, dan itu belum untuk biaya rekening air dan listrik pemakaian dirumah itu. nah cerita intinya ada disini gan.. simak gan...!!!

dari 4 kamar itu ada 1 kamar yang diisi sama seorang nenek2 tua, tahun lalu nenek ini tinggal bersama cucunya (mereka non muslim gan). cucunya ini perempuan dan punya anak usia 6 atu 7 tahunan gitu. sicucunya ini cerai dari suaminya (ane ga tau persis masalahnya apa). sejak bercerai 2 tahun lalu dia tinggal bareng sama Si nenek ini. tapi setiap ane ketemu nyokap ane, beliau selalu curhat tentang nenek dan si cucu ini sering berantem gan. telusur punya selidik sama2 ternyata keras orangnya. Nyokap ane biasa nya kesana itu seminggu sekali untuk kontrol aja, ane mulai risih juga setiap nyokap ane curhat kalo tetangga sekitar itu risih sama cucunya yang kasar sama neneknya...yah elaaah nenek2 bener nenek2 gan udah tua banget. cuman emang ini nenek nya emang aneh gan...senengnya mulung...apa aja dimasukin kerumahnya jadi kaya tempat sampah kamarnya. ane kan pernah tuh tanya sama cucunya...kenapa ribut melulu sih sama nenek. "abis itu nenek2 jorok banget mas...masa segala karung isi sampah dimasukin kerumah..mana bau. akukan punya anak kasian kan. kesehatannya.
ane bingung gan...aduh gimana nih nengahinnya...ane pulang deh tuh.
nah ane tanya lagi sama nyokap...

"Ma, itu yang bayar kontrakan siapa ma, kmaren a ketemu si Bunga (nama samaran ya gan), bingung juga mesti gimana bilanginnya. dia sering marah2 sama nenek karena sinenek jorok...kan bener" tapi emang caranya salah, saran a sih (ane dipanggil AA gan karena ane anak pertama dan kebetulan keturunan sunda gan emoticon-No Sara Please) mereka dipisahin aja. cuman a harus tau dulu itu pembiayaan kontraknya siapa yang bayar.
karena secara logika nggak mungkin itu nenek punya penghasilan kecuali dapet dari anaknya atau keluarganya, tapi kalo dari cucunya nggak mungkin juga, karena dia baru disitu sekitar 2 tahun belakangan aja.

trus nyokap ane bilang... "gini a, sebenernya yang berhak atas kamar itu nenek, karena waktu itu mama kasian liat nenek itu diusir dari kontrakannya karena jorok dan ga bisa bayar kontrakan. nah mama kan punya kenalan orang Gereja, mama ajuin deh itu nenek untuk bisa dapet biaya minimal untuk keperluan dia kaya tempat berteduh dan kebutuhan lainnya. nah pihak gereja setelah ngecek setuju dan mau ngasih biaya 3oorb setiap bulan. nah untuk kamar mama cuma ambil 100rb yang 2 ratusnya mama kasih sama si nenek, waktu itu masih bisa pegang uang tuh si nenek, dan dia sendiri yang ambil ke gereja tiap bulan uangnya itu. Gitu a”....ooo ane terperanjat gan. Ternyata logika ane gak sampe kesitu.
“emang Anaknya ngga ada ma, ko bisa nenek2 setua itu dibiarin ngga kerawaat gitu...a liat sibunga ini emang orangnya selebor. Kalo ngomong keras. Kmaren aja cerita gitu doang sampe nyolot2 matanya...”
Setau mama anaknya Cuma Ayahnya si Bunga itu, tapi kata tetangga pernah ada yang dateng perempuan, setengah baya ngaku anaknya, ce Emin yang cerita (tetangga ane dullu gan). Sama Ce Emin disuruh bawa aja tante itu ibunya kasian, disini ngga ada yang rawat, sibunga sibuk sama anaknya, itu nenek kadang emang bandel, kalo dibilangin jangan mungutin sampah terus nanti rumahnya bau, malah cuek aja. Malah kadang2 orang pasar suka nganterin kesini katanya suka mencuri sayuran dipasar”...(Aduuuuhhh ane tepok jidat gan dengernya)...malah tante itu nggak mau katanya...”ngga ah, nggak mau, saya takut suami saya marah, biarin aja, dulu juga dia jahat sama saya” malah ngomong gitu kata ce Emin. Buseeettt dah gan...dendeman amat ya sama orang tua. Masih kata nyokap ane nih gan, ce Emin minta no. Telp si Tante itu “sini deh tante nomer telp nya, takutnya ada apa2 nanti saya hubungi tante” tapi ngga dikasih juga gan...parah deh. Sampe sekarang gan itu..
Pusing juga gan kasusnya.
Nah sekarang nih, itu nenek bener2 ditinggal sama cucunya, sekarang tinggal sendirian gan. 3 minggu lalu nyokap ane mampir kerumah ane...ane tanya...”dari mana ma?” dari rumah...itu ngebersihin kamarnya Nenek...Ya Allah A...bingung mama, itu orang tua sendirian udah ngga bisa bangun, buang air besar, kencing di kasur...ampun kamarnya bau banget T*i dimana2. Nyokap ane sama ce Emin di bantu tetangga2 sekitar yang bantuin. Itu nenek dimandiin sama nyokap ane, di beliin pampers, .. dan anehnya emang bener itu kamarnya sampah2 melulu, plastik2 bekas, dibongkarin sama nyokap ane...itu nenek2 treak-treak gan “ojo...Ojo..Ojoooo “ sambil nangis2, nyokap ane nggak tega banget sebenernya. Miris katanya, tapi telaten sama nyokap ane dibongkarin itu plastik satu persatu , mungkin takutnya dia nyimpen barang2 berharga disitu...ternyata nggak ada, Cuma plastik2 kresek sampah bekas doang, sama gelas2 aqua gitu (yg suka ngumpulin gelas aqua gitu gan). Akhirnya dibungkus semua sama nyokap ane....”Nggak ne ini nggak dibuang, mau dijual...nanti duitnya buat nenek” kata nyokap ane gan. Trus nyokap ane manggil anak2 kecil tuh...nih Firli..kamu tolong jual ini ya. Tolongin ibu....cabut deh tuh firli sama 2 org temennya...trus balik lagi bawa uang 28 ribu.
Firli : “ni bu dapet 28 ribu”..
Nyokap ane : ya udah yg 8 ribu kamu bagi2 temen2 kamu yah, yang dua pulu ribunya ibu kasih nenek...trus nyokap ane sampein duitnya ke nenek tu...”ni nek tadi plastiknya dijual dapet 28 ribu. Yg 8 ribunya buat anak2 yang jalan”
Neneknya tau duit gan sambil sewot dia bilang : huh, rong puluh ewu...(mukanya cemberut).


Disini yg makin bingung gan, kondisi itu nenek udah separah itu, tidur, Pipis, sampe Buang air pun udah ga bisa bergerak gan. Nyokap ane selaku yang punya rumah bingung, sementara itu bukan keluarga kita gan, nyokap ane juga tinggalnya jauh dari situ, Cuma nyokap ane emang titipin sama tetangga2 disitu untuk jangan sungkan2 bantuin jagain kalo ada apa2, termasuk Ce Emin yang belakangan dipasrahin untuk kelola uang hak nenek itu dari gereja. Ya untuk rawat2 sebisanya deh...uang 300rb gan dapet apa jaman sekarang. . . kebetulan ce Emin itu mau...iya bu saya juga jadi inget sama Emak saya dikampung. Ya dibantu2 sama warga lainnya.
Tapi nyokap ane ngga sampe situ aja mikirnya khawatir nenek itu ngga ada umur...mesti kemana, keluarganya ngga ada yang mau ngerawat, cucunya si Bunga itu juga nggak mau. Dia milih sibuk sama hidup barunya. Sedangkan kami kan keluarga muslim... si Nenek ini non muslim (kristiani). Belakangan nyokap ane ajuin diskusi sama pihak Gereja yang selama ini nunjang biaya si nenek. Ya nyokap ane Cuma pengen tau sejauh mana Pihak gereja itu mau menanggung kalo sampe kejadian si Nenek ini ga ada umur. Karena kan kami nggak ngerti adat dan tata cara agama mereka.

Seminggu lalu Pihak Gereja kirim Utusan ketemu nyokap ane, sayangnya bukan yang berwenang untuk ambil keputusan atau kasih penjelasan, dateng Cuma cek aja keadaan si nenek. Jadi nyokap ane belum dapet kepastian soal kesanggupan Pihak Gereja.

Ane cerita disini Cuma pengen cerita aja, ko ada ya seorang Tua gitu diujung usianya benar2 sebatang kara bahkan orang lain yang dari belahan bumi lain yang mau merawatnya, ko ada anak yang biarin orang tuanya sampe segitu menderitanya. Sedih gan (maaf belum bisa share photo) rencana baru besok ane mau negokin liat kondisi rumah sekalian ambil fotonya kalo memungkinkan.
Disini ane juga mau share soal adat pemakaman ala Kristiani (bukan sara yah) maksudnya bagaimana adat istiadatnya. Kami berharap ada orang yang lebih ngerti dan mau perduli untuk mau bantu jika emang si nenek nggak ada umur (bukan nyumpahin gan, tapi lihat kondisinya udah memprihatinkan banget) secara biarpun ane Muslim dan si Nenek itu Kristiani juga kan itu manusia, harus dapet cara yang layak untuk pemakaman.
Sempat sih terfikir untuk ane ajarkan saja dua kalimat syahadat, supaya kami bisa merawat pemakamannya nanti.

Maaf gan panjang. Untuk sementara sekian. Nanti di update untuk foto.
Untuk yang ngerti kasus seperti ini bisa tolong bantu ane kasih pencerahan.

MAAF KALO TIDAK BERKENAN
http://www.mediafire.com/view/jbbr94...E_IMG_1324.JPG[/img]

DAN INFO yang terupdate,
tadi ane berkunjung kebetulan ada si cucunya, dan sempet nasehatin sedikit. ternyata dia bingung bagaimana untuk neneknya bisa dapat perawatan, bahkan katanya coba cariin orang pintar, karena katanya nenek punya ilmu2an gitu gan, ane sih bukan ngga percaya sama hal begitu, tapi ane lebih suka berfikir rasional saja. dan si bunga ini juga berharap dapat bantuan dari pihak gereja yang selama ini menanggung kebutuhan nenek. tapi sampai sekarang belum dapet kepastian juga.
ane juga bilang kalo ane udah ceritain ini di kaskus, untuk sekedar minta pencerahan dan mungkin ada di kaskus ini yang mau bantu. si bunga nggak keberatan gan, malah foto2 ini si bunga yang ambil pake henpon ane. dan dia berharap ada orang yang mau bantu untuk biaya berobat si nenek.

ane juga tadi nanya soal anaknya yang pernah dateng itu sama sibunga. malah sibunga juga sempet cari alamat yg pernah dia punya. tapi ngga ada hasil, "apaan, orang saya udah muter2, alamatnya ngga bener" mukanya nyolot lagi gan...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

tapi terlepas dari itu lagi, paling ngga sibunga ini sudah mau merawat neneknya gan, ane bersyukur, walau dia nggak bisa tinggal disitu, hanya sekedar daang menjenguk setiap beberapa hari sekali.

buat agan2 sekalian mungkin ada yang bisa bantu dari masalah ini silahkan gan. ane terbuka sekali. segala pendapat dan saran juga ane terima.
Diubah oleh genta5 16-06-2014 15:08
0
3.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan