israhell2Avatar border
TS
israhell2
Selamat Tinggal Selat Malaka, Selamat Datang Terusan Kra !
MN, Jakarta – Terusan Kra atau Terusan Tanah Genting Kra adalah terusan yang akan melewati daratan Thailand bagian selatan untuk mempersingkat waktu transportasi laut, sama seperti Terusan Panama dan Terusan Suez.

Proyek raksasa sepanjang 120 Km dan lebar 500 meter telah dimulai pembangunannya pada tahun 2015 dan rampung tahun 2025. Pemerintah Thailand menggandeng China, bahkan Thailand membagi pengelolaan Terusan Kra dengan China.

Terusan Tanah Genting Kra diusulkan pada tahun 1677, ketika Raja Thai Narai yang Agung meminta insinyur Perancis de Lamar meneliti kemungkinan membangun terusan yang menghubungkan Songkhla dengan Myanmar.

Prediksi, Terusan Kra akan mematikan ekonomi tiga negara yaitu Indonesia, Singapura, dan Malaysia yang selama ini menjadi negara “penguasa” Selat Malaka sebagai jalur lalulintas utama kapal dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik.

Bicara kepentingan bisnis pengusaha cargo dan kapal tangker, tentulah Terusan Kra bakal menjadi pilihan Pelayaran. Dapat dikatakan itu jalur pintas, sehingga diyakini banyak kapal perdagangan dari Asia Timur ke Eropa dan Amerika tidak lagi melewati Selat Malaka.

(Bayu/MN)



Insya Allah Aceh Akan Berjaya emoticon-2 Jempol
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
16.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan