Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mudhopilAvatar border
TS
mudhopil
Terungkap, Biaya Sebenarnya Ongkos Naik Haji


Dream - Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Yuslam Firdaus, menyebut biaya haji yang selama ini dikenakan pada calon jemaah sebenarnya tidak mencukupi biaya sebenarnya.

Jika dihitung dari kebutuhan riilnya, kata Yuslam, biaya sebetulnya yang dihabiskan jemaah selama 40 hari berada di Tanah Suci seharusnya mencapai Rp70 juta.

Mengutip Keputusan Presiden No 8 Tahun 2017 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1438 H atau 2017 dan diikuti dengan penetapan Keputusan Menteri Agama No 197 Tahun 2017 tentang pembayaran BPIH rata-rata jemaah haji tahun ini harus membayar biaya senilai Rp 34.890.312.

" Biaya haji riilnya itu dua kali lipat dari yang dibayar jemaah," kata Yuslam di Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017.

Yuslam mengatakan calon jemaah haji selama ini diminta membayar dana haji rata-rata sebesar Rp35 juta. Jika hanya mengandalkan setoran, besaran dana tersebut tidak dapat menutupi seluruh kebutuhan jemaah.

" Jemaah haji tinggal di Mekah dan Madinah selama 40 hari, mendapatkan fasilitas over service, tapi biaya Rp35 juta," kata Yuslam.

Lantas, untuk menutupi kekurangan tersebut, Yuslam menerangkan dana yang digunakan berasal dari hasil investasi dana haji dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Berdasarkan data BPKH, nilai manfaat dari investasi dana haji yang diberikan pemerintah sebesar Rp25 juta dan APBN sebesar Rp5 juta per jemaah.

https://dream.co.id/dinar/bpkh-ongkos-haji-selama-ini-tidak-memadai-171010y.html

Lumayan inves 35jt pasti bisa ngasilkan 25jt + (5jt dari APBN)

Mantap pemerintah ngolahnya tapi duit invesnya nda boleh diputar ke infrastruktur
Diubah oleh mudhopil 11-10-2017 19:02
0
7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan