omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
fakta unik tentang norwegia yg membuat orang orang iri




berbicara tentang norwegia mungkin yg terbayang hanyalah negara kecil skandinavia di eropa sana yang terkenal makmur,dengan berbagai situs spot memancing,hiking,dan ski.namun sebenarnya kesenangan di norwegia lebih dari itu,berikut fakta fakta norwegia yg bisa membuat warga negara bangsa lain iri :



Tahun Ini,2017, Norwegia Menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia



Norwegia tahun lalu menduduki peringkat keempat dalam daftar yang dibuat oleh PBB itu berdasarkan laporan kebahagiaan dunia 2017.Sementara tahun ini norwegia adalah juaranya,sementara d peringkat kedua dan ketiga juga ditempati dua tetangga Norwegia yaitu Denmark dan Islandia. Sedangkan di peringkat keempat diisi Swiss.

"Empat negara teratas mendapatkan nilai tinggi untuk semua faktor yang mendukung kebahagiaan yaitu perhatian, kebebasan, keramahan, kejujuran, kesehatan, pendapatan, dan pemerintahan yang baik, demikian kesimpulan laporan itu.

Di peringkat 10 besar setelah Swiss di posisi lima ditempati Finlandia, disusul Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Swedia.Negara-negara yang duduk di peringkat 10 besar adalah negara-negara maju meski penghasilan atau uang tak menjadi satu-satunya penyebab kebahagiaan.Di antara negara-negara kaya kebahagiaan diukur dengan parameter lain misalnbya kesehatan mental, kesehatan fisik, dan hubungan personal.

Laporan itu menyebutkan, salah satu bentuk ketidakbahagiaan adalah jiwa yang tak sehat."Perbedaan penghasilan menjadi hal yang sangat berpengaruh di negara-negara yang lebih miskin, bahkan di sana pun kesehatan mental menjadi faktor utama," lanjut laporan itu.



Jika kamu di Oslo, kamu berjarak dengan hutan hanya 15 menit perjalanan.



jadi enak gan,kota yg asri dan dekat dengan alam,sementara air quality index di norwegia hampir seluruhnya pada level terbaik/"good" ( AQI 0-50 ) dengan hanya satu kota berada pada level "moderate"




negara yang aman,damai



Menurut Global Peace Index tahun 2017, Norwegia adalah salah satu dari negara yang paling damai di dunia, menempati peringkat ke-14 dari 162 negara. terlalu aman nya di norwegia,bahkan karir polisi pun menjadi pilihan yg aman disana,dengan tingkat kematian polisi yang nyaris 0%.Tahu kah berapa jumlah polisi di sana yang dibunuh saat tugas? Hanya 10 orang saja! Itu pun hanya terjadi ketika Perang Dunia Kedua saja.

kepolisian norwegia juga mirip mirip seperti tetangga mereka islandia yg tidak membawa senjata,secara umum mereka diperintahkan menyimpan senjata mereka di loker,dan baru mendapat "izin khusus dalam waktu berjangka" boleh membawa senjata dalam bertugas setelah eropa sempat meningkatkan kewaspadaannya pada saat kejadian teror paris kemarin yg menewaskan 130 orang.namun kalau dalam kondisi normal sekarang sih mereka ga bawa senjata gan.



penjara sepi,namun mewah seperti hotel

Rendahnya angka kriminalitas membuat penjara Norwegia sepi. Mungkin lantaran alasan ini, pemerintah sana pun memaksimalkan servis bagi napi-napi yang ada di dalamnya. para kriminal di sana diperlakukan sangat istimewa. Misalnya saja fasilitas internet,tv layar datar,kamar mandi shower,sofa, di dalam sel. Praktis, hal ini membuat para penguni lapas takkan pernah bosan




ini bukan hotel gan ! ini penjara di halden,norwegia


kalau yg ini di bastoy,norwegia,itu tahanan lagi bersantai,yakin mau kabur dari penjara kek gini ?



tunjangan /welfare system paling royal didunia



survey bank SEB dengan rakyat norwegia paling puas dengan sistem tunjangan negaranya dibanding negara makmur skandinavia lainnya.

survey lainnya pernah diadakan utk rakyat eropa barat dengan pertanyaan : "seadainya kalian ingin pindah wn negara,negara mana yg ingin kalian tuju?" jawaban terbanyak menempatkan norwegia di peringkat teratas dengan alasan utama "tunjangan yg melimpah"



norwegia bahkan mendapat julukan welfare state karena byk nya tunjangan yg diberikan negara bagi warganya,sebagian kecil tunjangan tersebut adalah :

-tunjangan uang bagi pengangguran dan pensiun

-tunjangan utk melahirkan



Durasi cuti untuk ibu : 36-46 minggu
Upah cuti: 100 persen untuk cuti pendek, 80 persen untuk menambah masa cuti(jadi boleh lebih dari 46 minggu cuti ! maksimal 3 tahun, dan tetap dapat gaji 80%).

yang dapat jatah cuti punya bayi bukan cuma ibu gan ! ayah juga dapat !

Negara ini pada tahun 1993 memperkenalkan jatah cuti melahirkan untuk para ayah selama 4 minggu, kemudian bertambah menjadi 12 minggu sampai skrg

-tunjangan kesehatan gratis menggunakan social number.

dan masih byk lagi gan..



Norwegia Mengekspor Sampahnya

nyaris ga ada sampah gan..krn sampah begitu kelihatan langsung dipungut utk jadi duit,hehehe

Ya, mereka sudah belasan tahun menjual dan mengekspor sampah-sampahnya.Swedia adalah negara tujuan di mana sampah-sampah Norwegia berakhir. Di Swedia, sampah-sampah ini bukannya digunakan lagi, melainkan sebagai bahan baku untuk mesin-mesin pembangkit listrik.




surganya pecinta buku !



Di Norwegia, setiap ada rilisan satu buah buku baru, maka pemerintah akan langsung memesan sekitar 1000 copy. Tujuannya untuk disebar ke berbagai perpustakaan dan bisa dibaca oleh siapa pun. Kriteria bukunya sendiri tidak dibatasi. Asalkan ada buku baru yang rilis, beberapa hari kemudian kita sudah bisa menemukannya di banyak perpustakaan di sana.Tentu ini jadi hal yang sangat hebat. Bagi penyuka buku, Norwegia adalah surga karena tak harus keluar banyak uang untuk membeli buku-buku baru. Cukup meminjamnya di perpustakaan terdekat.



Pendidikan gratis bagi siapa saja dan jenjang apapun



Di Indonesia sekolah gratis hanya cita-cita saja. Tidak pernah terwujud nyata, kecuali bagi penerima beasiswa,itupun harus menjaga nilai nilai akademisnya jgn sampai jatuh. biaya pendidikan di indonesia?pasti setuju kan kalau makin lama makin mahal?


Di Norwegia berbeda.sekolah gratis. Di jenjang apa pun dan bagi siapa pun. Ya, termasuk orang asing yg bisa memanfaatkan tunjangan norway tuition free ini , sangat mungkin untuk menempuh pendidikan di sana tanpa biaya(yg kamu perlu pikirkan hanya biaya kehidupan sehari hari),kalaupun ada biaya,maka biaya yg harus kamu keluarkan persemester hanya 60 euro utk biaya persiapan ujian,selain itu kamu jg bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan kampus,konseling,dll . Bahkan bagi pelajar asing, pemerintah Norwegia juga memberikan fasilitas hidup yang sangat memadai.bahkan apabila kamu ingin bebas memilih tempat tinggal sendiri boleh boleh saja,mereka disebut "free mover".saat ini ada 15.000 pelajar asing di universitas/setara di norwegia yg memanfaatkan benefit negara ini.










demikian kan sebagian kelebihan negara norwegia yg bikin iri warga negara lain emoticon-I Love Indonesia






sumber :

http://worldhappiness.report/ed/2017/

http://aqicn.org/map/norway/

http://www.study.eu/country/norway

http://nordic.businessinsider.com/no...ordics-2016-6/

http://www.nairaland.com/2295420/10-...urious-prisons
Diubah oleh omdikenyotom 06-10-2017 08:24
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
41K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan