Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satria116Avatar border
TS
satria116
5 Manfaat taman kota, dari penghijauan sampai tempat festival.
5 Manfaat taman kota, dari penghijauan sampai tempat festival.



Di zaman sekarang udara panas itu bukan lagi suatu hal yang aneh, gan. Kota-kota yang tadinya terkenal sejuk aja sudah mulai berubah jadi sedikit gersang, misalnya kayak Kota Bandung, Kota, Bogor dan lain sebagainya. Semua itu gak lain dan gak bukan dikarenakan adanya Global Warming atau pemanasan global yang menyebabkan suhu udara di bumi menjadi naik.

Maka dari itu keberadaan taman disini sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya mengurangi dampak Global Warming. Keberadaan taman bisa mengurangi dampak Global Warming karena bisa dijadikan sebagai program penghijauan di daerah sekitar.

Tapi selain untuk mengurangi dampak Global Warming, taman kota masih punya fungsi dan manfaat yang lain, diantaranya adalah:

1. Penghijauan kota



Penghijauan merupakan upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya. Selain sebagai ruang terbuka hijau, taman kota juga berfungsi sebagai daerah resapan air dan penyerap gas rumah kaca. Keberadaan taman kota pastinya sangat diperlukan di kota-kota besar dan satelitnya yang semakin minim ruang terbuka hijau dan tumbuh-tumbuhan karena pesatnya pembangunan.

2. Sarana rekreasi penduduk kota



Taman kota bisa dijadikan tempat rekreasi murah meriah bagi penduduk kota, karena biasanya kita gak dipungut biaya buat masuk kesana. Yah, paling siapin uang buat bayar parkirnya aja hehe. Kita bisa ajak keluarga, teman atau pasangan buat menikmati keindahan tatanan tumbuhan dan sejenak menghirup udara segar di tengah kota.

3. Menyerap gas karbondioksida



Taman kota bisa juga berfungsi sebagai paru-paru kota yang berguna untuk menyerap gas karbon dioksida (CO2) yang banyak ditimbulkan oleh kendaraan bermotor, mobil, pabrik, hingga pembakaran sampah.

Intinya buat kota-kota besar yang penuh sama hiruk pikuk kendaraan atau pabrik-pabrik besar kayak Jakarta, Tangerang, Bekasi ataupun Cikarang, taman kota ini sangat diperlukan supaya kondisi kota gak bertambah gersang dan terik.

4. Sebagai tempat festival atau acara lainnya



Gak jarang taman kota juga digunakan untuk acara-acara festival, seperti konser musik, theater atau pun acara-acara lain yang sifatnya menghibur. Acara-acara di taman ini biasanya tanpa dipungut biaya dan semua orang bebas menikmati hiburan yang disuguhkan oleh si penyelenggara.

Salah satu taman yang lagi menarik perhatian di Indonesia adalah Central Park di Meikarta. Pasti udah pada tau donk apa itu Meikarta? Yap, Meikarta adalah mega proyek dari Lippo yang pengen ngembangin wilayah tersebut jadi sebuah kota mandiri yang berada di Cikarang.
Nah, berdasarkan informasi yang gue dapet, baru baru ini Central Park Meikarta sampe mecahin rekor jumlah pengunjung terbanyak loh. Yaitu pada tanggal 21 Oktober 2017 atau tepat pada perayaan Satu Muharam atau Tahun baru hijriyah lalu, tercatat hingga 180.000 orang yang mengunjungi Central Park Meikarta.

Kebayang dong ramenya, sampe-sampe warga sekitar sana kecipratan untungnya, khususnya para pedagang yang memanfaatkan keramaian tersebut. Oleh karena itulah keberadaan Meikarta sendiri pada nantinya juga diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian warga sekitarnya karena pastinya keberadaannya bakal membuka lapangan kerja serta sumber ekonomi baru untuk masyarakat sekitar.

5. Sebagai sarana olahraga



Di taman kota biasanya ada fasilitas jogging track buat olahraga ringan yang bermanfaat buat menjaga kesehatan tubuh, walau cuma sekedar jalan kaki atau pijat refleksi kaki di jalur kosong yang bisa dipake buat berolahraga.

Itu dia 5 manfaat dari adanya taman kota, gan. Buat ente yang gak pernah main ke taman kota, coba deh sekali-kali main ke taman kota terdekat, buat sekedar refreshing atau cuma foto-foto aja cari spot yang instagramable. Beberapa kota udah berhasil menyulap taman mereka jadi lebih cantik dan nyaman buat dikunjungi lho, taman kota kalijodo misalnya.

Nah, kalo dari gue kayaknya cukup sampe disini aja. Buat yang punya pendapat laen gue bebasin lo pada komentar di bawah. Oke? emoticon-Wink

Diubah oleh satria116 09-10-2017 11:31
0
5.8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan