Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anak.jaman.nowAvatar border
TS
anak.jaman.now
7 Tips Ngehubungin Dosen Lewat Handphone
Jaman kuliah apalagi pas jaman-jamannya bimbingan skripsi atau tugas akhir tuh rasanya udah mau meledak banget. Di satu sisi mau menyerah karena pelik banget, tapi di sisi lain hal ini adalah cara supaya cepet lulus. Pastinya peran yang paling penting adalah sang dosen pembimbing yang membimbing kita menuju kesuksesan. Amin.



Buat anak sekarang nih, ane perhatiin tuh kadang suka sembarangan aja kalo SMS/ ngehubungin dosen di kampus. Padahal dosen itu adalah sosok yang disegani, meskipun dia masih muda ya gan sist. Ngobrol sama orang yang disegani itu pastinya punya etika tertentu.

Simak yuk etika yang perlu diperhatikan waktu agan ngehubungin dosen lewat handphone. Eits ini bukan cuma buat dospem aja loh, tapi buat berbagai urusan perkuliahan.

Perhatikan waktu yang tepat buat kontak dosen



Ini penting. Pilih waktu yang emang kira-kira dirasa pas, misalnya habis makan siang. Jangan ngehubungin dosen di atas jam 8 malem karena itu waktunya beristirahat.

Awali dengan sapaan atau salam



Etika kedua, ucapin salam atau sapaan. Pagi pak/ bu, assalamualaikum pak/ bu. Jangan langsung nembak, nggak sopan.

Ucapkan kata maaf buat nunjukkin sopan santun



Kita juga harus nunjukkin rasa sopan santun dan segan ke dosen, jangan lupa tulis "Mohon maaf saya mengganggu waktu bapak/ ibu"

Jangan lupa kasih tau identitas kita



Ini dia yang penting juga. Mahasiswanya kan nggak cuma satu, jadi kasih tau identitas kita "Saya Andre, mahasiswa Ilmu Administrasi Pajak angkatan 2016 yang ambil mata kuliah Administrasi di kelas Ibu/Bapak."

Pake bahasa umum yang dimengerti semua orang



Jangan disingkat-singkat, usahakan semuanya ditulis dengan bahasa yang sopan dan formal. Jangan sampe nghubungin dengan kata-kata "dmn, yg, ak, kpn, otw, sy" karena itu bahasa non formal dan singkatan.

Tulis pesan yang singkat dan jelas



Tulis juga isi pesan yang singkat tapi jelas kayak "Saya memerlukan tanda tangan bapak/ ibu di lembar pengesahan saya. Kira-kiran kapan saya bisa menemui ibu/bapak?"

Jangan lupa ucapkan terima kasih



Terakhir, jangan lupa ucapin terima kasih atau salam untuk penutup isi pesan ya.

Quote:


Perhatiin ya gan hal-hal kayak gini, jangan sampai gara-gara sebuah pesan, malah agan yang dianggap nggak sopan. Namanya juga lewat SMS, nggak bisa melihat ekspresinya. Jadi daripada misscomm, mending dibuat sesopan mungkin emoticon-2 Jempol

Sumur
0
15.7K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan