c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Mobil Etek Etek Dari Bahan Bambu.


etek-etek sering dimainkan diwaktu masa kecil sobat-sobat sekalian kan. Ada yang menggunakan kelepah/batang pisang dengan tumpuan kayu bambu, atau ada sendal bekas dan disatukan dengan kaleng supaya terdengar suara mobilannya berjalan.



Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Bambu mempunyai kegunaan serta manfaat yang beragam,salah satu di antaranya adalah untuk membuat mainan tradisional.

Pada zaman sekarang ini permainan tradisional mulai ditinggalkan, hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi.

Mungkin anak-anak zaman sekarang lebih suka memainkan permainan modern seperti game online, game console ataupun permainan-permainan yang tersedia di pusat perbelanjaan.

Padahal permainan tradisional lebih memberikan banyak manfaat, karena permainan tradisional membuat anak-anak lebih banyak mengerakan tubuh mereka sehingga akan membuat tubuh mereka lebih sehat.

Selain berbagai permainan tradisional, Indonesia juga memiliki beragam mainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak zaman dulu. Berbagai mainan tradisional yang terbuat dari bambu akan membuat sobat teringat pada masa-masa di mana anak-anak belum terlalu sibuk dengan kecangihan gadget.

Memang saat ini sudah sangat jarang sekali kita menjumpai mainan yang terbuat dari bambu ini di mainkan oleh anak-anak.

Bahkan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.

– Untuk rangka mobilnya, pake lidi atau kayu kecil. Atau beli lidi tusuk sate di supermarket. Aslinya di kampung saya pake bambu kecil atau batang pimping (entah apa namanya di sini, dan ga tau musti nyari di mana)

– Roda, pake sendal bekas yang di potong melingkar.

– Karet gelang untuk mengikat semuanya.

– Gendangnya dibuat pake tutup botol yang ditutup pake balon bekas.

Masih banyak yang bisa diimprovisasi, silakan berimajinasi seluasnya, ada yang dikasih kaleng dibelakangnya bahkan ditaruh lilin di dalam kaleng agar seperti lampu yang berjalan.

Dari bentuk yang kecil hingga yang besar, biasanya yang pakai tambahan kaleng dibelakang rangkanya dibuat segitiga memanjang sesuai ukuran kaleng yang digunakan.

Banyak cara untuk bahagia di masa lalu dan di masa modern kebahagiaan anak2 jaman now terasa kurang, lebih banyak di depan keyboard dengan nama anonim bahkan konten dewasa pun terserap sempurna hingga anak zaman now dewasa sebelum waktunya.




emoticon-Mewek





Referensi

http://www.thebabybirds.net/mobil-othok-othok-dari-sendal-bekas-lidi/
Diubah oleh c4punk1950... 02-10-2017 19:07
0
33.6K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan