Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anyelireAvatar border
TS
anyelire
Para Lansia yang Bertinju


Diabetes dan tekanan darah tinggi tidak mencegah perempuan Afrika Selatan yang berusia di atas 60 tahun untuk aktif bertinju di klub "Boxing Gogos". Dua kali tiap pekan mereka naik ring agar tetap fit.


Wajah-Wajah Perempuan Petinju Tangguh

"Boxing Gogos" adalah nama ikatan tinju di Cosmo City, sebuah daerah di pinggiran kota Johannesburg. Para nenek petinju bertemu di sini. Gladys Ngwenya (77) dan Constance Ngubane (79), yang sedang berlatih ini, menandaskan tidak akan pernah bolos latihan.

Terkenal di Seluruh Kota

Sekitar 80 perempuan berlatih di "Boxing Gogos", dan klub semakin lama semakin disukai. Pelatih Claude Maphosa, yang mendirikan ikatan itu empat tahun lalu, sudah mulai berpikir untuk menambah tawaran program bagi warga lansia di Cosmo City dan sekitarnya.

Melawan Berbagai Keluhan

Bertinju, fitness dan pelatihan otot. Itu contohnya materi pelatihan satu setengah jam di Cosmo City. Sejak para perempuan ini bertinju, keluhan yang biasa muncul karena usia jadi berkurang. Apakah menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau sakit tulang, olah raga teratur menolong mereka untuk tetap fit. Begitu kata mereka.

"Saya suka sekali"

Ntombizodwa Twala (85) merasa segar dan kuat, sejak ia ikut bertinju. Ini membangkitkan gairah hidup. Demikian dikatakannya dalam wawancara dengan televisi Al Jazeera. Oleh sebab itu ia terus berlatih, walaupun anak dan cucunya khawatir, ia bisa cedera.

Siapa bilang mereka tua dan rentan?

Pelatih Maphosa sangat bersemangat berlatih dengan para perempuan. "Saya sebelumnya belum pernah melatih orang yang setua mereka. Dulu saya pikir mereka rentan. Tapi mereka bisa lebih banyak dari yang saya kira", katanya dalam wawancara dengan media Inggris BBC.

Semangat hidup dan keamanan

Tapi tidak hanya supaya fit. Bela diri juga jadi program "Boxing Gogos". Misalnya Mable Makhosi (67) mengatakan, "Kalau ada yang ingin menyerang saya, saya akan memukul orang itu sekuat tenaga."

Bertinju agar percaya diri

Lewat latihan tinju, para nenek tidak hanya membangun otot. Rasa percaya diri mereka juga diperkuat. Jadi tidak heran, kalau mereka ingin terus bertinju selama masih mampu.


Ternyata usia tidak menghalangi untuk tetap berolahraga gan
emoticon-Toast



sumur
0
5.5K
54
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan