godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Penyebab Disfungsi Ereksi yang Harus Diketahui Pria


Disfungsi ereksi adalah musuh besar kedua bagi kaum lelaki. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan pria merasa tidak lagi percaya diri dengan kejantanannya. Lebih jauh lagi, banyak pria yang juga ditinggalkan pasangan hidup karena tidak dapat mempertahankan ereksinya. Lalu, sebenarnya apa sih penyebab disfungsi ereksi pada pria? Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa itu disfungsi ereksi?



Sebelum memahami disfungsi ereksi, Agan terlebih dulu harus memahami proses terjadinya ereksi. Kondisi ini terjadi ketika Agan -para lelaki- melihat, mendengar, menyentuh, mencium, memikirkan, atau mengalami sesuatu yang membuat Agan terangsang secara seksual. Setelah indra-indra Agan bekerja, otak akan mengirimkan sinyal pada otot halus di penis Agan agar merasa santai sehingga darah terkumpul di organ ini. Hal inilah yang kemudian memungkinkan penis untuk tetap tegang selama berlangsungnya hubungan seksual. Nah, disfungsi ereksi sendiri terjadi ketika otot halus di penis kembali pada keadaan semula. Sehingga hasilnya, Agan akan gagal dalam mempertahankan kondisi ereksi tersebut selama berhubungan seksual.

Penyebab disfungsi ereksi



Ereksi yang terjadi dipengaruhi oleh proses vascular yang dikendalikan oleh sistem saraf. Sistem saraf tidak bisa melakukan proses vascular –hal ini dapat disebabkan karena berbagai hal- sehingga menganggu sinyal yang diperlukan oleh saraf untuk mengirim isyarat kepada otak, otot, hormon, dan peredaran darah. Dahulu, disfungsi ereksi identik dengan pria yang telah berusia lanjut. Ini disebabkan karena pria berusia lanjut memiliki banyak kondisi yang bisa menghalangi aliran darah ke penis seperti aterosklerosis atau diabetes. Disfungsi ereksi tidak hanya terjadi pada pria berusia lanjut namun kini banyak pria yang berusia muda mengalami disfungsi ereksi.


Lalu, bagaimana bisa kondisi ini terjadi pada pria muda?



Sebuah hasil studi yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa sebanyak 26% dari keseluruhan kasus disfungsi ereksi dialami oleh pria di bawah usia 40 tahun. Dan hampir setengah dari total 26% kasus tersebut dialami oleh pria muda dengan tingkat yang lebih parah. Teryata, sebagian besar disfungsi ereksi yang dialami oleh pria muda disebabkan oleh dua hal, yaitu :

1.Obesitas



Jarang yang tahu bahwa seorang pria 2½ kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria dengan berat badan normal. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine, ditemukan fakta bahwa 42,4% pria dengan disfungsi ereksi mengalami kelebihan berat badan, dengan 12,1% di antaranya mengalami obesitas.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Giovanni Corona, MD, dari University of Florence menemukan bahwa tingkat obesitas berhubungan dengan penurunan tingkat testosteron. Selain itu, obesitas akan menyebabkan terjandinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah ke organ-organ termasuk penis.

2. Kondisi psikologis



Pria usia muda memiliki keyakinan bahwa kinerja seksual dan ereksi kuat adalah hal yang paling menentukan dan penting dalam memuaskan pasangan. Sehingga ketika mereka tidak mampu mempertahankan ereksi, akan muncul rasa malu yang memicu terjadinya disfungsi ereksi di waktu selanjutnya. Perasaan cemas dan takut ini lama-kelamaan akan berubah menjadi rasa stres sehingga inilah yang menjadi penyebab terjadinya disfungsi ereksi di usia muda. Kondisi psikologis yang buruk akan menyebabkan produksi hormon testosteron -yang memengrahui kualitas dan kuantitas sperma- mengalami penurunan.

Jadi, bagi para pria, mari hindari disfungsi ereksi dengan mempertahankan berat badan yang ideal dan menjaga pikiran agar tidak stres berkepanjangan. Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
1.7K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan