Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

minahasa.infoAvatar border
TS
minahasa.info
CIA Ungkap Jawaban 3 Pertanyaan Seputar G30S/PKI
CIA Ungkap Jawaban 3 Pertanyaan Seputar G30S/PKI

Jakarta - Tragedi G30S/PKI melahirkan pertanyaan. Apa peran China? Apa peran Amerika? Dan berapa jumlah anggota PKI yang dibantai dalam aksi balasan tentara. CIA mengungkapnya dalam sebuah tulisan.

Hal ini dimuat dalam tulisan 'The Lesson of The September 30 Affair' dari Center for the Study of Intellilgence CIA, Volume 14 Issue 2, Musim Gugur 1970. Tulisan ini adalah jurnal internal CIA dan dirahasiakan selama puluhan tahun dan baru dipublikasikan kepada umum tahun 1994 dan diposting di situs CIA pada 8 Mei 2007.

Kita bisa membacanya sendiri di situs resmi CIA bagian perpustakaan digital. Seperti dibaca detikcom, Minggu (1/10/2017). Penulisnya adalah Richard Cabot Howland, staf Kedubes AS yang bertugas di Jakarta tahun 1965-1966.

Kemlu AS dalam tulisan Foreign Relations of The United States 1964-1968 Volume XXVI menyebutkan kalau artikel Howland ini untuk menjawab 3 pertanyaan penting. Pertama, hubungan China dalam G30S/PKI. Kedua kaitan pemberantasan PKI dengan perang Vietnam yang sama-sama melawan komunis dan ketiga, jumlah anggota PKI yang tewas dibantai oleh tentara dan warga sipil.

BACA JUGA: Kisah Jenderal ke-8 yang Lolos G30S/PKI dan Penting untuk CIA

Howland mengatakan China sama bingungnya dengan AS saat G30S/PKI terjadi, karena terlalu banyaknya pejabat sipil dan militer terlibat di pihak PKI, Sukarno dan Angkatan Darat. Dia menyimpulkan dari beberapa dokumen dan data, tidak ada peran China dalam G30S/PKI, meskipun China mendukung tumbuhnya komunisme di Indonesia.

"Mustahil Sukarno atau Aidit menawarkan kekuatan luar manapun untuk 'ikut ambil bagian dalam aksi' atau dimintai tolong dalam Gerakan 30 September," kata Howland.

BACA JUGA: Ada Apa dengan Nasution dan CIA?

Terkait hubungan dengan Perang Vietnam, menurut Howland saat itu banyak yang percaya Angkatan Darat Indonesia berani melawan PKI dan Sukarno karena tahu akan didukung tentara Amerika di Vietnam. Menurut Howland tindakan AD saat itu lebih ke situasi taktis semata, bukan karena tentara AS ada di Vietnam Selatan.

"Suharto bertindak bukan karena visi geopolitik atau strategis dari kehadiran tentara AS di Vietnam Selatan. Itu situasi taktis saja, Yani meninggal, Nasution tidak sanggup, Suharto adalah perwira senior yang ada dan memerintah dan cuma dia yang bisa bertindak. Dia bertindak tanpa banyak pikir nanti bagaimana. Kemenangannya saat itu bukan karena kehadiran kita di Vietnam," kata Howland.

BACA JUGA: Dokumen CIA Ungkap Konflik Sukarno VS Soeharto

Terkait dengan jumlah anggota PKI yang jadi korban, di luar negeri beredar angka 350.000 sampai 1,5 juta orang. Kedubes AS mendapatkan laporan dari berbagai wilayah Indonesia dengan aneka kisah seram soal pembantaian anggota PKI. Howland mengaku turun langsung ke beberapa daerah di Indonesia. Dia mengaku angka itu dibesar-besarkan karena semangat anti-PKI saat itu. Jumlah aslinya tidak mungkin dihitung, namun lebih kecil dari yang digembar-gemborkan.

"Seorang letkol angkatan darat memberikan angka yang kata dia akurat dari lapangan. Total 50.000 tewas di Jawa, 6.000 tewas di Bali dan 3.000 tewas di Sumatera Utara. Saya ragu metodenya tapi perkiraannya dapat diterima, digabung dengan data saya hasilnya total ada 105.000 orang Komunis tewas. Ini angka yang tetap besar, tapi jauh dari klaim 350.000-1,5 juta orang," kata dia. (fay/imk).

https://m.detik.com/news/berita/d-3665773/cia-ungkap-jawaban-3-pertanyaan-seputar-g30spki
0
15.9K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan