Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Penyakit Crohn; Kenali Lebih Dekat Sebelum Terlambat!


Pernahkan Gansis merasa mual dan ingin muntah terus menerus atau merasa kesulitan dalam mencerna makanan yang keras? Apakah perasaan tersebut semakin kuat ketika makanan yang Gansis makan berada di perut Gansis? Hati-hati, lho! Sebab, bisa jadi Gansis tengah menderita penyakit Crohn. Belum pernah dengar tentang penyakit ini?

Sekilas tentang penyakit Crohn

Penyakit Crohn ditemukan pada tahun 1932 dan diberi nama sesuai dengaan nama belakang penemunya; Dr. Burrill B. Crohn. Chron’s Disesase digolongkan ke dalam penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) dan penyakit radang kronis saluran pencernaan gastrointestinal. Meskipun begitu, penyakit ini berbeda dengan penyakit kolitis ulseratif, jenis penyakit IBD lainnya. Meski gejala kedua penyakit ini terlihat serupa, namun daerah yang terserang keduanya berbeda.



Penyakit Crohn umumnya menyerang bagian ujung usus kecil (ileum) dan bagian pangkal usus besar. Namun, jangan berpikir bahwa hanya kedua bagian itu saja yang dapat terserang. Sebab faktanya, penyakit ini dapat pula menyerang bagian organ pencernaan lain; mulai dari mulut hingga anus. Berbeda dengan penyakit Crohn, penyakit kolitis ulseratif biasanya hanya menyerang bagian usus besar.



Meskipun banyak teori yang mengungkapkan penyebab terjadinya penyakit Crohn, namun belum ada teori yang benar-benar menjawab penyebab penyakit ini. Meski begitu, para ahli dan peneliti percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh 3 hal; yaitu masalah pada sistem kekebalan tubuh, faktor genetika, dan faktor lingkungan.



Dewasa kini, penelitian telah menunjukkan bahwa 5-20% penderita penyakit Crohn mewarisinya dari orangtua atau leluhur di dalam keluarga. Risiko ini akan semakin meningkat jika kedua orangtua Gansis menderita penyakit IBD. Melalui faktor lingkungan, penyakit crohn lebih umum ditemui pada negara-negera maju dan berkembang. Penyakit ini juga banyak ditemui pada warga di kawasan perkotaan, dibanding pada warga kawasan pinggiran atau pedesaan. Di luar ketiga hal tersebut, penyakit Crohn juga dapat dikaitkan dengan faktor usia, kebiasaan merokok, dan infeksi saluran pencernaan di masa kanak-kanak



Lalu, apa saja gejalanya?



Untuk mewaspadai penyakit ini, tentu Gansis harus memahami gejala-gejala yang ditimbulkannya, Berikut adalah gejala-gejala pada saluran pencernaan yang mungkin muncul jika Gansis menderita penyakit Crohn :

– Diare terus-menerus

– Pendarahan pada anus

– Ingin buang air besar

– Kram dan nyeri perut

– Konstipasi

Nah, selain gejala-gejala yang muncul pada saluran pencernaan, penyakit Chron dan IBD juga memiliki gejala umum pada tubuh, yang meliputi:

– Demam

– Hilangnya nafsu makan

– Penurunan berat badan

– Munculnya rasa lemas dan lelah

– Timbulnya keringat malam

– Siklus menstruasi yang tidak normal

Jika Gansis mengalami gejala-gejala tersebut, Gansis dapat melakukan konsultasi dengan dokter keluarga atau dokter umum untuk mengetahui penyebab dan penyakit Gansis secara pasti. Gansis disarankan untuk menjelaskan gejala yang dialami, pola makan, riwayat penggunaan obat, riwayat kesehatan keluarga, dan penjelasan lainnya. Dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk mendiagnosis apakah Gansis menderita penyakit Crohn atau tidak. Jika ternyata Gansis menderita penyakit ini, dokter tentu akan meresepkan cara-cara untuk mengontrolnya.

Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
27.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan