cerelliahannaAvatar border
TS
cerelliahanna
Ramai Dibahas, Sungkup Oksigen Setya Novanto Mirip Terapi Sleep Apnea
Jakarta, Beredarnya foto Setya Novanto tengah terbaring sakit di Rumah Sakit Premier Jakarta menimbulkan banyak komentar netizen. Beberapa menilai ada kejanggalan pada peralatan yang dipakai.

Salah satunya adalah sungkup atau masker yang digunakan Setya Novanto. Diyakini, alat yang dipakai tersangka kasus e-KTP tersebut bukan merupakan sungkup oksigen melainkan sungkup alat Continuous Positive Airway Pressure (CPAP).

Karena alat tersebut dipakai juga untuk mengatasi gangguan tidur, detikHealth menghubungi pakar kesehatan tidur dari Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah, dr Andreas Prasadja, RPSGT, untuk memastikan.

"Saya kan enggak periksa, tapi masker yang digunakan itu masker CPAP yang digunakan pada saat tidur," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (28/9/2017).



Sungkup yang digunakan tersebut terhubung ke mesin CPAP melalui selang. Namun dalam foto tersebut, tidak terlihat penampakan mesinnya seperti apa.

Dokter yang akrab disapa dr Ade ini menjelaskan bahwa alat tersebut digunakan untuk mengatasi sleep apnea, yaitu gangguan tidur di mana napas tiba-tiba berhenti saat tidur.

"Kalau ada penyakit jantung dan punya riwayat mendengkur ya harus dilakukan pemeriksaan," saran dokter yang juga praktik di Rumah Sakit Mitra Kemayoran ini.



Gangguan sleep apnea ini cenderung terjadi pada orang yang mendengkur saat tidur, dan ini merupakan masalah serius yang tidak boleh diremehkan.

"Saluran napasnya tersumbat, bisa tersedak, batuk-batuk, henti napas. Bahaya sekali," pungkas

(Sumber : Detik.com)
https://health.detik.com/read/2017/0...311.1506500953


Get Well Soon Yah Oom,., biar gak mangkir lagi dari KPK
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
16.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan