molimiloAvatar border
TS
molimilo
Begini Kondisi Pendaki Gunung Slamet yang Baru Ditemukan


SEMARANG, KOMPAS.com– Salah seorang pendaki asal Desa Pegirikan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Moh Charis Munandar (23) dilaporkan hilang saat mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet.

Charis dikabarkan hilang saat saat turun dari puncak gunung Slamet Minggu (24/9/2017) setelah melakukan pendakian pada Sabtu (23/9/2017) sekitar pukul 20.30 WIB besama 8 orang rekannya.

Mereka dipandu oleh warga setempat bernama Damuri. Rombongan tiba di puncak Gunung Slamet pada Minggu pagi pukul 09.00 WIB.

"Rombongan sendiri naik melalui pendakian jalur Guci, Kabupaten Tegal,” kata Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang Noer Isrodin Muchlisin, mendapatkan laporan kehilangan, Senin (26/9/2017) petang.

Menurut Noer, Charis diduga hilang saat kabut tengah turun menyelimuti gunung tertinggi di Jawa tersebut. Charis diduga hilang saat perjalanan turun dari puncak gunung Slamet.

"Diduga karena kabut turun, hingga terpisah dari rombongan,” katanya.

(Baca juga: Viral, Kisah Heroik Pendaki Asal Papua Gendong Korban Terjatuh di Gunung Slamet)

Saat dilaporkan hilang, rombongan maupun warga setempat yang menjadi pemandu mencari keberadaan Charis. Namun hingga rombongan turun di basecamp pendakian, Charis masih belum juga ditemukan.

“Sampai di Guci (Bascamp) hilangnya Charis dilaporkan ke pengelola basecamp Gupala" tambahnya.

Pihak SAR, terutama dari kantor SAR Cilacap, diterjunkan untuk mencari keberadaan Charis. Namun hingga Senin malam kemarin, pencarian masih belum membuahkan hasil.

Charis naik bersama rombongannya, yaitu Khusnul Aqiqah (21), Galang Bela Nusa (19), Ahmad Willy (18), Rizki Reza Adam (17), A. Zubaedi (27), Yuli Mulyawati (23), Miftah (25) dan Adi Sunanto (18).



SEMARANG, KOMPAS.com- Badan SAR Nasional akhinya menemukan pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Slamet, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pendaki bernama Moh Charis Munandar (23) itu ditemukan dalam keadaan lemas, Selasa (26/9/2017 malam, di atas pendakian Pos 2 di Jalur pendakian Guci.

"Sudah ditemukan di atas pos 2 jalur pendakian Guci, tepatnya jalur Permadi pada pukul 18.30 WIB," ujar Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang Noer Isrodin Muchlisin.

Tim SAR sendiri mencari keberadaan warga Desa Pegirikan, Kecamatan Talang Kabupaten Tegal sejak dilaporkan hilang pada Minggu (24/9/2018) malam. Pada Selasa malam kemarin, tim SAR gabungan menemukan pendaki tersebut. Saat ditemukan, pendaki dalam keadaan lemas. Charis juga mengalami dehidrasi.

"Keadaannya lemas dan mengalami dehidrasi. Dia bekalnya cuma setengah botol air mineral," tambahnya.

Dari pos 2, tim SAR kemudian mengevakuasi hingga ke bascamp pendakian. Butuh waktu sekitar tiga jam bagi tim untuk proses tersebut.

"Survivor tiba di basecamp pada pukul 21.30 WIB, selanjutnya langsung dibawa ke RSUD Slawi untuk diperiksa kesehatannya lebih lanjut," tambahnya.

Moh Charis sendiri dilaporkan hilang saat mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet saat saat turun dari puncak gunung Slamet Minggu (24/9/2017). Dia sebelumnya mendaki pada Sabtu (23/9/2017) sekitar pukul 20.30 WIB besama 8 orang rekannya.

Saat naik, rombongan dipandu warga setempat bernama Damuri. Rombongan tiba di puncak Gunung Slamet pada Minggu pagi pukul 09.00 WIB. Saat turun, Charis diduga terpencar dari rombongan, hingga dia dilaporkan hilang saat rombongan tiba di basecamp pendakian.

Alhamdulillah udah ketemu. Intinya gan, dari banyaknya pengalaman pendaki yang hilang/ tersesat pas naik atau turun mendaki gunung, yang harus diperhatikan adalah partner/ dengan siapa kita naik gunung. Percayalah, teman sejati adalah teman yang saling pengertian pas lagi naik gunung. Selain itu, kita juga harus selalu bawa bekal yang cukup, mulai dari air minum dan makanan ringan yang bisa menambah energi. emoticon-thumbsup
0
2.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan